Mubadalah.id – Tidak bisa dipungkiri, hadirnya pemikiran yang misoginis mengenai kesaksian perempuan sangat dipengaruhi oleh cara pemahaman dan pembacaan terhadap teks-teks suci yang ada, baik berupa ayat al-Qur’an maupun al-Hadits.
Munculnya produk-produk fiqh yang memberlakukan ketentuan 2:1 untuk semua kesaksian perempuan dan membatasi kesaksian perempuan hanya pada urusan utang piutang dan harta benda adalah konsekuensi logis dari cara pembacaan yang tekstual dengan kurang memperhatikan asbab an-nuzul, asbab al-wurud dan konteks sosial yang lebih luas.
Berdasarkan cara baca yang tekstual terhadap QS. al-Baqarah ayat 282 dan hadits nuqshan ‘aql. Maka muncullah kesimpulan bahwa nilai kesaksian perempuan yang setengah nilai kesaksian laki-laki adalah berlaku untuk seluruh bidang kesaksian. Artinya semua ketentuan mengenai kesaksian perempuan harus merujuk pada zahir ayat ini.
Lebih dari itu, berdasarkan QS. Al-Baqarah ayat 282 dapat kita simpulkan bahwa wilayah kesaksian perempuan hanya dalam urusan utang-piutang. Karena hanya dalam urusan itulah kesaksian perempuan ada di dalam teks.
Akibatnya, kesaksian perempuan yang tidak tersurat dalam teks-teks al-Qur’an seperti dalam hudud, qishash dan sebagainya, sebagai bukan wilayah kesaksian perempuan.
Hal penting lain yang turut berperan secara sangat signifikan dalam perumusan fiqh yang kurang. Bahkan tidak adil terhadap perempuan adalah konstruksi sosial dan budaya yang menganggap perempuan sebagai makhluk kelas dua, tidak cerdas, emosional, tidak sempurna, dan sebagainya.
Hal itu semua terbukti ketika kita melihat alasan-alasan yang dikemukakan di balik pembatasan dan pembedaan hak kesaksian perempuan sebagaimana disebutkan di atas.
Pembacaan Ulang
Untuk menerobos bangunan pemikiran yang lahir atas dasar pembacaan yang tekstual itu. Maka kita perlu untuk melakukan pembacaan ulang terhadap teks-teks suci yang menjadi rujukan dalam soal kesaksian.
Tentang teks suci yang berupa hadits nuqshan ‘aql kita telah memaparkan cara pembacaan ulang dengan memahamai konteks yang melatarbelakangi turunnya hadits dan memberikan penjelasan (syarah) yang didasarkan atas fakta sosial yang ada sebagaimana di atas.
Oleh karena itu, pembahasan sekarang lebih difokuskan pada lima ayat yang dalam level pemahaman sering dijadikan dalil untuk menutup kesempatan. Termasuk untuk membedakan nilai kesaksian perempuan dengan laki-laki.
Kelima ayat itu adalah QS. al-Baqarah, 2: 282, QS. an-Nisa, 4: 15, QS. Al-Maidah, 5: 106, QS. An-Nur, 24: 4, dan QS. Ath- Thalaq, 65: 3. []