Mubadalah.id – Ada salah satu pertanyaan dari hadirin yang jawabannya membuka mata saya terkait pembelaan KH Syakur Yasin (Buya Syakur) terhadap perempuan. Salah seorang peserta bertanya tentang masalah yang temannya hadapi. Istri temannya itu menggugat cerai gara-gara istrinya mempunyai penghasilan lebih besar daripada suami. Buya Syakur menyampaikan konsep brayan urip dalam berumah tangga. (Baca: Ikhtiar Berumah Tangga Hidup Rukun dengan Mertua)
Sontak pengasuh Pesantren Cadangpinggan, Kertasmaya, Indramayu, itu menjawab bahwa pertanyaan tersebut terlalu mendiskreditkan perempuan. Seolah-olah kalau perempuan lebih mapan secara ekonomi maka dia akan ngelunjak (memberontak). Siti Khodijah adalah contoh perempuan karir yang sukses, tapi tidak masuk kategori tersebut. Jadi urusan ngelunjak atau tidak sebenarnya karena seringkali yang menjadi sudut pandang suami.
“Ada nuansa hegemoni laki-laki dalam pertanyaan ini. Ada keinginan suami untuk mengatur istri semau-mau suami. Ingat ya, rumus hidup bahagia dalam pernikahan adalah brayan urip. Bukan hegemoni,” kata Buya.
Filosofi pernikahan orang Arab dan Indonesia berbeda. Di dunia Arab, pernikahan itu disebut sebagai “‘aqdun nikah” yang berarti “kontrak hubungan seksual”. Sebuah kontrak yang terjadi untuk mendapatkan kenikmatan. Filosofi yang tidak cocok bagi orang Indonesia. Orang Indonesia menganggap pernikahan adalah ahdun mu’asyarah, artinya perjanjian setia.
Prinsip Brayan Urip
Kembali pada prinsip brayan urip, pernikahan itu harus dipandang sebagai sebuah ikatan bagi suami dan istri untuk hidup bersama. Untuk bekerjasama dalam mengarungi kehidupan. Istilahnya, susah dan senang berdua. Semua beban keluarga atas tanggungan berdua untuk kebahagiaan bersama. Itulah maksud brayan urip.
Maka bagi Buya, praktik pembacaan shighot ta’liq yang dilakukan mempelai lelaki sesaat setelah ijab qobul pernikahan sungguh amat mengerikan. Akad suci pernikahan harusnya tidak ‘dinodai’ dengan ritual ancam mengancam seperti shighot ta’liq. Dia lebih setuju jika yang dibacakan bukanlah shighot ta’liq melainkan janji setia sehidup semati.
Saya sangat setuju dengan ide ini. Pengucapan janji setia ini sendiri sudah mulai ada di beberapa daerah di Yogyakarta. Kepala KUA dan penghulu menjadi inisiator untuk dilakukannya praktik baik tersebut. Hal ini tak lepas dari upaya para aktivis dan ulama perempuan dari Rahima, Alimat, Fahmina, dll yang memberikan penguatan kepada mereka.
Para Kepala KUA juga diberikan pembekalan dengan perspektif mubadalah. Perspektif inilah yang selanjutnya diberikan kepada para pasangan pengantin agar mereka siap mengarungi perjalanan kehidupan dalam satu keluarga. Dengan begitu, tugas penghulu tidak hanya mengawinkan, tapi ikut serta dalam mewujudkan keluarga yang bahagia.
Buya Syakur juga menekankan tentang pentingnya komunikasi yang baik antara suami dan istri untuk menjaga keharmonisan keluarga. Menurutnya, seringkali konflik rumah tangga terjadi karena miskomunikasi. Prinsip pertama dalam komunikasi adalah kedua belah pihak harus bisa memahami karakter masing-masing.
Perangai dan Karakter Perempuan yang Berbeda dengan lelaki
Lelaki dan perempuan mempunyai perangai dan karakter yang secara garis besar amat berbeda. Perempuan lebih butuh pada perhatian, sehingga suami harus bisa memberikan perhatian meskipun bagi kebanyakan laki-laki hal itu remeh temeh. Perhatian kecil semacam rayuan, gombalan, dan sedikit kejutan seringkali berhasil untuk memberikan perhatian kepada perempuan.
Sementara laki-laki lebih membutuhkan penghormatan. Sehingga istri harus pandai-pandai agar suaminya tidak merasa direndahkan ataupun dilecehkan di depan orang lain. Kendala terjadi karena masing-masing, baik laki-laki maupun perempuan berada pada horison pemahamannya sendiri-sendiri dan tidak mau mendengarkan pasangannya, tidak mau mengerti dan merasa dirinya paling benar.
Pembelaan Buya Syakur terhadap perempuan seringkali masih ada unsur peremehan dari para pendengarnya yang laki-laki. Beberapa kali ada bapak-bapak yang nyeletuk dengan nada yang “kurang sopan”. Tapi saya yakin, di dalam hati bapak itu dia menerima tawaran untuk lebih memperhatikan nasib perempuan. Saya begitu yakin karena bapak di sampingku itu tak beranjak sesenti pun dari tempat duduknya.[]