Rabu, 10 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana Sumatera

    Ketika Rakyat Membayar Kerusakan, Korporasi Mengambil Untung: Kritik WALHI atas Bencana Berulang di Sumatera

    Bencana di Aceh

    WALHI Desak Evaluasi Total Izin Usaha di Aceh dan Sumatera untuk Hentikan Siklus Bencana

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

    HAKTP

    Praktik HAKTP dalam Jurnalisme Algoritmik

    Teodise

    Di Tengah Bencana, Di Mana Tuhan? Teodise dan Hikmah Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Bibit Kekerasan Simbolik di Lembaga Pendidikan

Kekerasan simbolik dalam buku teks bisa berkaitan dengan soal gaya hidup, pakaian, fisik, minat, bahkan pekerjaan sekalipun

Muhammad Rafii Muhammad Rafii
16 Maret 2023
in Publik
0
Kekerasan Simbolik

Kekerasan Simbolik

601
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Lembaga pendidikan kita percaya memiliki nilai, budaya, dan prinsip yang menjunjung tinggi martabat manusia. Masyarakat mempercayai bahwa lembaga pendidikan bisa menjadi “bengkel moral” untuk mendidik anak-anak baik dalam hal pengetahuan maupun pendidikan moral. Itu sebabnya lembaga pendidikan masih diminati dan terus memiliki nilai jual untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan menciptakan generasi yang berkarakter.

Lantas apa sebabnya kekerasan kerap terjadi di lembaga pendidikan, pendidikan formal ataupun informal, pendidikan agama maupun non agama? Hal ini dapat kita telusuri dari persoalan yang kita sadari ataupun tidak sama sekali serta menganggapnya sebagai kebiasaan tanpa efek sedikitpun.

Buku Teks yang Bias

Buku teks atau bahan ajar di lembaga pendidikan tersusun dengan tim yang berbeda-beda. Kesadaran, orientasi, bahkan nilai yang kita percaya. Itulah sebabnya kita dapat melihat buku-buku teks yang memuat berbagai keganjilan dalam mendidik anak dari tindakan kekerasan simbolik. Buku teks diajarkan, didoktrin, dan dihafal oleh peserta didik untuk memperoleh pemahaman terhadap materi yang sekolah ajarkan.

Kita dapat melihat dan melacak kembali buku-buku teks yang sekolah ajarkan, pemerintah produksi, dan tersebarluaskan ke seluruh peserta didik di Indonesia yang memuat “bias” terhadap pendidikan yang ramah terhadap lingkungan, ramah terhadap pertemanan, dan bersih dari kekerasan. Simbolik maupun fisik.

Berbagai buku teks ini memuat berbagai macam materi yang menjadikan hal-hal negatif sebagai contoh. Meskipun narasi tersebut sebenarnya kita gunakan untuk memudahkan pemahaman anak. Namun tetap menjadi bagian internalisasi terhadap alam bawah sadar mereka, pikiran mereka, hingga kemudian muncul dalam tindakan dan buku perbuatan mereka.

Tidak sedikit kita menemukan contoh negatif, misalnya Roni mencuri buah di kebun petani, Roki mengejek seorang anak yang berasal dari desa dan berpenampilan lusuh, atau robi membeli baju baru dan memamerkan di hadapan teman-temannya. Ini beberapa contoh yang negatif dan bias dari kekerasan simbolik.

Beberapa kekerasan simbolik yang dapat kita temui di buku teks menjadi bahan gurauan sehari-hari siswa di lingkungan sekolah. Kekerasan simbolik dalam buku teks bisa berkaitan dengan soal gaya hidup, pakaian, fisik, minat, bahkan pekerjaan sekalipun.

Misalnya, petani, dalam buku teks selalu menarasikan petani sebagai orang kampung, pedesaan, tidak memiliki cita-cita tinggi, dan berpenampilan kumuh. Padahal kita dapat sadari bahwa tanpa kehadiran petani, orang kota yang selalu mencemooh petani tidak dapat mengkonsumsi apa yang dimiliki saat ini; beras, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Kekerasan Simbolik

Lebih jauh terkait Kekerasan simbolik bagi profesi petani tersebut dianggap rendahan, tidak berpendidikan, dan tidak mengetahui perkembangan zaman. Anak-anak petani di hari libur tergambarkan pergi ke ladang, memancing, mandi di sungai dan bermain sebagaimana anak-anak di desa pada umumnya. Sebaliknya, orang tua yang bekerja di perkantoran tergambarkan anak mereka pergi liburan ke luar negeri, naik pesawat, main ke mall, nonton bioskop, berenang di kolam renang.

Jadi pandangan, pemahaman, dan penilaian yang berbeda dan tidak setara dalam wilayahnya masing-masing tersebut menjadi kekerasan simbolik. Ini penilaian yang tidak setara dan adil. Buku teks menyajikan perbedaan yang kemudian menjadi bahan pertunjukan terhadap nilai yang kita junjung tinggi, menganggap suatu hal bagus dan lain buruk, suatu profesi menjadi standar cita-cita siswa dan profesi lain tidak.

Akibatnya, sulit kita temukan anak-anak di sekolah yang bercita-cita menjadi petani. Apakah petani profesi yang tidak berkontribusi untuk kehidupan manusia, kemajuan negara? Tidak bukan? Bias ini menyebar luas kepada anak didik bersamaan dengan tersebarnya buku-buku teks di sekolah.

Buku teks jelas menjadi bibit dalam mendidik anak. Materi di dalamnya menjadi penilaian, pandangan, bahkan menjadi rujukan bagi anak dalam melihat, merespon, dan bertindak dalam kehidupannya. Tidak heran jika anak hari ini berpandangan selalu oposisi biner, salah-benar, baik-buruk, cantik-jelek.

Lingkungan Sekolah yang Tidak Ramah

Selain buku teks, bibit kekerasan simbolik dapat terjadi dan umum kita temukan di lingkungan sekolah. Di mana kita yakini para peneliti dan tokoh menjadi salah satu pendukung utama dalam mendidik anak dan mempengaruhi terhadap sikap, perbuatan, nilai, dan interaksi anak dalam kehidupan sehari-hari.

Lingkungan sekolah yang tidak ramah terhadap pergaulan, kesetaraan, dan nilai yang kita junjung tinggi dalam pendidikan akan dimanfaatkan menjadi pembenaran terhadap tindakan atau perlakuan anak yang tidak bermoral di lingkungan masyarakat. Lingkungan sekolah hari ini sudah terbiasa dan sesak dengan tindakan bullying. Padahal perbuatan ini sangat tidak benar dalam pandangan agama, moral masyarakat, maupun tujuan pendidikan.

Misalnya, dalam proses pembelajaran tidak jarang kita temui seorang guru mengatakan seorang siswa bodoh dan siswa yang lain pintar. Kemudian dalam bergaul dengan teman sebaya, siswa pun terbiasa mengatakan temannya bodoh. Anak merasa benar karena gurunya pun melakukan demikian. Artinya ada lingkungan tidak sehat, tidak ramah terhadap anak dari berbagai tindakan kekerasan simbolik seperti di atas.

Lingkungan sekolah bahkan kita yakini menjadi proses internalisasi, penanaman, atau pembibitan terhadap nilai, moral, keyakinan, dan perbuatan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan sekolah yang tidak ramah terhadap kekerasan simbolik maupun fisik berakibat pada tindakan yang tidak kita inginkan.

Oleh karena itu, kekerasan simbolik di sekolah harus menjadi perhatian bersama, guru, pemerintah, pengelola lembaga pendidikan, dan masyarakat. Meskipun demikian kita juga mengapresiasi apa yang telah lembaga pemerintah maupun non pemerintah lakukan dalam mengurangi, menekan, dan menghapus kekerasan simbolik maupun fisik di sekolah. []

Tags: biasGenderkeadilanKekerasan SimbolikKesetaraanLembaga Pendidikan
Muhammad Rafii

Muhammad Rafii

Muhammad Rafii, lahir di Baringin, Tapanulis Selatan, 13 Maret 1995. Anak dari orang tua, ayah Ali Jabbar Ritonga dan ibu Nurida Rambe dan menetap di Jambi. ia merupakan almuni Pondok Pesantren Dzulhijjah di Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi. Studi Sarjana ditempuh pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin di Jambi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, (2013-2017). Selanjutnya menempuh Studi Pascasarjana pada Jurusan Studi Ilmu Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim di Malang (2017-2019). Minat kajiannya meliputi: studi gender, agama dan budaya, dan politik Islam. Ia aktif menjadi relawan dan mengikuti kajian Beranda Perempuan. Ia juga merupakan anggota aktif Gusdurian Jambi dalam mengisi diskusi, kajian dan pembahasan seputar isu-isu di Jambi

Terkait Posts

Menjadi Guru
Publik

Menjadi Guru Bagi Semua Generasi

27 November 2025
Film Pangku
Film

Film Pangku: Tak Sebandingnya Hak Perempuan dengan Beban yang Ditanggung

26 November 2025
Juru Bicara Disabilitas
Publik

Pentingnya Juru Bicara Disabilitas Berperspektif Gender

25 November 2025
Budaya Bullying
Publik

Budaya Bullying dan Hilangnya Rasa Aman Pelajar

8 November 2025
Pesantren Inklusif
Publik

Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

7 November 2025
Maskulin Toksik
Personal

Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

4 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah Implementasi Kebijakan Publik Terhadap Hak Difabel Sudah Sesuai HAM?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan
  • Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru
  • Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa
  • Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan
  • Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID