Mubadalah.id – Prinsip mubadalah ini bersifat universal. Berlaku untuk semua orang dan dalam semua level relasi, mulai dari relasi persahabatan individual, keluarga kecil dan besar, komunitas dan masyarakat yang lebih luas.
Prinsip mubadalah memandang pihak-pihak yang berelasi sebagai manusia terhormat, bermartabat, dan setara, serta harus adil dan maslahat.
Prinsip relasi mubadalah berlaku antara suami-istri, orangtua anak, individu – keluarga, majikan buruh, pemerintah-rakyat, dan seluruh individu warga negara. Dalam skala keluarga dan komunitas kecil, seseorang yang menginginkan kenyamanan, juga harus memberikan kenyamanan kepada orang lain.
Dalam skala lebih luas, setiap orang pasti menginginkan hak-haknya dipenuhi negara dan tidak dilanggar atau diganggu oleh warga lain. Ia juga berkewajiban untuk tidak mengganggu warga negara lain yang ingin menggunakan hak-haknya.
Implementasi dari prinsip mubadalah ini harus selalu melihat yang paling fundamental, bukan pada hal-hal yang bersifat parsial. Misalnya dalam bertetangga: Jika Anda senang dengan minuman kopi, bukan berarti Anda menawarkan dan memberi kopi kepada setiap orang, atau harus memastikan dan memberi kesempatan agar semua orang bisa meminum kopi, dengan alasan senangkanlah orang lain dengan sesuatu yang membuatmu senang. Bukan. Pilihan minuman ini masalah parsial.
Fundamental
Yang fundamental adalah, jika Anda ingin memperoleh akses dan kesempatan untuk menikmati pilihan Anda, maka Anda juga harus memberi kesempatan kepada orang lain agar memperoleh pilihannya.
Setidaknya, Anda tidak melakukan hal-hal yang menghambatnya. Lebih fundamental lagi soal hak-hak dasar setiap orang yang tidak boleh diganggu dan dihambat.
Jika Anda senang memiliki tetangga yang baik dan suka menolong, maka mulailah dengan diri Anda untuk menjadi baik dan suka menolong bagi tetangga Anda. Kenali, sapa, dan bantu mereka ketika memerlukan pertolongan. Ini mubadalah-aktif.
Minimal, karena kesibukan individu yang berjibun, Anda tidak melakukan hal-hal yang melukai mereka, sebagaimana Anda juga tidak ingin mereka melukai Anda. Yang minimal ini adalah mubadalah-pasif.
Jika Anda senang apabila agama yang Anda imani dihormati dan tidak dilecehkan orang lain. Maka jangan sekali-kali menghina agama orang lain. Jika kita menginginkan agar dihormati dan dilindungi ketika menjadi minoritas. Maka ketika kita menjadi bagian dari mayoritas, jadilah orang yang selalu menghormati dan melindungi minoritas.
Sesama elemen bangsa, kita tidak menjadikan perbedaan primordial, seperti ras, suku, golongan, dan agama, sebagai alat memfitnah dan memecah belah.
Sebaliknya, bahu-membahu membudayakan nilai-nilai kebaikan dan membangun kehidupan yang lebih baik, yang dapat dinikmati sebanyak mungkin masyarakat. []