Mubadalah.id – Tiga hari yang lalu aku tergabung dalam sebuah event Mubadalah Academy #Batch1 yang diinisiasi oleh Mubadalah.id, di mana dalam rangkaian kegiatannya membahas tentang media sosial, viralisasi konten, dan perspektif mubadalah. Bagaimana bermedia sosial secara mubadalah?
Para peserta Mubadalah Academy disuguhi dengan materi-materi yang luar biasa oleh para narasumber yang juga sangatlah mumpuni di bidangnya. Mulai dari pengenalan media sosial, bagaimana membuat konten yang seharusnya bisa diterima, dinikmati dan diminati oleh para pembaca, menyelami mubadalah, hingga pada bagaimana memasukkan perspektif mubadalah dalam sebuah konten media sosial baik itu konten kepenulisan, ilustrasi, videografi ataupun infografik.
Berbicara tentang sosial media, kupikir sosial media adalah media paling pesat dalam menyampaikan berbagai macam informasi. Mulai dari kabar baik hingga yang kontroversi. Sehingga sudah seyogianya yang kita bagikan di media sosial adalah hal-hal yang berisikan tentang kebaikan. Tentu saja baik untuk diri sendiri juga untuk orang lain (baca: netizen).
Menyebarkan hal-hal baik di media sosial juga memiliki nilai yang selaras dengan perintah Tuhan seperti pada penggalan Firman-Nya dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 148; فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰت yang berarti berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Sehingga sangat jelas sekali bahwa dalam kehidupan, sudah seharusnya kita menjadi pelaku penebar kebaikan dan kemanfaatan entah di dunia nyata ataupun maya. Begitupun dengan nilai kebaikan yang dimiliki oleh mubadalah. Wajib sekali untuk dipahami dan disebarluaskan.
Dalam event Mubadalah Academy kemarin pada saat pemaparan materi perspektif mubadalah, yang kupahami dari pencetus pemikiran Mubadalah; Pak Kiai Faqihuddin Abdul Kodir adalah bahwa mubadalah hadir sebagai sebuah pemikiran, perspektif, metode dan strategi dalam menginterpretasikan segala sesuatu berdasarkan konsep rahmah yang ditujukan untuk seluruh penduduk bumi (رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ).
Sehingga diharapkan ketika melihat atau memaknai sesuatu baik itu relasi atau apapun tidak dari satu sisi. Alhasil yang muncul adalah sebuah kesalingan. Tidak tumpang tindih karena yang dipikirkan bukan hanya tentang diri sendiri, atau hanya memikirkan orang lain. Namun memikirkan untuk kebaikan antar keduanya. Betul, memikirkan untuk kemanfaatan semua makhluk yang ada di bumi.
Selanjutnya, Tindakan dari rahmah itu sendiri adalah akhlaqul karimah. Iya, budi pekerti yang baik. Dalam bermedia sosial misalnya. Jika memaknai media sosial secara mubadalah maka makna yang muncul adalah bahwa media sosial adalah sebagai sebuah wadah informasi, di mana wadah tersebut harus ada yang mengisi dan terisi. Ada yang menulis status dan yang membaca status. Ada yang membuat dan melihat konten. Dan ada yang menyebar dan menerima informasi.
Dengan menggunakan media sosial, banyak sekali informasi yang bisa didapatkan. Sayangnya, penggunaan media sosial juga dijadikan sebagai media penyebaran informasi yang tidak baik oleh beberapa oknum seperti menyebarkan berita yang tidak valid, membuat berita yang berisi provokasi, mengetik komentar tidak pantas pada status orang lain, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu sangatlah bertentangan dengan nilai rahmah dan tindakan akhlaqul karimah.
Untuk itu, bermedia sosialah secara mubadalah. Mubadalah di sini sebagai strategi dalam menggunakan media sosial. Artinya media sosial haruslah digunakan dengan bijak untuk menebarkan nilai-nilai kebaikan, dan itu berlaku untuk semua pengguna media sosial tidak memandang apakah dia influencer atau bukan, bahkan tidak memandang apakah pengikutnya banyak atau tidak.
Lalu, bagaimana menggunakan media sosial dengan mengaplikasikan strategi mubadalah itu? Iya, tentu saja dengan menyebarkan informasi yang tidak hanya berguna untuk diri sendiri melainkan juga berguna untuk orang lain, yang memiliki nilai kebaikan, yang tidak menimbulkan keributan, kebencian, bahkan merugikan banyak pihak, dan bisa juga dengan membagikan edukasi yang baik.
Oleh karena itu, jelas sekali sebagai netizen haruslah menjadi pelaku penyebar kemaslahatan dalam bermedia sosial. Sehingga penting sekali untuk mengupdate informasi yang bermanfaat, tidak menyebarkan hoax, hate speech, bertindak provokatif, melecehkan dan hal lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan bahkan perpecahan.
Jadi, berfikir dua kali untuk mengcross-check dan memastikan sebuah postingan sebelum diunggah di laman media sosial adalah hal yang perlu dilakukan. Lalu, sudahkah kamu menjadi pelaku penebar nilai-nilai kebaikan dalam bermedia sosial? []