Mubadalah.id – Jilbab secara makna ia adalah aksesori/ciri tertentu yang ditambahkan pada pakaian perempuan Arab pada saat itu. Sementara pakaian yang menutup rambut dan tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan, (kita sebut saja busana muslimah), sesungguhnya adalah pakaian sehari-hari perempuan Arab itu sendiri, terlepas dari identitas keagamaan dan kesukuannya.
Perempuan-perempuan non-muslim dari berbagai suku di Arabia juga mengenakan “busana muslimah” tersebut. Jadi ia bukan khas pakaian perempuan muslimah.
Perintah Tuhan untuk mengenakan jilbab (aksesori, ciri) tersebut untuk perempuan-perempuan merdeka agar mereka dapat kita bedakan dari perempuan-perempuan budak.
Tujuan utamanya adalah agar mereka (perempuan merdeka) tidak mudah direndahkan, dilecehkan atau diganggu oleh laki-laki “nakal”, semudah yang dilakukan terhadap perempuan budak. Pandangan ini didasarkan pada latarbelakang turunnya ayat ini.
Saya meyakini bahwa perspektif seksualitas perempuan di atas sangat sulit masyarakat muslim terima pada umumnya.
Pandangan Umum
Pandangan umum dan populer dalam masyarakat muslim terhadap seksualitas perempuan bertentangan dengan wacana ini. Karena mayoritas muslim tetap menganggap bahwa tubuh perempuan tidak boleh berkeliaran secara bebas dalam ruang publik.
Seksualitas perempuan hanya dapat ia ekspresikan dalam ruang domestik. Kalaupun mereka boleh bergerak dalam ruang publik, keberadaannya harus dalam “pengawasan” yang ketat dan dengan sejumlah syarat.
Mereka harus bersama “mahram” dan tidak dengan penampilan yang “menarik hasrat seksual”. Wacana keagamaan yang masih dipegang kuat oleh mayoritas muslim di seluruh dunia, adalah bahwa perempuan adalah “sumber fitnah”.
Ini sebuah istilah yang ingin menggambarkan bahwa perempuan adalah subyek yang dapat memicu kekacauan dan gangguan sosial. Pemaknaan ini sebenarnya telah berubah dari makna genuinnya. Yakni cobaan atau ujian untuk semua orang baik laki-laki maupun perempuan. []