Mubadalah.id – Sebelum mengajar di sekolah saat ini, saya pernah punya pengalaman mengajar di dua sekolah Islam. Kedua sekolah itu menganut aliran atau mahzab yang berbeda. Namun, keduanya memiliki kesamaan, mayoritas pengajar dan peserta didiknya berasal dari golongan yang sama.
Memang, terselip sedikit sekali golongan lain dalam sekolah tersebut. Golongan kecil itu tentu saja tidak eksis dan lebih memilih tidak menonjolkan dirinya. Bahkan ada yang memilih menutupi identitas aslinya. Contohnya saya sendiri. Kebetulan saat itu saya adalah golongan kecil di antara samudera golongan lain yang ada di sekolah tersebut.
Demikian juga siswa-siswanya, hampir semua siswa berasal golongan yang sama. Mungkin hanya ada satu atau dua orang siswa sekelas yang berbeda golongan. Mereka memilih menutupi identitasnya. Kadang saat anak-anak bercanda di kelas, mereka terkesan menertawakan golongan lain yang tak sesuai dengan paham yang mereka anut.
Misalnya mereka membicarakan cara beribadah, tokoh ulamanya, bahkan organisasi non politik yang dimiliki golongan lain sebagai bahan candaan. Tentu saja golongan yang saya anut tak lepas dari guyonan mereka di kelas.
Sekolah-sekolah Islam itu saya akui memang bagus. Hampir semua sekolah Islam yang besar dan favorit berhasil membekali anak didiknya dengan akhlakul karimah dan teladan yang baik. Saya benar-benar menjumpai siswa sekelas kompak tak ada yang mau mencontek atau berbuat kecurangan dalam bentuk apapun saat ujian. Bahkan meskipun pengawasnya meninggalkan ruangan.
Membangun Kedekatan Guru dan Murid
Kedekatan yang terbangun antara guru dan muridnya tampak lebih terbangun daripada di sekolah umum. Hubungan antara wali murid dengan para guru juga terbilang lumayan bagus. Tentunya yang sangat perlu kita apresiasi adalah pembiasaan sallat berjamaah dan rangkaian ibadah lain.
Hal itu lebih mudah dilakukan di sekolah-sekolah Islam seperti itu. Sebab dari awal, kualitas muridnya juga sudah jelas. Jelas-jelas berasal dari golongan yang sama dan memiliki kadar ketakwaan yang hampir mirip. Berada di lingkungan yang hampir seragam dengan tujuan yang sama juga memudahkan mereka untuk memiliki kontrol diri yang baik. Bersama orang—orang yang punya semangat yang sama dalam menjalankan perintah agama jadi pemantik yang tak tergantikan.
Tentu lain halnya dengan sekolah-sekolah negeri atau sekolah umum. Ada banyak ragam karakter, latar belakang, dan pandangan hidup yang ada di dalamnya. Hal itu telah terpatri sejak sebelum murid-murid masuk ke sekolah tersebut. Kadar ketakwaannya juga tampak jelas perbedaannya. Sehingga tentu saja murid-murid di sekolah umum tampak tak seagamis murid-murid di sekolah-sekolah Islam.
Tidak Terbiasa dengan Keberagaman
Namun, ada satu hal penting yang terlewat dari sistem pendidikan sekolah Islam. Bayangkan saja, seorang pelajar sekolah Islam menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh bersama kawan-kawan yang seragam. Selama waktu itu, mereka tumbuh dalam lingkungan yang diisi kawan yang berasal dari golongan yang sama, memiliki cara beribadah yang sama, paham yang sama, serta kadar ketakwaannya yang juga hampir sama.
Apalagi jika selama itu mereka tak sempat berbaur dengan anak-anak di luar sekolah, serta tak sempat belajar jika ada yang berbeda dengan sudut pandang dirinya dan kelompoknya. Mungkin orang tuanya atau guru-gurunya tak membuka ruang diskusi tentang hal itu. Mereka hanya tahu bahwa Islam yang terbaik adalah yang seperti golongannya, yang diajarkan oleh para ustad/ustadzahnya, yang sesuai bimbingan tokoh ulamanya.
Mereka tak terbiasa menerima ada pemeluk Islam lain yang berasal dari golongan yang berbeda dengan dirinya. Sudut pandangnya berbeda, cara ibadahnya pun juga akan sedikit berbeda. Mereka akan merasa tak terima. Menurut pandangan mereka Islam tak seperti itu. Mereka merasa terancam sebab ada yang berbeda cara berpikirnya. Ya, mereka jadi tak terbiasa dengan perbedaan.
Padahal perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Jika sudah begini, gimana jadinya? Ya, tentu saja para alumni sekolah Islam itu hanya mau berkumpul dengan kawan yang sepemahaman dengan mereka. Mereka ingin tetap mempertahankan eksistensi sudut pandangnya dengan membatasi pergaulannya.
Waspada Fanatisme Beragama
Mereka tak ingin ada orang lain yang menyenggol sedikit saja prinsip yang tertanam begitu kuat di dalam dirinya. Mereka tak perlu repot-repot bertanya-tanya atau menjawab pertanyaan kawan dari golongan lain.
Ketika kuliah nanti beberapa anak akan memilih melanjutkan kuliah di kampus atau ma’had yang identik dengan golongannya. Ada pula yang memilih untuk kuliah di kampus umum. Namun, biasanya mereka akan memilih bergabung dengan organisasi yang menampung golongan yang berpandangan sama. Sehingga lagi-lagi mereka akan gagal mengenali perbedaan sudut pandang dari golongan lain.
Maka, dengan demikian pengagungan terhadap paham yang mereka anut akan kian besar. Bahkan pada titik yang sangat mengkhawatirkan, hal itu dapat berujung pada fanatisme beragama. Pada titik itulah, mereka pikir hanya golongan mereka lah yang paling benar. Semua sudut pandang yang datang selain dari golongan mereka adalah salah.
Bisa saja, para alumni sekolah Islam tersebut ketika mereka dewasa nanti akan jadi fanatik dalam beragama. Parahnya lagi jika mereka juga hobi menjelekkan golongan lain yang berseberangan adalah pandangan kelompoknya. Jika hal itu terus terjadi, efek domino yang muncul akan semakin parah. Akan semakin banyak orang yang merasa hanya dirinya dan golongannyalah satu-satunya yang paling benar. []