Mubadalah.id – Agama dan multikulturalisme, memiliki relasi yang berkelindan di ranah sosial dan sejarah peradaban dan kehidupan umat manusia. Keduanya saling menginpirasi dan saling memengaruhi satu sama lain dalam bingkai kemanusiaan yang adiluhung. Terutama karena kedunya bertemu dalam sosok manusia sebagai pelaku.
Manusia adalah pelaku agama, sekaligus pelaku kebudayaan. Agama menyediakan sumber pengetahuan yang bersifat Ilahi, yang tidak bisa disediakan oleh akal budi. Dengan itu, manusia memiliki keyakinan, yang kemudian berkembang menjadi sistem aturan baik peribadatan, norma, maupun etika.
Manusia dan Budaya
Kehidupan manusia juga berhubungan dengan alam sekitar, dan sesamanya, yang menghasilkan respon-respon alamiah, dan dipandu menggunakan akal budi, dalam menyikapi dan mengatasi fenomena dan persoalan yang dihadapi secara nyata dalam kehidupannya.
Manusia dengan itu kemudian membentuk kultur, membentuk sistem budaya, yang secara praktis mengatur tata cara kehidupan. Baik keluarga, sosial, hingga kepada upacara-upacara dalam upayanya merespon alam, atau secara praktis menyelenggarakan suatu tatanan dalam masyarakat.
Kedua sistem tersebut bersinggungan dan menyatu dalam diri manusia, dan juga secara komunal dalam masyarakat. Seringkali sistem budaya yang kemudian melahirkan suatu sistem kepercayaan atau agama. Atau sebaliknya, sistem kepercayaan atau agama, melahirkan sistem budaya.
Bisa juga terjadi, keterpengaruhan yang sifatnya melingkar, budaya – agama – budaya – agama, yang tidak bisa lagi terlihat secara jelas, pangkal dan ujungnya. Dalam kata lain, antara agama dan budaya sudah demikian menyatu, dan tidak bisa secara jelas kita pisahkan.
Kelindan Agama dan Budaya
Dinamika sosial dan kecenderungan setiap manusia untuk melakukan perubahan dan pembaharuan, sebagai keniscayaan perubahan zaman, bisa menjadikan ketegangan antara agama dan budaya. Seseorang bisa mempertahankan agama secara sungguh-sungguh, dan berupaya memisahkannya dari budaya.
Apa yang kita sebut gerakan purifikasi, atau pemurnian. Agama kita pandang sebagai sesuatu yang murni Ilahi, suatu kebenaran mutlak yang suci dan sakral dan tidak boleh kita campur dengan budaya sama sekali. Kewajiban hanya terkait dengan agama, sementara budaya hanyalah kita pandang sebagai aksesoris masyarakat, yang bisa ditambah, dikurangi, bahkan dihilangkan.
Di sisi yang lain, ada yang mati-matian memegang budaya dan tradisi, dan membiarkannya tercampur dengan agama, tanpa ada keperluan sedikitpun untuk memisahkannya. Justru tradisi dan budaya, memperkuat agama.
Ketegangan Antara Agama dan Budaya
Kedua pandangan tersebut, adalah dinamika dalam pergulatan pemikiran manusia, akibat dari perbedaan respon terhadap perubahan zaman.
Zaman yang berubah, seringkali menuntut suatu perubahan budaya, sementara perubahan tersebut juga turut mengubah cara pandang beragama atau terhadap agama. Sehingga menjadi menarik, melihat fenomena ketegangan yang terjadi antara agama dan budaya, yang relasinya tidak lagi harmonis sebagaimana pada awalnya, melainkan saling menuntut pengakuan, dan saling bersaing mana yang menjadi subordinat antara keduanya. Maka, antara tokoh agama dan tokoh budaya, seolah terpisah jauh, dan tidak ada saling sapa antar keduanya.
Ada pegiat agama, di mana mereka merasa memiliki otoritas surgawi, di sisi lain, ada pegiat budaya, yang dengan segala kesahajaannya, bertahan menjaga tradisi agar tetap lestari, sembari bertahan dengan keteguhan yang mengagumkan dari stigma negatif dan pandangan sinis kaum agamawan. Kondisi semacam ini tentu sangat tidak ideal, dan sama sekali tidak produktif. Keduanya akan mengalami kerugian lambat laun tanpa kita sadari.
Dibutuhkan Kesalingan Antara Agama dan Budaya
Peradaban membutuhkan keduanya, di mana dalam suatu masyarakat, fungsi budaya memperkuat agama, sebaliknya, agama memberikan nilai dan makna terhadap setiap budaya. Budaya mengembangkan agama menjadi menarik untuk dijalani, sementara agama mengembangkan budaya yang luhur, yang memuat visi Ilahi.
Budaya membumikan agama, sementara agama melangitkan budaya. Dan yang berperan penting, dimulai dari dialog dan kebersamaan antara tokoh keduanya. []