Mubadalah.id – Hari minggu ini kami silaturahmi ke Dalem Boharen. Yakni di kediaman Pak Achmad Charris Zubair di Kota Gede, yang seperti menghadiri undangan mengunjungi masa lalu. Napak tilas jejak perjuangan para pendiri bangsa Indonesia.
Semula saya mengira kata Boharen adalah nama seorang tokoh, mungkin leluhur keluarga di wilayah ini. Ternyata terkait dengan Langgar Dhuwur, mushala dengan struktur panggung yang terbangun sekitar 110 tahun yang lalu oleh KH Moehsin, kakek dari Pak Charris. Penggunaan material kayu masih utuh dan masih terasa kokoh, ketika kami berempat, Pak Charis, Mba Nana Je dan mas Indro Suprobo naik ke sana.
KH Moehsin adalah seorang saudagar yang menjadi salah satu penyandang dana awal pendirian Persyarikatan Mohamadijah. Di di langgar dhuwur inilah KH Moehsin secara rutin membacakan kitab hadits Shahih Bukhari. Rutinitas orang datang untuk ngaji kitab Shahih Bukhari membuat komplek ini kemudian mendapat sebutan komplek Boharen. Atau kadang orang menyebut dengan lebih singkat ‘Mbaren..’
Dalam jarak tidak kurang dari 20 meter dari Langgar Dhuwur ini terdapat bekas rumah KH Abdul Kahar Muzakkir salah satu pendiri bangsa yang bersama KH Wahid Hasyim dan Ki Bagoes Hadikoesoema, tiga tokoh yang terlibat langsung dalam penghapusan 7 kata dalam sila pertama Pancasila, Ketuhanan dengan “kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, menjadi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’.
“Ini adalah pengorbanan terbesar umat Islam demi Indonesia menjadi seperti sekarang ini. Ini harus dijaga”, demikian menurut Pak Charris.
Mengenal Sosok KH Abdul Kahar Muzakkir
Dari Langgar Dhuwur, kami mengunjungi bekas rumah KH. Abdul Kahar Mudzakkir. Saya naik ke bekas pondasi yang sudah ditumbuhi rerumputan. Masih ada sisa ruangan yang masih berdiri dengan pintu-pintu kayu menghitam menampakkan ketegaran menahan cuaca.
Saya ingin melongok ke dalam karena agak penasaran mengapa rumah tokoh bangsa ini dibiarkan tak terpelihara, tapi saya urungkan. Sebuah papan bertuliskan ‘Tanah Milik Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia’. Prodi Asritek UII akan membangun ulang rumah tersebut mengikuti kondisi aslinya.
KH Abdul Kahar Muzakir, cendekiawan yang pernah menjadi salah satu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan ulama yang sangat dekat dengan para Kyai dari kalangan Nahdliyin ini, adalah pendiri universitas swasta tertua di Indonesia, yaitu Universitas Islam Indonesia.
Kami lanjut berjalan ke selatan melalui gang yang mentok di kediaman Kyai Amir. Sekarang keturunan beliau yang tinggal di situ. Kami memasuki depan rumah yang bernuansa kayu dan cukup terawat. Di dalam terdapat pendopo yang di sisi timur terdapat dua kamar. Di salah satu kamar itulah almaghfurlah Buya Syafi’i Maarif pernah kos saat kuliah di Universitas Cokroaminoto sambil mengajar.
Dari tempat kos Buya Syafii kami berjalan menuju ‘Omah Ropingen’ (Rumah milik H. Rofi’i), tempat di mana Semaun berdiskusi dengan kawan-kawan pergerakan termasuk mendiskusikan ketidakpuasan bahwa menurutnya Syarikat Islam lebih banyak memikirkan para pedagang besar, kurang menyuarakan kepentingan rakyat kecil .
Karena itu lahirlah Syarikat Islam Merah, salah satu embrio lahirnya PKI pada masa pergerakan kemerdekaan. Kenyataan ini memberi penjelasan bahwa upaya pergerakan untuk keadilan sosial di kalangan masyarakat muslim turut mewarnai banyak kelompok.
Blok Gerakan Sosial
Ketika Ibukota Mataram Islam pindah beberapa kali meninggalkan Kota Gedhe, wilayah yang sebelumnya merupakan bekas reruntuhan pusat kerajaan Mataram Hindu yang sudah kembali menghutan yang dikenal dengan sebutan ‘hutan Mentaok’, kembali dibabat oleh Ki Gede Pemanahan, tetap menjadi wilayah yang dinamis.
Saat kerajaan Mataram Islam kemudian terpecah setelah Perjanjian Giyanti tahun 1755, wilayah Kota Gedhe menjadi wilayah perdikan, tetap mendapat penghormatan sebagai bekas ibu kota kerajaan. Pihak VOC pun turut menghormati, misalnya dengan tidak mengirim semacam mata-mata sekalipun.
Bagi VOC tentu stabilitas ini terkait pertimbangan bahwa Kota Gedhe adalah salah satu pusat kegiatan ekonomi, salah satu kota terkaya di wilayah Jawa bagian selatan. Kota Gedhe menjadi pusat bisnis emas, berlian, perak, tekstil (tenun maupun batik) hingga opium.
Tahun 1875 ketika Pangeran Diponegara mengobarkan Perang Jawa, daerah ini terlarang menjadi wilayah peperangan. Dapat kita katakan selama berabad-abad, Kota Gedhe menjadi kota ‘aman’, stabil sehingga menopang perkembangan banyak aktifitas ekonomi, budaya dan intelektual, meski tidak lagi menjadi ibukota kerajaan atau bukan pusat kegiatan politik.
Tradisi belajar terus tumbuh. Baik pendidikan modern maupun pendidikan agama secara tradisional berjalan berkelanjutan di kota yang sekarang menjadi salah satu kecamatan di Yogyakarta.
Boharen Menjadi Magnet Pertemuan
Berkaitan dengan aktifitas intelekktual dan keagamaan, Kota Gedhe juga menjadi magnet pertemuan kalangan terpelajar dan kosmopolit pada jamannya. Misalnya di kediaman KH. Moehsin di Boharen itu, pendopo yang menjadi ruang tamu tersebut pernah menjadi tempat pertemuan para cendekiawan. Di antaranya berpendidikan Al Azhar Mesir atau pendidikan Eropa, sehingga diskusi-diskusi mereka antara bahasa Belanda dan Arab.
Ada beberapa nama yang Pak Charris sebut sebagai periwayat dan menjadi saksi bagian penggalan sejarah para pendiri bangsa itu. Ia menyebutkan AR Baswedan, KH Wahid Hasyim, Soekiman Wiryoasanjaya (salah satu tokoh Masyumi yang pernah menjabat perdana meteri ke-6) dan tentu saja KH Abdul Kahar Mudzakkir, menantu KH Moehsin.
Bila kita ingat tiga tokoh muslim yang terlibat dalam penghapusan 7 kata sila Pancasila, sehingga akhirnya menjadi Ketuhanan yang Maha Esa. Dua di antaranya KH Abdul Kahar Mudzakkir dan Ki Bagoes Hadikoesoema adalah dari Yogya, dan KH Wahid Hasyim pun akrab dengan para tokoh di Yogya ini.
Sangat mungkin bahwa penghapusan 7 kata itu memiliki kerangka pemikiran (substansial), yang secara tidak langsung telah lama menjadi bahan perbincangan. Sangat mungkin ada diskusi-diskusi panjang tentang masalah-masalah keagamaan, persoalan keadilan sosial dan ideologi.
Bukankah para tokoh ini sudah terbiasa berdialog intens dengan pemikiran orang- orang seperti Dowes Dekker, Rabindranat Tagore? Atau orang –orang yang berasal dari kultur yang berbeda sehingga mendukung kematangan intektual-keagamaan mereka untuk menjadi cendekiawan inklusif- melampaui pemikiran yang formalistis?
Meski pada awal penghapusan 7 kata dalam Piagam Djakarta sempat ada ketegangan, namun kerangka berpikir keagamaan yang subtansial telah menjadikan Pancasila sebagai kesepatakan bersama atas realitas kehidupan bangsa yang beragam, yang pada masa selanjutnya para penerus di kalangan Muhammadiyah menyebut Pancasila sebagai ‘daaru al ahdi wa assyahaadah’.
Boharen menjadi musium yang hidup. Ndalem Boharen kembali menjadi ruang pertemuan keturunan para tokoh pergerakan kemerdekaan dan pendiri bangsa ini. Mba Yeni Wahid cucu KH Wahid Hasyim pun pernah datang dan Mba Nana Je yang adalah cucu dari Kasimo, tokoh Partai Katolik akrab dengan Langgar Dhuwur. Ruang itu mengingatkan buku Yudi Latif yang berjudul Mata Air Keteladanan, diantaranya berkisah persahabatan M. Natsir dan Kasimo.
Mengingat apa yang pernah terjadi di Boharen, rasanya bangsa ini hanya berhasil merdeka karena adanya kematangan karakter- intelektual-keagamaan. Dan akan bertahan juga dengan kematangan perjuangan yang tetap harus ada oleh masing-masing generasi. (Bersambung)