• Login
  • Register
Senin, 2 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Kitab Simbur Cahaya, Kearifan Lokal dari Kota Palembang

fatmi isrotun nafisah fatmi isrotun nafisah
08/08/2020
in Figur, Publik, Rekomendasi
0
308
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Disebuah Pulau Sumatra tepatnya Sumatra Selatan di Kota Palembang sekitar abad 16 M terdapat seorang Ratu yang dikenal aktif dan cerdas, ialah Ratu Sinuhun binti Tumenggung Manco Negoro bin Pangeran Adipati Sumedang bin Pangeran Wiro Kesumo Cirebon bin Sayyid Maulana Muhammad ‘Ainul Yaqin (Sunan Giri).

Ratu Sinuhun adalah istri dari Pangeran Sido Ing Kenayan yang bergelar Ratu Sultan Jamaluddin Amangkurat IV yang memerintahkan Palembang dari tahun (1639-1650 M). Pada masa ini Kerajaan Palembang atau biasa yang disebut Pra-kesultanan sudah Islam tetapi belum memproklamirkan sebagai Kerajaan Islam dimana para penguasanya sendiri adalah keturunan Raden Fatah dan Maulana Malik Ibrahim.

Kota Palembang sendiri merupakan salah satu kota tua di Indonesia yang berdiri semenjak tahun 682 M. Leluhur Palembang menamakan Kota Palembang sebagai Pa-Lembang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan, sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air. Sedangkan menurut bahasa Melayu–Palembang, lembang atau lembeng adalah genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang digenangi air.

Kitab Simbur Cahaya menjadi kitab karangan Ratu Sinuhun yang dikarang sekitar tahun 1630an, berisi tentang perpaduan antara hukum adat yang berkembang secara lisan di pedalaman Sumatra Selatan dan ajaran Islam. Sumatra Selatan sendiri sangat kaya dengan tradisi lisan yang mencakup segala hal yang berhubungan dengan sastra, sejarah, biografi, ajaran agama, ajaran moral, filsafat, eksistensi asal-muasal suatu tempat, keberadaan dan kemunculan suatu tokoh, epos hiburan dan berbagai pengetahuan serta jenis kesenian yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom).

Secara Etimologis, Simbur Cahaya berarti “Percik Sinar”. Secara makna fungsional, Simbur Cahaya dimaksudkan sebagai cahaya atau sinar yang mana sinar itu digunakan sebagai obor atau suluh untuk menerangi jalan hidup masyarakat Sumatera Selatan. Kitab Simbur Cahaya diberlakukan untuk mengatur pranata hukum dan kelembagaan adat di Sumatra Selatan, khususnya terkait persamaan gender perempuan dan laki-laki.

Baca Juga:

Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

Mengapa dan Untuk Apa Perempuan Memakai Jilbab?

Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

Jilbab Menurut Ahli Tafsir

Kitab ini aslinya ditulis dalam bahasa melayu dengan aksara arab kuno (huruf jawi) dan terdiri dari 5 bab yaitu Adat Bujang Gadis dan Kawin, Aturan Marga, Aturan Dusun dan Berladang, Aturan Kaum, Adat Perhukuman. Kehadiran kitab Simbur Cahaya adalah bukti konkret bahwa kearifan lokal telah dikembangkan sedemikian rupa oleh Ratu Sinuhun.

Sumatra Selatan tentu sangat beruntung, karena memiliki kearifan lokal (lokal wisdom) dari Undang-undang Simbur Cahaya. Eksistensi aturan yang sudah menjadi sistem peradatan yang kemudian dikenal dengan peradatan Simbur Cahaya tentu merupakan gagasan besar dalam bentuk aturan yang sudah dipraktikkan cukup lama di Sumatra Selatan. Naskah undang-undang Simbur Cahaya merupakan hasanah yang sangat menarik untuk dikaji secara lebih mendalam melalui kegiatan penelitian. Sumbangan berharga para leluhur untuk masyarakat berikutnya perlu dijaga dan dilestarikan generasi muda-mudi.
Sejatinya perjalanan sejarah Indonesia di berbagai wilayah tidak bisa diabaikan dari peranan wanita. Indonesia mempunyai tokoh-tokoh perempuan yang pernah memegang peranan penting dalam bidang politik dan pemerintahan pada masa lampau. Salah satunya Ratu Sinuhun, kita dapat belajar darinya, Ratu Agung yang dengan semangat memerintah kehidupan di Kota Palembang. Karyanya yang monumental patut dijadikan pembelajaran baik dari sisi kreatifitas, eksistensi, dan pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat.

Maka Perempuan juga harus menjadi yang terdepan dalam menulis, sebab seorang perempuan juga harus pandai, berintelektual, dan mau membaca banyak hal. Dengan membaca serta mengkaji seharusnya menjadi motivasi literasi yang luar biasa bagi perempuan. []

fatmi isrotun nafisah

fatmi isrotun nafisah

Fatmi Isrotun Nafisah adalah perempuan kelahiran Purbalingga, dan baru saja lulus dari Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo pada program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam tahun 2022

Terkait Posts

Perbedaan Feminisme

Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

2 Juni 2025
Teknologi Asistif

Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

2 Juni 2025
Akhlak Karimah

Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

2 Juni 2025
Ketuhanan

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

1 Juni 2025
Perempuan Penguasa

Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

31 Mei 2025
Disabilitas dan Seni

Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

31 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Teknologi Asistif

    Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kurban Sapi atau Kambing? Tahun Ini Masih Kurban Perasaan! Refleksi atas Perjalanan Spiritual Hari Raya Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Hijab Menurut Pandangan Ahli Fiqh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jilbab Menurut Ahli Tafsir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis
  • Mengapa dan Untuk Apa Perempuan Memakai Jilbab?
  • Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar
  • Jilbab Menurut Ahli Tafsir
  • Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID