Mubadalah.id – Nilai dasar dari perspektif mubadalah adalah visi Islam rahmatan lil ‘alamin dan misi akhlaq karimah yang digariskan al-Qur’an dan Hadits sebagai rujukan teladan Nabi Saw. Sehingga, pertanyaan mengenai berdosakah istri meminta cerai harus merujuk pada visi dan misi tersebut. Jika menjauh atau bertentangan denganya menjadi haram, dan jika mendekat malah boleh. Bahkan, jika menjadi satu-satunya jalan implementasi visi dan misi tersebut, bisa menjadi sunnah atau wajib.
Jika merujuk pada visi dan misi ini, pernikahan dalam Islam, sebagaimana digariskan al-Qur’an adalah media untuk memadu kasih sayang antara suami dan istri (QS. Ar-Rum, 30: 21) dan berelasi secara baik antar anggota keluarga (QS. An-Nisa, 4: 19). Suami dan istri dalam hal ini, dituntut memiliki tanggung-jawab dan komitmen untuk menjaga ikatan ini secara kokoh (QS. An-Nisa, 4: 21).
Seluruh cara pandang, sikap, perilaku, dan tindak-tanduk yang menguatkan kasih sayang dan kebaikan dalam berkeluarga, oleh suami kepada istri atau istri kepada suami adalah baik. Ia berpahala dan minimal sunnah hukumnya. Sebaliknya, segala yang menghancurkan keluarga dan ikatan kasih sayang adalah buruk, minimal makruh hukumnya.
Dengan cara pandang ini, perceraian, karena asumsinya akan memisahkan ikatan yang harusnya dijaga, dianggap sesuatu yang halal tetapi paling dibenci Allah Swt (Sunan Abu Dawud, no. 2180 dan Sunan Ibn Majah, no. 2096). Baik dilakukan oleh suami kepada istrinya, maupun oleh istri kepada suaminya. Sama saja.
Untuk itu, al-Qur’an sendiri, selain menegaskan nilai kasih sayang dan relasi kebaikan yang harus dijaga bersama, juga ketika ada konflik yang mungkin mengarah perceraian, memfasilitasi jalan perdamaian terlebih dahulu (QS. An-Nisa, 4: 35). Ketika jalan damai itu selain, konflik terus terjadi, daripada ikatan pernikahan mengarah pada kekerasan, keburukan, dan kemudaratan, al-Qur’an membukan jalan cerai.
Artinya, pada kondisi ikatan nikah yang bisa buruk, al-Qur’an membolehkan cerai (QS. An-Nisa, 4: 130). Yang mengalami keburukan bisa suami, bisa istri, dan bisa keduanya, serta bisa juga plus seluruh anggota keluarga. Dengan hukum boleh ini, cerai bisa diajukan oleh suami atau oleh istri. Dalam hal permintaan, pengajuan, atau pelaksanaan cerai, al-Qur’an meminta semua pihak cara-cara yang baik, tidak menyakitkan, dan tidak menimbulkan keburukan yang lebih parah (QS. Ath-Thalaq, 2: 229).
Dengan demikian, jawaban pertanyaan berdosakah istri meminta cerai adalah ya berdosa ketika tidak ada alasan yang tepat, dan hanya menjadi jalan bagi keburukan keluarga. Tetapi, ia bisa tidak berdosa ketika menjadi jalan untuk terlepas dari keburukan yang dialami perempuan dari pernikahannya. Kebolehan cerai seperti ini sudah ada presedenya pada masa awal Islam, dengan keputusan dari Nabi Saw pada kasus yang diajukan oleh istri Tsabit bin Qays ra, bernama Habib bint Sahal ra (Sahih Bukhari, no. 5330). Wallahu a’lam. (Faqih)