Mubadalah.id – Seluruh kecanggihan teknologi dewasa kini merupakan puncak pencapaian tertinggi manusia dalam bidang ilmu pengetahuan. Hampir semua tindak-tanduk kehidupan manusia saat ini bertemankan teknologi. Kehadiran teknologi menawarkan kemudahan dan kemurahan sekaligus, efektif dan efisien.
Mulai dari alat rumah tangga sederhana hingga alat industri yang luar biasa besar. Sehingga yang awalnya menggunakan tenaga manual dari manusia beralih pada kekuatan mesin untuk meringankan pekerjaan. Sapi pun kehilangan pekerjaannya berganti mesin traktor untuk membajak sawah. Dan konon, manusia diramal akan kehilangan pekerjaannya digantikan mesin-mesin robot.
Pasalnya, teknologi-teknologi yang beragam itu memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Mungkin bisa disebut sebagai revolusi besar-besaran. Banyak perubahan yang terjadi, baik dari pola dan gaya hidup, serta perubahan-perubahan lain yang menimpa sekitarnya. Bahkan memicu lahirnya berbagai masalah, baik dalam bidang ekonomi, politik, termasuk aspek sosial; yang mencakup relasi antar sesama manusia dan alam, khususnya lingkungan hidup.
Dampak kerusakan pada lingkungan hidup adalah secara sederhana tampak dari semakin menyempitnya luas hutan dan semakin bertambah luas pertambangan, perkebunan, proses industrialisasi yang tidak ramah lingkungan. Sehingga kadar kualitas oksigen semakin tahun kian menurun, belum lagi faktor lain yang juga menambah buruk keadaan.
Banyak asumsi kemudian lahir dalam rangka mempertanyakan fenomena yang terjadi. Banyak sarjana yang menyebut bahwa kerusakan-kerusakan ini tidak dapat lepas dari sains dan teknologi, yang memudahkan dan mempercepat segalanya. Bahkan dalam bidang nuklir manusia telah berhasil menciptakan senjata pemusnah yang maha dahsyat. Sekali petik, satu negara bahkan lebih bisa lenyap dalam sekejap.
Dari persoalan tersebut, maka kita membutuhkan etika keilmuan yang dapat membendung potensi-potensi negatif yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Mengerahkan semua ilmu pengetahuan yang manusia miliki benar-benar berorientasi pada prinsip-prinsip kehidupan manusia yang berkelanjutan. Sehingga dapat mewujudkan kesejahteraann hakiki dan kemaslahatan bagi manusia sebesar-besarnya.
Tesmak Para Ahli
Jika merujuk pada pendapat para sarjana terdahulu, krisis tersebut berakar mula dari paradigma manusia yang cenderung antroposentris, yang menjadikan manusia sebagai pusat dari alam semesta. Sehingga segala yang ada di sekitarnya (baca: alam) adalah untuk manusia agar dimanfaatkan sebanyak mungkin untuk memenuhi kebutuhannya. Begitu kata Sony Keraf.
Pendapat yang hampir serupa, yang menilai bahwa itu semua terjadi karena penafsiran sekuler yang merata mengenai status manusia di bumi. Sebagaimana Indriyani Ma’rifah sampaikan. (Akbar Tanjung, M. Mansur, 2021, p. 62).
Konsep ‘Etika Sufi’ Ibn Arabi yang berpijak pada prinsip Wahdat al-Wujud-nya, dapat menyusup menjadi etika keilmuan sebagai media alternatif untuk membendung segala kemungkinan terburuk itu. Lantas, bagaimana etika sufi ini bisa mewujud dan terealisasi dalam etika keilmuan?
Bila kita melihatnya secara cermat, konsep ini menjadi antitesis dari paradigma antroposentris yang cenderung egoistik, serta mampu meredam penafsiran sekuler, dengan membubuhkan aspek yang tidak melulu teosentris tapi juga spiritual.
Dalam konteks ilmu, Islam tidak pernah menolak kemajuan, tidak pula menolak beragam kecanggihan dari teknologi yang ada sebagai puncak dari ilmu. Justru Islam menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, tak heran bila menuntut ilmu adalah kewajiban bagi semua umat Islam, bahkan hingga akhir hayat. Bahkan Ibn Arabi menyebut ilmu (al-‘ilm) sebagai salah satu akhlak mulia manusia. Sebagai anugerah tertinggi yang Tuhan berikan untuk mengenalNya.
Pergeseran Orientasi Keilmuan
Jika kembali pada persoalan tadi, secara tidak langsung menunjukkan bahwa betapa pun tingginya puncak ilmu pengetahuan yang telah tercapai bukan berarti turut tinggi simpati dan kemanusiaan manusia pada lingkungan sekitarnya.
Pengembangan pengetahuan dewasa ini lebih cenderung mengikuti hasrat kenikmatan temporal, yang penting menguntungkan dari pada mengedepankan hasrat mengembangkan potensi intelektual yang bertanggungjawab. Jika menggali pengetahuan tidak memiliki orientasi untuk menemukan asal muasal pengetahuan di dalam Tuhan, maka itu merupakan tindakan yang salah.
Sebagaimana konsepsi awal dari prinsip Wahdat al-Wujud, yang banyak dari yang satu. Begitupun juga ilmu, ranting-ranting ilmu (furu’) yang tumbuh rimbun itu pun berasal dari akar (ushul) yang satu. Sebab bagi Ibn Arabi, orang yang melerai berai dalam menghimpun suatu ilmu berarti telah gagal menemukan fakta yang mengitarinya yang menunjuk pada al-Haqq.
Ilmu-ilmu itu tertutup dari hal-hal yang mengarah pada al-Haqq. Misalnya cabang ilmu geometri, ilmu hitung, logika, dan ilmu alam. Tidak satupun dari semua cabang ilmu itu kecuali di dalamnya terdapat petunjuk dan jalan yang mengarah pada pengetahuan tentang Tuhan. (Mukhlisin, 2019: p. 219)
Inilah mengapa keilmuan seseorang yang semakin banyak bukan membuatnya semakin baik. Hal ini lantaran keterpisahan antara yang furu’ dengan yang ushul, pengabaian terhadap pada sumber segala yang wujud. Terlebih didorong nafsu yang mengarah pada hal yang sementara; hanya demi meraup keuntungan, akan memperlebar jarak dengan akarnya.
Paradigma teosentris dan Spiritual
Kalau dilihat-lihat paradigma ini mirip dengan pemikiran pemikir Indonesia termutakhir. Yaitu sebagaimana gagasan Prof. Amin Abdullah yang familiar dengan Teori Jaring Laba-laba Keilmuan / Integrasi-interkoneksi Keilmuan.
Sebuah peta konsep yang menawarkan sebuah metodologi dan pendekatan yang membangun konsep keilmuan yang satu dan tidak terpisahkan antara ilmu agama dan ilmu semesta. Semua penting sebagai satu-kesatuan yang utuh dan tak terpisahkan yang saling melengkapi.
Dengan demikian, dari pandangan Ibn Arabi tampak bahwa etika sufi yang mewujud dalam etika keilmuan ini bersifat ‘teosentris’ dan ‘spiritual’. Hal ini berjalan konsisten di atas prinsip metafisis yang dia anut bahwa segala sesuatu berasal dari Tuhan dan akan kembali padaNya. Sehingga setiap wajah kemanusiaan pada semua prestasi yang tercapai tidak dapat dipisahkan dari wajah ketuhanannya.
Nilai-nilai semacam inilah yang ingin Ibn Arabi tekankan bahwa manusia yang memiliki ilmu harus membuatnya semakin sadar akan tugas kemanusiaannya; sebagai khalifahNya di bumi. Yang mampu memberikan manfaat hakiki bagi sesamanya dan juga alam. Menghindari eksploitasi sewenang-wenang dan berlebihan terhadap kandungan alam demi memenuhi keserakahan manusia.
Setidaknya, etika sufi ini hadir untuk membuat manusia, khususnya mereka yang bergelut secara khusus dalam ilmu pengetahuan. Yakni harus pandai-pandai menghormati alam, menyayanginya, menjalin relasi baik dengannya, serta berlaku arif dan bijak bagi kemanusiaan. Wallahu A’lam bi al-Shawab. []