Mubadalah.id – Dalam sejarah pemikiran yang ada, banyak pendapat yang telah lahir sebagai upaya untuk memahami manusia. Misalnya, Sokrates menyebut manusia sebagai Zoon Politicon atau hewan yang bermasyarakat, Max Scheller menyebut sebagai Das Kranke atau hewan yang sakit, yang kerap berteman dengan masalah dan selalu gelisah.
Ada juga yang berpendapat bahwa manusia sebagai binatang yang mempunyai budi (homo sapiens). Pendapat ini yang paling tersohor dengan beragam sebutan turunannya seperti animal rationale /hayawan al-natiq hewan yang berpikir, atau binatang yang pandai membuat bentuk peralatan dari bahan alam untuk kebutuhan hidupnya (homo faber / tool making animal).
Lalu mahluk ekonomi (homo economicus), mahluk beragama (homo religious), hewan yang bisa menjadi terdidik (animal educandum), juga mahluk yang pandai menciptakan bahasa dan menerjemahkan pikiran dan perasaannya melalui kata-kata yang tersusun (homo laquen).
Manusia Sebagai Homo Symbolicum
Senada dengan homo laquen, yaitu pendapat yang mengatakan manusia sebagai animal symbolicum atau hewan yang menggunakan simbol. Pasalnya dari simbol-simbol yang terbentuk, kemudian menjadi komunikasi. Dalam dunia komunikasi, hal semacam ini kita kenal dengan teori interaksi simbolik, bagaimana suatu komunikasi dan pertukaran simbol bermakna.
Komunikasi simbolik juga merupakan hasil dari hubungan yang berbentuk konnvensional, atau hasil konsensus dari masyarakat di daerah tertentu.
Hal ini menurut pandangan seorang filsuf Yahudi yang memperoleh gelar profesornya di Yale University. Ia menjadi salah satu penganut manusia sebagai mahluk simbol, Ernest Cassirer, yang memahami manusia sebagai mahluk relasional yang membentuk, memahami, memiliki, dan hidup dengan simbol-simbol. Hal ini terbukti bahwa dari setiap kehidupan yang manusia jalani penuh dengan simbol-simbol.
Misalnya manusia dengan kehidupan lalu lintas, hampir seluruh petunjuk di jalan-jalan menggunakan simbol-simbol. Kesemua telah menjadi media komunikasi secara tidak langsung, meski hanya melalui simbol-simbol. Dalam dunia pramuka juga menggunakan simbol dan sandi-sandi, juga dalam kemiliteran, dan akan banyak contoh-contoh di kehidupan lainnya yang menggunakan simbol-simbol.
Pembentukan simbol-simbol ini memang telah ada sejak manusia membangun peradaban itu sendiri, dari generasi ke generasi sebagai media komunikasi. Bahkan pejuang kemerdekaan kita seringkali membuat simbol-simbol atau sandi-sandi tertentu yang hanya masyarakat sekitarlah yang memahami itu. Tujuannya untuk mengelabuhi dan mengecoh penjajah Belanda beserta kaki tangannya yang direkrut dari kalangan pribumi.
Salah satunya adalah penggunaan falsafah pohon sawo sebagai strategi perjuangan melawan penjajah juga untuk mengecohnya. Betapa pun menurut kepercayaan beberapa orang masih menilai pohon sawo sebagai tempat bersemayamnya mahluk halus.
Strategi Taktis Mengecoh Penjajah
Menurut Prof. Suwardi Endasawara bahwa jika saja pohon turi memiliki sebutan sebagai pohon etnis, maka pohon sawo selain bermanfaat secara ekologis, juga memiliki kandungan etnohistoris (2017, 416). Pohon ini menjadi ciri khas tersendiri bagi pesantren dan santri yang memiliki keterikatan dengan Pangeran Diponegoro (Baca: PD). Biasanya pohon ini terletak di depan kediaman kiyai.
Hal ini bermula sejak berakhirnya perang Jawa dan tertangkapnya PD. Senada dengan itu, menurut penjelasan Kiyai Mun’im dalam buku “Fragmen Sejarah NU Menyambung Akar Budaya Nusantara” falsafah pohon sawo ini berpijak pada pesan PD kepada Kyai Basah Mintagara, Kyai Kasan Besari, dan Kyai Maderan agar segera menanam pohon sawo. Sehingga para pengikutnya merumuskan strategi perjuangan seperti apa yang mesti berlanjut.
Menurut beberapa sumber falsafah pohon sawo ini menjadi penanda sebagai simpatisan setia PD yang menjadi penerus spirit perjuangannya. Mereka bersepakat untuk berjuang bukan lagi perjuangan fisik tapi berubah menjadi perjuangan di sektor pendidikan.
Dengan kata lain, perjuangan dengan cara mendidik kader penerus perjuangan juga penting tapi tidak melupakan identitas historis mereka. Juga sebagai pengenal mereka berkomitmen untuk menanam pohon sawo di setiap halaman depan kediaman kiyai.
Hal itu menjadi simbol bermakna hanya dalam ruang lingkup tertentu yang turut serta dalam konsesus. Bahkan tercatat ada beberapa pesantren besar di Jawa yang didirikan oleh pengikut PD maupun murid dari pengikutnya seperti Tambakberas dan Tebuireng di Jombang, Ploso dan Lirboyo di Kediri.
Bahkan Pondok Modern Gontor di Ponorogo juga terdapat pohon Sawo di depan ndalem almarhum Kiyai Ahmad Sahal, juga KH. Abdullah Syukri Zarkasyi. Lagi-lagi itu sebagai penanda bahwa gerilya yang mereka lakukan telah menjelma dalam bentuk jihad pendidikan, bukan lagi berupa peperangan fisik.
Bukan Sekedar Simbolik
Pertanyaannya kemudian, mengapa harus pohon sawo? Mengapa bukan pohon mangga atau jenis-jenis pohon lainnya yang juga banyak tumbuh di bumi kita? Sebenarnya pemilihan falsafah pohon sawo bukan tanpa dasar dan sebab.
Bagi saya ini merupakan bentuk kelihaian dan kecerdasan para ulama Jawa dalam berfilosofi. Pasalnya, sawo memiliki kesamaan kata dengan Bahasa Arab dari kata “sawwu” yang berarti “luruskan” dan ini memiliki pijakan teologis yang bersumber dari sebuah hadis yang berbunyi “Sawwu sufufakum ” dan kalimat ini biasanya muncul ketika sang iman hendak melakukan salat berjemaah.
Buah yang memiliki nama latin Manilkara Zapota ini, juga disebut sebagai “sawo kecik”, sawo kecik sendiri mengandung makna “sarwo becik” yang memiliki arti “selalu baik”. Sehingga jika bersanding dengan argumen kesinambungan yang sebelumnya, maka akan memperoleh kesimpulan bahwa orang yang selalu baik adalah mereka yang senantiasa menegakkan salat dan ibadahnya untuk berjuang di jalan Allah menuju ridhaNya.
Penggunaan pohon sawo sebagai isyarat perlawanan menghadapi penjajah, juga sebagai bukti jaringan laskar PD yang luas dan terdiri dari berbagai kalangan. Baik berupa pasukan militer, juga pasukan yang terdiri dari ulama dan kiyai yang turut serta berjuang melalui sektor pendidikan. Dengan begitu, kehidupan manusia tidak bisa lepas dari pegggunaan simbol dalam hidup keseharian kita. Wallahu a’lam bi al-shawab. []