Senin, 1 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Penghayat Sapta Darma

    Iman (Re)resik: Refleksi TAB VI dan Semangat Penghayat Sapta Darma

    Perjodohan

    Ibnu Al-Qayyim Menolak Perjodohan

    Privasi Anak

    Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital

    Menentukan Pasangan Hidup

    Islam Lindungi Hak Perempuan dalam Menentukan Pasangan Hidup

    Ayat-ayat Perceraian

    Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

    Adhal

    Adhal dalam Rumah Tangga: Kontrol Ekonomi dan Membatasi Hak Istri

    Jurnalisme Empati  

    Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  

    Adhal

    Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an

    Unity in Diversity

    Unity in Diversity: Pengalaman Belajar Keberagaman di UIII

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    Fahmina

    Marzuki Rais: Fahmina Tumbuh dari Kontrakan, Kuat di Pendidikan, Meluas Lewat Jejaring Asia

    Fahmina

    Marzuki Rais Beberkan Tantangan Advokasi dan Misi Keberagaman Fahmina

    Inklusif

    Peringati Seperempat Abad, Fahmina Kuatkan Gerakan Pendidikan Inklusif

    Demokrasi

    Kelas Diskusi Islam & Demokrasi Fahmina Soroti Rapuhnya Demokrasi dan Pengalaman Diskriminasi Kelompok Minoritas

    Kekerasan Seksual

    Kelas Diskusi Islam dan Gender Fahmina Ungkap Masalah Laten Kekerasan Seksual dan Perkawinan Anak

    Fahmina yang

    Fahmina Luncurkan Buku “Bergerak untuk Peradaban Berkeadilan” di Harlah ke-25

    25 Tahun Fahmina

    Fahmina Akan Gelar Peringatan 25 Tahun, Ini Rangkaian Acaranya

    P2GP

    P2GP Harus Diakhiri: KUPI Minta Negara Serius Libatkan Ulama Perempuan dalam Setiap Kebijakan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Penghayat Sapta Darma

    Iman (Re)resik: Refleksi TAB VI dan Semangat Penghayat Sapta Darma

    Perjodohan

    Ibnu Al-Qayyim Menolak Perjodohan

    Privasi Anak

    Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital

    Menentukan Pasangan Hidup

    Islam Lindungi Hak Perempuan dalam Menentukan Pasangan Hidup

    Ayat-ayat Perceraian

    Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

    Adhal

    Adhal dalam Rumah Tangga: Kontrol Ekonomi dan Membatasi Hak Istri

    Jurnalisme Empati  

    Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  

    Adhal

    Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an

    Unity in Diversity

    Unity in Diversity: Pengalaman Belajar Keberagaman di UIII

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Film

Film Pendek Memanusiakan Difabel: Sudahkah Inklusif?

Melalui perspektif KUPI, upaya membangun kesadaran akan hak-hak difabel tidak hanya berhenti kepada teman difabel saja.

Sofia Ainun Nafis Sofia Ainun Nafis
7 Mei 2025
in Film
0
Film Pendek Memanusiakan Difabel

Film Pendek Memanusiakan Difabel

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ketika membuka aplikasi Youtube untuk menonton sebuah podcast, tiba-tiba ada film pendek bertajuk Memanusiakan Difabel muncul di beranda saya dari channel Dinas Kesehatan DIY. Barangkali karena efek mengaktifkan fitur lokasi, algoritma membawa saya pada film pendek ini.

Film Pendek Memanusiakan Difabel ini ber-setting di sebuah desa. Mengisahkan perempuan muda, seorang difabel fisik bernama Vita, tidak dijelaskan apa ragam difabelnya tetapi ia menggunakan kursi roda.

Tentang Film Pendek Memanusiakan Difabel

Di awal film, adegan memperlihatkan ketika dia diantar oleh kakak laki-lakinya yang bernama Kun untuk berangkat menuju sanggar tari. Terpancar semangat penuh serta optimisme di wajahnya.

Lalu datanglah seorang bapak-bapak yang menegur sapa mereka berdua. Bertanya akan pergi ke mana. Ketika mendapat jawaban akan berangkat ke sanggar tari untuk latihan menari, bapak tersebut terperanjat dan memasang muka meremehkan. Berbicara ketidakmungkinan seorang difabel fisik untuk bisa menari.

Tidak lama kemudian datang dua orang ibu yang hendak berbelanja. Sama seperti bapak-bapak tadi, kedua ibu ini juga memasang muka kaget dan diikuti mimik sinis serta meremehkan ketika mendengar Vita akan berlatih menari. Lain halnya dengan aktor yang dipanggil Bu Bidan dan Mas Satria di film ini yang menilai positif niat menari sebagai aktualisasi diri serta hak manusia tanpa terkecuali.

Selepas berbelanja, kedua ibu yang sempat bertemu Vita dan Kun di jalan tadi melanjutkan pembicaraan mengenai penyandang disabilitas yang memiliki keinginan menari. Menurut mereka, jika Vita tetap bercita-cita untuk menjadi penari hal itu akan menyusahkan pelatihnya.

Karena harus melatih penyandang disabilitas fisik yang duduk di atas kursi roda. Mereka juga menilai akan rentan terjadi bullying di sanggar tari. Bagi mereka berdua, orangtua Vita telah salah langkah memberikan kebebasan memilih kegiatan yang berpotensi memberdayakan diri.

Toxic Positivity

Karena sering mendengar lontaran kalimat negatif dari orang di sekitar, Vita berpikir dirinya yang difabel memang tidak pantas menari. Yang awalnya ceria dan semangat, Vita berubah menjadi murung dan semangatnya sirna.

Keluarganya meminta Bu Bidan untuk memberikan motivasi agar Vita kembali bersemangat mencapai cita-cita sebagai penari. Bu Bidan mengucapkan kata-kata semangat, optimisme, serta di balik kekurangan ada kelebihan. Namun, dalam konteks ini kalimat-kalimat tersebut malah masuk dalam toxic positivity.

“Vita, kamu jangan patah semangat dan berkecil hati seperti ini”

“Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing”

“Jika kamu yakin mampu melakukan tarian yang kamu inginkan, kamu harus optimis”

Toxic positivity adalah upaya menyangkal emosi negatif dengan memaksa untuk selalu berpikir dan bertindak positif, bahkan ketika menghadapi situasi sulit sekalipun.

Fitri Husaibatul Khairat, seorang dosen Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Institut Daarul Qur’an menjelaskan bahwa sikap mengajak orang berpikir positif sehingga tidak realistis justru menjadi racun dan palsu.

Ia menjelaskan bahwa menurut psikoterapis Amerika, Jennifer Howard, nasihat yang memiliki tujuan untuk berpikir positif justru akan membuat orang merasa takut, sedih, sakit serta merasa sendiri.

Kalimat positif yang mendorong untuk melupakan hal menyakitkan secara tidak sadar malah membuat emosi negatif terpendam dalam alam bawah sadar. Jika seseorang secara terus menerus mengalami hal ini, dampak bisa mempengaruhi kondisi psikisnya.

Sikap Bu Bidan yang terkesan “memaksa” atau “mendesak” Vita agar tetap optimis ketika jatuh di titik rendah akhirnya malah menjadi racun. Alih-alih berusaha memvalidasi emosi negatif Vita, dia terus melontarkan kalimat-kalimat agar Vita berpikir positif. Bu Bidan, dalam hal ini tidak memunculkan suara Vita sebagai pihak yang termarjinalkan. ia malah membungkam suara Vita dengan mendorong untuk memendam hal yang membuatnya sakit.

Bagaimana Perspektif KUPI?

Solusi menekan emosi negatif dengan kalimat-kalimat positif yang dilakukan Bu Bidan tentu tidak berpihak pada Vita. Seolah kesadaran akan hak difabel hanya berhenti pada Vita saja. Padahal penyebab keterpurukan Vita, atau bahkan teman difabel secara umum adalah faktor eksternal.

Bu Bidan yang menjadi salah satu pihak yang memiliki power dalam film ini, sepatutnya tidak hanya berkutat pada kalimat penyemangat. Tetapi mencoba mendengarkan dan memahami apa keinginan Vita. selain itu meluaskan kesadaran hak-hak disabilitas kepada masyarakat.

Melalui perspektif KUPI, upaya membangun kesadaran akan hak-hak difabel tidak hanya berhenti kepada teman difabel saja. Tetapi sosialisasi kesadaran ini harus sampai kepada masyarakat secara luas. Berangkat dari tiga prinsip KUPI, yaitu martabah, adalah¸dan maslahah cita-cita ekosistem inklusif sedikit demi sedikit akan terbangun.

Dalam konteks film pendek ini, pengetahuan tentang pemenuhan hak-hak disabilitas juga harus sampai pada tetangga-tetangga Vita yang mengolok bahwa dia tidak mampu menari, bahkan membebani pelatih. Namun, pada kenyataannya, produksi film pendek yang bertujuan membangun narasi inklusivitas ternyata masih belum menggambarkan kesetaraan yang menjadi impian bersama. []

 

Tags: AksesibilitasFilm IndonesiaFilm Pendek Memanusiakan DifabelIsu DisabilitasReview Film
Sofia Ainun Nafis

Sofia Ainun Nafis

Terkait Posts

Jurnalisme Empati  
Publik

Disabilitas, Bencana Alam, dan Jurnalisme Empati  

1 Desember 2025
Fiqh al-Murunah
Publik

Disabilitas sebagai Subaltern: Menimbang Fiqh al-Murūnah

28 November 2025
Film Pangku
Film

Eksotisasi Kemiskinan: Mengurai Visualisasi Perempuan Slum dalam Film Pangku

23 November 2025
Stigma bagi Penyandang Disabilitas
Publik

Hak Bebas dari Stigma Bagi Penyandang Disabilitas: Refleksi Qs. ‘Abasa

22 November 2025
Pemberdayaan disabilitas
Publik

Revolusi Regulasi untuk Pemberdayaan Disabilitas

22 November 2025
Film Kopi Pangku
Film

Film Kopi Pangku: Memberi Kehidupan di Tengah Lapisan Kerentanan

21 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Adhal

    Adhal: Kekerasan Terhadap Perempuan yang Dilarang Al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Unity in Diversity: Pengalaman Belajar Keberagaman di UIII

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Iman (Re)resik: Refleksi TAB VI dan Semangat Penghayat Sapta Darma
  • Ibnu Al-Qayyim Menolak Perjodohan
  • Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital
  • Islam Lindungi Hak Perempuan dalam Menentukan Pasangan Hidup
  • Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID