Mubdalah.id – Dalam anime One Piece terdapat beberapa tokoh perempuan yang menjadi pemimpin, salah satunya adalah Jwerly Boney. Dia merupakan pemimpin bajak laut yang diberi nama Boney. Boney sendiri muncul dalam anime One Piece pada episode 498 dan 392.
Selain seorang kapten bajak laut, Boney juga termasuk seorang rokie atau seseorang yang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.
Untuk menjadi seorang kapten dan rokie, Boney melatih kekuatanya dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan dukungan dari para pengikutnya yang tidak membeda-bedakan jenis kelamin dalam perihal pemimpin.
Dari kisah karakter Boney tersebut kita bisa melihat, bahwa kepemimpinan itu tidak berjenis kelamin. Itu artinya, siapapun boleh menjadi pemimpin, termasuk perempuan. Sehingga anggapan yang selama ini kita dengar bahwa pemimpin itu harus laki-laki menjadi sangat tidak relevan.
Pasalnya, selain dalam cerita fiksi, di dunia nyatapun banyak perempuan yang mampu menjadi pemimpin, salah satunya ialah Ibu Nyai Masriyah Amva, pemimpin pondok pesantren Kebon Jambu, tempat saya mondok.
Dalam mata kuliah Studi Gender yang diampu oleh Ibu Nurul Bahrul Ulum, saya sering mendengar bahwa setiap manusia, laki-laki dan perempuan dilahirkan sebagai khalifah fil ardh yaitu menjadi pemimpin di muka bumi ini.
Dengan begitu, saya meyakini bahwa hal yang paling penting dalam kepemimpinan itu bukan jenis kelamin, tetapi sifat-sifat kepemimpinan yang baik, seperti bijak, mengayomi, punya rasa empati, punya jiwa pelindung dan senantiasa menebarkan kasih sayang.
Oleh karena itu, siapapun yang memiliki sifat-sifat tersebut, sangat layak untuk menjadi pemimpin. Buktinya dalam kisah One Piece pun, Boney yang terlahir sebagai perempuan mampu menjadi kapten bajak laut.
Persoalan Stereotip
Namun yang masih menjadi persoalan saat ini adalah stereotip negatif yang diberikan kepada perempuan masih melekat kuat, yaitu intrepertasi bahwa Islam melarang perempuan untuk menjadi seorang pemimpin.
Hal ini dikuatkan dengan beberapa teks keagamaan, misalnya teks hadits berikut:
لَنْ يُفْلِحَ قَوْمٌ وَلَوْ أَمْرَهُمْ إِمْرَأَةٌرواه البخارى و النسائى و الترمذى و أحمد
Artinya: “Tidak akan sukses suatu kaum jika urusan mereka dikuasai oleh perempuan”. (HR. Al-Bukhari, an-Nasa’i. Al-Tirmidzi, Ahmad).
Jika melihat teks di atas, maka tidak heran jika di berbagai tempat, seperti di kampus atau pondok pesantren, kita akan menemukan struktur kepengurusan yang sama, yaitu menempatkan posisi ketua hanya untuk laki-laki. Hal ini seolah-olah sudah sangat paten dan tidak bisa kita ubah. Padahal menurut saya kempimpinan itu termasuk pada gender, yaitu sesuatu yang bisa diperankan oleh siapapun.
Di sisi lain, saya juga setuju dengan penafsiran Kiai Faqihuddin Abdul Kodir terhadap teks hadits tersebut. Beliau dalam buku Qira’ah Mubadalah mengatakan bahwa hadits tersebut tidak relevan untuk jadi landasan hukum perempuan tidak boleh, tak layak jadi pemimpin. Sebab pada waktu itu keturunan Kerajaan Persia hanya memiliki keturunan yang kebetulan seorang gadis kecil. Sehingga tak boleh memimpin kerajaan yang membentang antara Bashrah dan Oman.
Jangankan gadis kecil, anak kecil laki-laki pun jika memimpin kerajaan besar. Saya yakin ia tidak akan mampu. Mengingat kapasitas, kapabilitas, dan kemampuannya belum mumpuni. Anak kecil, baik laki-laki maupun perempuan sekalipun, masanya adalah untuk bermain dan belajar.
Jadi hadits itu berbicara bukan pada jenis kelamin tertentu, hal ini perempuan yang jadi korban. Tetapi hadits menunjukkan bahwa anak kecil tak mampu jadi pemimpin, karena kemampuan dan kapasitasnya belum mumpuni.
Berikan Kesempatan Pemimpin Perempuan
Oleh karena itu, mari kita memberi ruang dan kesempatan kepada para perempuan untuk menjadi seorang pemimpin di mana pun berada. Perusahaan, negara, politisi, pengusaha, hakim, dan sebagainya. Karena dunia ini bukan miliki laki-laki seorang, tetapi berdua, yakni melibatkan perempuan.
Terakhir, saya meyakini bahwa Islam itu adalah agama yang Rahmatan Lil’alamin, Allah Swt melalui firman-firmannya sudah menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan sama-sama sebagai manusia yang utuh.
Sehingga keduanya bertugas untuk saling berbuat baik, berkolaborasi, membantu dan menolong satu sama lain. Karena yang membedakan bukan jenis kelamin seseorang tetapi tingkat ketakwaannya. Hal ini al-Qu’ran tegaskan dalam surat al-Hujurat ayat 13.
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Artinya: “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti.” (QS. al-Hujurat. 13)
Dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan, bahwa semua manusia itu sama. Karena secara biologis ia tercipta dari sumber yang sama, yang membedakan hanya tingkat ketakwaannya. Dan salah satu ciri ketakwaan seseorang adalah mampu bertanggung jawab, baik terhadap hidupnya maupun terhadap rakyat yang ia pimpin.[]