Mubadalah.id – Ibadah berarti ‘penghambaan diri kepada Tuhan’. Ia pada dasarnya meliputi seluruh aktifitas manusia baik lahir maupun batin, individual maupun sosial. Ibadah itu untuk siapa? Ketika Tuhan mengatakan: “Aku tidak menjadikan jin dan manusia selain untuk beribadah kepada-Ku” (Qs. Al-Dzâriyat [51]:56), maka sejatinya sama sekali bukan dalam rangka kepentingan Tuhan. Dia tetaplah Dia Yang Kuasa, Yang Maha Besar, tidak berkurang atau berlebih, meski sejuta orang mengingkari-Nya atau memuja-Nya.
Tuhan tidak membutuhkan pembelaan dari siapapun. Ketika Nabi bersedih hati lantaran masyarakatnya tidak mengikuti ajakannya, Tuhanpun menegurnya: “Janganlah kamu disedihkan oleh orang-orang yang ingin menjadi kafir. Sesungguhnya mereka sama sekali tidak dapat melukai Tuhan. (Qs. Ali Imran [3]: 176).
Sebuah Hadits Qudsi menyebutkan: “Andaikata seluruh manusia dan jin sejak zaman awal sampai zaman akhir sepakat bertaqwa kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan tulus, niscaya tidak akan semakin menambah kebesaran Dia.
Dan andaikata seluruh manusia dan jin dari dulu sampai nanti sepakat mendurhakai Tuhan, niscaya mereka tidak akan mengurangi sedikitpun kebesaran-Nya”. (H.R. Muslim dalam Arba’în al-Nawâwî). Dengan demikian, ibadah pastilah untuk kepentingan dan kebahagiaan manusia itu sendiri baik di dunia ini maupun di akhirat kelak.
Ibadah personal (mahdhah), yakni yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, seperti shalat, puasa, zakat, membaca al-Qur’ân, dzikir, i’tikaf, berdo’a, istighatsah dan ritus-ritus personal lain kesemuanya ingin mengajarkan makna kehadiran Tuhan dalam hati, pikiran dan tindakan manusia. Inilah makna paling essensial dari seluruh ibadah kepada Tuhan.
Kehadiran Tuhan merupakan cara paling efektif untuk mengontrol dan mengendalikan pikiran, ucapan dan tingkah laku manusia agar tidak terjerumus ke dalam dosa dan melanggar aturan-aturan kehidupan bersama. Tuhan memang menyebut manusia sebagai ciptaan-Nya yang paling baik dan pada dasarnya adalah suci.
Namun manusia juga makhluk yang lemah dan bodoh. Ia mudah tergoda dan tergelincir ke dalam perbuatan-perbuatan dosa, merugikan atau menzalimi orang lain. Manusia mudah tertarik pada (atau tertipu oleh) kesenangan-kesenangan duniawi (hedonistik); menumpuk harta benda, anak-anak, jabatan, seks, kebanggaan pada golongan, keturunan, tanah air, dan sebagainya. Ini mungkin saja sangat wajar dan sangat manusiawi.
Akan tetapi meski begitu, disadari atau tidak, hal-hal tersebut seringkali menipu, memperdaya, menindas dan membuat malapelaka bagi orang lain. Oleh karena itu, ritus-ritus agama merupakan cara untuk menyadarkan dan mengendalikan kecenderungan destruktif tersebut agar mereka kembali kepada kesuciannya. Melalui agama dan ritus-ritus personalnya itu seharusnya manusia selalu sadar bahwa semua perbuatan negatif ini pada akhirnya pasti melahirkan malapetaka dan kehancuran, bukan saja terhadap orang lain melainkan juga terhadap dirinya sendiri. Kelak Tuhan akan membalasnya secara setimpal. []