Mubadalah.id.– “Menikahlah, karena orang yang terbaik dari ummat ini adalah seorang yang paling banyak perempuan (istri)-nya.” Begitulah bunyi redaksi salah satu hadis yang terekam dalam salah satu kitab hadis kenamaan, Shahih al-Bukhari.
Hadis Khayra Hadzihil Ummah Aktsaruha Nisa’ sebagai Salah Satu Landasan Poligami di Masyarakat
Penulis pernah menyimak salah satu podcast yang mengundang seorang laki-laki yang mempraktikkan poligami. Hadis di atas menjadi salah satu landasan agama yang mendasarinya berpoligami. Yakni bahwa sebaik-baik umat Nabi Muhammad Saw adalah yang banyak wanita (istri) nya.
Praktik poligami yang ia jalani pun berdasarkan pada ayat al-Qur’an, QS. Al-Nisa: 3. Lebih lanjut, ia juga menguatkan bahwa Nabi Saw dan sahabatnya pun mempraktikkan pernikahan seperti ini (poligami). Maka, menolak praktik poligami –menurutnya- berarti menolak ketentuan agama.
Terlepas dari pro-kontra mengenai praktik poligami, penulis lebih tertarik mengulas bagaimana pemahaman terhadap hadis tersebut menurut sumber syarah hadisnya.
Seluk Beluk Hadis dalam Literatur Primer Hadis dan Kehujjahannya
Redaksi lengkap hadis yang tersebut berbunyi,
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَكَمِ الْأَنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ رَقَبَةَ عَنْ طَلْحَةَ الْيَامِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ قَالَ قَالَ لِي ابْنُ عَبَّاسٍ هَلْ تَزَوَّجْتَ قُلْتُ لَا قَالَ فَتَزَوَّجْ فَإِنَّ خَيْرَ هَذِهِ الْأُمَّةِ أَكْثَرُهَا نِسَاءً
(BUKHARI – 4681) : Telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Hakam Al Anshari Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awanah dari Raqabah dari Thalhah Al Yami dari Sa’id bin Jubair ia berkata; Ibnu Abbas pernah bertanya kepadaku, “Apakah kamu sudah menikah?” aku menjawab, “belum.” Ia kemudian berkata, “Menikahlah, karena orang yang terbaik dari ummat ini adalah seorang yang paling banyak perempuan (istri) nya.”
Hadis ini juga termaktub dalam kitab Musnad Ahmad bin Hanbal nomor 1944 dan 2070. Hadis ini , baik di Shahih al-Bukhari maupun Musnad Ahmad, berada dalam sub bahasan katsratun nisā’. Dalam beberapa terjemah, banyak yang mengalihbahasakan nya dengan ‘banyak istri’.
Penerjemahan literal terhadap sub bahasan dalam kitab hadis ini kiranya juga mempengaruhi bagaimana pembaca menempatkan hadis ini sebagai bagian dari motivasi mempraktikkan poligami, menikahi banyak istri.
Berbeda dengan kedua ulama sebelumnya, Imam al-Hakim dalam Kitabnya al-Mustadrak memasukkan hadis di atas ke dalam sub bab tazawwaj, fa inna khayra hadzihil ummah ummatu Muhammad Saw. (Menikahlah, karena sesungguhnya yang terbaik dari umat ini adalah umat Nabi Muhammad Saw).
Karena termuat dalam Shahih al-Bukhari, sanad hadis ini bisa dinilai sebagai hadis shahih. Maka, hadis ini bisa kita jadikan sebagai hujjah atau landasan dalam beramal.
Pemahaman Hadis menurut Ulama Klasik
Pernyataan yang demikian sebenarnya adalah perkataan Sahabat Ibn ‘Abbas, dan bukan perkataan Nabi. Riwayat menekankan bahwa maksud perkataan ibn ‘Abbas adalah anjuran agar Sa’id bin al-Jubayr menikah.
Redaksi lain menyebutkan bahwa ibn ‘Abbas menanyakan hal ini sebanyak dua kali kepada Sa’id. Ia menanyakan, apakah kamu sudah menikah?ia menjawabnya “belum”.
Dan ketika bertemu lagi dengan Sa’id di lain kesempatan, ibn ‘Abbas mengulangi pertanyaan tersebut. Sa’id pun memberikan jawaban yang sama, bahwa ia belum juga menikah.
Dalam redaksi lengkap hadis menyebutkan bahwa perkataan tersebut disampaikan oleh Sahabat ibn ‘Abbas kepada Sahabat Sa’id bin al-Jubayr yang notabene masih tetap single, kendati ibn ‘Abbas sudah menyuruhnya untuk menikah. Jawaban Sa’id menimbulkan prasangka bahwa ia lebih suka membujang daripada menikah.
Makna Dasar Hadis
Ibn Bathal dalam kitabnya Syarh al-Bukhari li ibn Bathal (salah satu kitab syarah atas Shahih al-Bukhari) menegaskan bahwa Sahabat Ibn ‘Abbas tidaklah bermaksud menyatakan bahwa manusia terbaik di kalangan Muslimin adalah yang banyak isterinya.
Pernyataan yang ibn ‘Abbas sampaikan lebih bermaksud untuk memberikan dorongan, motivasi atau keutamaan menikah, dan meninggalkan kependetaan (ajaran untuk tidak menikah).
Ia melanjutkan, sesungguhnya Nabi Saw mengharuskan umat Islam agar menjadikan beliau sebagai panutan dan teladan dan mengikuti sunnah-sunnah-nya. Termasuk dalam hal ini, sunnah untuk menikah.
Hadis lain yang bersumber dari Nabi Saw (marfu’) menyatakan bahwa menikah merupakan salah satu sunnah Nabi Saw bagi yang sudah memiliki kemampuan (al-ba’ah) baik secara biologis, psikologis, maupun finansial.
Maka riwayat Ibn ‘Abbas bisa dikatakan marfu’ (bersumber dari Nabi) karena memiliki indikator kuat bahwa hal itu sejalan dengan apa yang Nabi sampaikan, yakni anjuran untuk menikah dan meninggalkan ajaran kependetaan (membujang). []