• Login
  • Register
Sabtu, 30 September 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Kisah Ratu Safiatuddin Didukung Ulama Aceh

Nuruddin Ar-Raniri (w. 1658 M) dan Abdurrauf As-Sinkil (1615 – 1693 M) adalah dua ulama besar dan kharismatis dari Aceh yang memiliki pengaruh besar di kepulauan Nusantara di masanya. Beliau berdua adalah orang yang bertanggung-jawab terhadap pengangkatan sejumlah pemimpin Kesultanan Aceh, termasuk Sultanah Tajul 'Alam Safiatuddin Syah. 

Mubadalah Mubadalah
14/09/2016
in Figur
0
Ratu Safiatuddin

sumber gambar: pixabay

42
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Nuruddin Ar-Raniri (w. 1658 M) dan Abdurrauf As-Sinkil (1615 – 1693 M) adalah dua ulama besar dan kharismatis dari Aceh yang memiliki pengaruh besar di kepulauan Nusantara di masanya. Beliau berdua adalah orang yang bertanggung-jawab terhadap pengangkatan sejumlah pemimpin Kesultanan Aceh, termasuk Sultanah Tajul ‘Alam Safiatuddin Syah.

Ketika Sultan Iskandar Tsani (pengganti Sultan Iskandar Muda) meninggal, terjadi kericuhan dalam mencari penggantinya. Satu-satunya keturunan Sultan Iskandar Muda dan yang berhak mewarisi tahta adalah istri dari Sultan Iskandar Tsani yaitu Sultanah Tajul Alam Safiatuddin Syah.

Daftar Isi

    • Penolakan Ulama Terhadap Kepemimpinan Sultanah Safiatuddin
  • Baca Juga:
  • Refleksi Tadarus Subuh: Banyak Perempuan Masa Nabi Saw Ikut Bela Negara
  • Melawan Catcalling dengan Elegansi ala Ning Sheila Hasina
  • Narasi Kemandirian Politik Perempuan dalam Al-Qur’an
  • Kawin Tangkap Adat Sumba dalam Lensa Keislaman

Penolakan Ulama Terhadap Kepemimpinan Sultanah Safiatuddin

Sebagian ulama berkeras hati menolak Sultanah Saifuddin sebagai sultan. Mereka  berpendapat bahwa perempuan menjadi pemimpin adalah menyalahi kodrat dan hal ini tidak diperbolehkan dalam agama. Sebagian ulama lain berpendapat bahwa perempuan boleh menjadi pemimpin dengan alasan bahwa perempuan hanya dilarang menjadi imam dalam shalat sedangkan untuk menjadi pemimpin urusan dunia. Nuruddin Ar-Raniri mendukung kepemimpinan perempuan dan menolak argumen ulama yang kontra. Sehingga Ratu Safiatuddin kemudian diangkat menjadi Sultanah Kerajaan Aceh Darussalam.

Ratu Safiatuddin sangat gemar terhadap ilmu pengetahuan dan sastra. Ketika berumur 7 tahun, ia sering belajar kepada para ulama besar seperti Hamzah Fansuri, Syekh Nuruddin Ar-Raniri, Syekh Kamaluddin dan lainnya. Karena latar belakang pendidikaannya yang sangat baik, Sultanah Safiatuddin memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pengembangan penelitian dan ilmu pengetahuan.

Safiatuddin juga melakukan pembangunan terhadap pertahanan militer dengan membentuk pasukan khusus wanita yang bertugas mengawal istana sekaligus sebagai pasukan elite kerajaan terhadap keamanan kerajaan Aceh Darussalam. Ia juga biasa memeriksa dan mengontrol pasukan khusus dengan menunggang kuda.

Baca Juga:

Refleksi Tadarus Subuh: Banyak Perempuan Masa Nabi Saw Ikut Bela Negara

Melawan Catcalling dengan Elegansi ala Ning Sheila Hasina

Narasi Kemandirian Politik Perempuan dalam Al-Qur’an

Kawin Tangkap Adat Sumba dalam Lensa Keislaman

Untuk urusan sosial, ia membangun perumahan untuk para janda akibat peperangan dan menyantuni anak-anak merek. Untuk itu mereka dibangunkan sebuah kota yang terkenal dengan nama Kota Inong Balee di Krueng Raja yang pembangunannya dibiayai dengan uang kerajaan dan zakat. Kota ini dijaga ketat pasukan agar para janda dan anak-anak korban perang dapat hidup dengan aman dan layak dengan diberikan tunjangan uang yang cukup.

Pada masa pemerintahan Ratu Safiatuddin, Aceh Darusslam mengalami puncak kejayaan dalam bidang ilmu pengetahuan. Dua orang ulama menjadi penasehat negara. Yaitu Nuruddin ar-Raniri dan Abdurrauf Singkil yang bergelar Teungku Syiah Kuala. Atas permintaan Ratu, Nuruddin menulis buku berjudul Hidayatul Imam yang ditujukan bagi kepentingan rakyat umum, dan atas permintaan Ratu pula, Abdurrauf Singkil menulis buku berjudul Mir’at al-Thullab fî Tahshil Ma’rifati al-Ahkâm al-Syar’iyyah li Malik al-Wahhab, untuk menjadi pedoman bagi para qadhi dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ratu Safiatuddin bukan saja mengutamakan kesejahteraan negerinya tetapi juga berusaha menjalankan pemerintahannya sesuai dengan hukum Islam.

Penulis: Isti’anah

Tags: kerajaan acehperempuanratu acehulama perempuan
Mubadalah

Mubadalah

Portal Informasi Popular tentang relasi antara perempuan dan laki-laki yang mengarah pada kebahagiaan dan kesalingan dalam perspektif Islam.

Terkait Posts

Dukungan Kiai Sahal

Dukungan Kiai Sahal terhadap Kiprah Nyai Nafisah

22 September 2023
Mahnaz Afkhami

Perjalanan Mahnaz Afkhami dalam Advokasi Hak-Hak Perempuan

22 September 2023
Pejuang Nahdlatul Ulama

Selamat Jalan Pejuang Nahdlatul Ulama Prof Dr Sri Mulyati MA

21 September 2023
Perkembangan Budaya

Putri Ong Tien dan Perkembangan Budaya di Cirebon

18 September 2023
Nyai Hj Dlomroh Lirboyo

Nyai Hj Dlomroh Lirboyo: Bagai Sayyidah Khadijah dari Tanah Kediri

7 September 2023
Prinisp Islam Disabilitas

Prinsip Islam tentang Disabilitas Menurut KH. Afifuddin Muhajir

1 September 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Al-Qur'an Poligami

    Al-Qur’an Menegaskan Monogami bukan Poligami

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dalil Tentang Larangan Berbuat Kerusakan di Muka Bumi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jiwa yang (Seharusnya) Bersedih: Laki-laki yang Tak Boleh Menangis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membincang Misi Sosial Profetik Nabi Muhammad SAW

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ashoka Indonesia Kembali Mengadakan Mitigasi Krisis Iklim Melalui SICI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Tidak Ada Anjuran Poligami Dalam Al-Qur’an
  • Insecurity Laki-laki dan Strategi Ketahanan Mental Keluarga
  • Tidak Ada Keutamaan Dalam Perkawinan Poligami
  • Muhammad Abduh: Jika Nafsun Wahidah adalah Adam, Maka Adam yang Mana?
  • Tidak Ada Tafsir Al-Qur’an tentang Poligami

Komentar Terbaru

  • Ainulmuafa422 pada Simple Notes: Tak Se-sederhana Kata-kata
  • Muhammad Nasruddin pada Pesan-Tren Damai: Ajarkan Anak Muda Mencintai Keberagaman
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist