Jumat, 12 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    pemberitaan

    Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    krisis Laut

    Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik

    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    pemberitaan

    Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    krisis Laut

    Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik

    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Amina Wadud dan Tafsir Feminis yang Membela Perempuan

Nur Azka Inayatussahara Nur Azka Inayatussahara
18 Juli 2020
in Personal
0
Amina Wadud dan Tafsir Feminis yang Membela Perempuan

(sumber foto mapcorner.wc.ugm.ac.id)

70
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Jika dalam pandangan Farid Esack—seorang intelektual muslim dari Afrika Selatan—tafsir harus memihak kepada kelompok yang dilemahkan, maka Amina Wadud telah sepenuhnya melakukan kerja tafsir. Melalui prinsip hermeneutisnya, Amina Wadud berusaha untuk menghapuskan ketimpangan gender yang kerap muncul di lingkungan masyarakat Islam, dan menghadirkan narasi qurani yang mendukung perempuan.

Pemikirannya ini timbul karena kegelisahannya akan konstruksi patriarki yang kerap kali memandang perempuan tidak setara, bahkan tidak menganggap kemanusiaan perempuan. Ia, dalam hal ini, melakukan peninjauan ulang terhadap ayat-ayat al-Qur’an dengan terlebih dahulu melepaskan diri dari kungkungan tradisi tafsir yang cenderung men-centric (berpusat pada dan menguntungkan laki-laki).

Aplikasinya dapat ditemukan dalam konsep penciptaan manusia. Jika tafsir mainstream selama ini berpendapat bahwa asal-usul makhluk berakal ini diawali dengan penciptaan Adam, maka Wadud menjelaskan bahwa sejatinya al-Qur’an tidak pernah menobatkan Adam, seorang laki-laki, sebagai makhluk pertama yang dengan nafs-nya seluruh manusia diciptakan, yang mengimplikasikan tidak adanya superioritas Adam (laki-laki) atas Hawa (perempuan).

Lebih lanjut, Amina juga menganggap penting masalah kronologi dan konteks dalam menafsirkan al-Qur’an, dalam rangka melahirkan reformasi sosial-qurani untuk perempuan. Menurutnya, al-Qur’an merespons beragam peristiwa yang terjadi di Arab pada masa pewahyuan secara partikular. Al-Qur’an tidak menyebutkan peran dan tanggung jawab perempuan secara khusus, hingga akhirnya sampai pada periode pewahyuan madani.

Ayat yang berkaitan dengan perempuan, yang diturunkan dalam periode makki, mewakili manusia seluruhnya, yang artinya perempuan dan laki-laki—bukan perempuan saja, berbeda dengan ayat-ayat madani yang sudah menujukan khithab pada perempuan secara spesifik. Meskipun masih terdapat implikasi khusus bagi komunitas selanjutnya, setidaknya terdapat norma tertentu dalam ayat-ayat madani itu.

Ia mencontohkannya dalam praktik poligami. Pada masa pewahyuan, perempuan harus ditanggung oleh laki-laki. Anak perempuan ditanggung oleh ayahnya, sementara perempuan dewasa harus ada dalam tanggung jawab suaminya. QS. an-Nisa’ ayat 2 dalam konteksnya menyarankan agar anak-anak yatim yang tidak bisa menanggung kebutuhannya, atau tidak bisa mengatur keuangannya sendiri, dilindungi dan diatur kekayaannya oleh laki-laki.

Di dalamnya juga termasuk pemahaman kebolehan laki-laki untuk menikahi perempuan yatim, yang tidak memiliki perlindungan finansial. Artinya, ayat ini mengandung perspektif ekonomi. Pembatasan jumlah perempuan yang dinikahi di satu sisi, serta ketepatan mengurus ekonomi di sisi lain, adalah hal yang tidak banyak didiskusikan dalam isu ini. Lebih-lebih, keadilan di dalamnya juga harus mencakup beragam aspek, yang sejatinya pada ayat lainnya hal itu tidak mungkin dilakukan.

Juga dalam gagasan yang ia usung, Amina Wadud berusaha untuk menghadirkan pemahaman al-Qur’an sebagai teks yang memiliki satu kesatuan dan berkait-kelindan maknanya. Ini sebagai antitesis dari tradisi penafsiran klasik yang cenderung atomistik dan tidak terintegrasi. Di luar itu, salah satu yang menurut saya penting dalam pemikirannya adalah landasan tauhidic paradigm sebagai worldview.

Konsep tauhid yang mendasari kesetaraan tersebut merupakan sebuah implikasi penting dari keberimanan seseorang. Ini sejalan dengan pemikiran yang acap kali digaungkan oleh KH. Husein Muhammad, bahwa keyakinan akan keesaan Tuhan artinya menghendaki ketiadaan pemujaan pada selain-Nya, termasuk mengunggulkan salah satu jenis kelamin atas jenis kelamin lainnya.

Kesadaran akan adanya keharusan untuk membebaskan perempuan dari penindasan pada dasarnya sudah diperjuangkan oleh Nabi jauh sebelum istilah feminisme muncul, bahkan dapat dikatakan Nabi Muhammad saw. adalah feminis muslim pertama. Sayangnya, problem yang muncul hari ini, terlepas dari pemikiran Amina Wadud yang solutif, adalah adanya penolakan dari para perempuan muslim terhadap feminisme dan feminis itu sendiri.

Bagi saya, hal ini sekaligus merupakan tantangan bagi pemikir feminis muslim, khususnya pemikir tafsir feminis. Terus menebar kebaikan dan memproduksi hasil pemikiran yang berperspektif adil gender, seperti yang tengah di-“jihad”-kan oleh mubaadalahnews.com ini, adalah salah satu cara untuk mengadvokasi pihak yang menolak tersebut, bahwa sesungguhnya keadilan yang diperjuangkan para feminis juga merupakan bagian dari Islam. []

Nur Azka Inayatussahara

Nur Azka Inayatussahara

Terkait Posts

krisis Laut
Publik

Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik

11 Desember 2025
Haenyeo
Film

Haenyeo Melawan Kiamat Iklim: Nafas Terakhir Penjaga Laut Jeju

11 Desember 2025
pemberitaan
Aktual

Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

11 Desember 2025
Laras Faizati
Publik

Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

11 Desember 2025
standar kecantikan
Aktual

Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

11 Desember 2025
Haramain
Publik

Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

11 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik
  • Haenyeo Melawan Kiamat Iklim: Nafas Terakhir Penjaga Laut Jeju
  • Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT
  • Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan
  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID