Mubadalah.id – Seorang guru besar di UIN Malang yakni Prof. Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag., melakukan penelitian mengenai rekonstruksi fikih perempuan dengan paradigma atau perspektif kesetaraan gender. Menurut beliau, munculnya tuntutan merekontruksi fikih perempuan karena munculnya kesadaran akan adanya pembedaan yang cenderung diskriminatif terhadap perempuan di dalam aturan-aturan yang fikih tetapkan.
Fikih-fikih klasik yang imam-imam mujtahid rumuskan, di mana keilmuan dan kesalehannya sangat tinggi. Dunia islam mengakui keluasan ilmu, kesalehan dan keikhlasan beliau-beliau dalam ijtihad. Hal itu yang menyebabkan fikih yang mereka rumuskan tetap hidup hingga sekarang.
Para imam mujtahid hidup di dalam suatu ruang, waktu dan budaya. Sedangkan fikih, sebagaimana ilmu pada umumnya, tidak terumuskan di dalam ruang hampa dan berkembang pada masa tersebut. Hal ini tidak bisa kita hindari pengaruhnya terhadap pemikiran para imam mujtahid. Adanya pengaruh tempat, waktu, budaya, bahkan motif yang menyebabkan perbedaan fikih dari para imam mujtahid menjadi hal yang biasa di dalam ilmu fikih. Tak hanya itu, fikih juga idektik dengan khilafiyyah (perbedaan).
Muazin Perempuan Menurut Fikih Klasik
Menurut Syaikh al-Islam Zakariya Al-Anshari (Pengikut setia Imam Syafi’i) menyatakan bahwa kesunahan azan dan iqamah adalah hanya bagi kaum laki-laki. Walaupun salat itu kita lakukan sendirian, dan tidak tepat di awal waktu. Secara berkelanjutan beliau mengatakan bahwa syarat dari azan dan iqamah adalah Islam, pintar, laki-laki, bukan perempuan dan tepat pada waktunya.
Para ulama Syafi’iyyah berpendapat bahwa hukum azan dan iqamah bagi perempuan adalah mubah. Dengan syarat azan dan iqamahnya tidak di hadapan laki-laki yang baligh dan berakal.
Menurut madzhab Hanafi, syarat-syarat di atas (Islam, baligh, berakal dan laki-laki) hanyalah syarat kesempurnaan. Jadi bukanlah syarat sahnya azan. Apabila salah satu dari syarat-syarat tersebut kita langgar, maka hukumnya hanyalah makruh. Tetapi ketika azan sudah terkumandangkan oleh perempuan, disunnahkan bagi kaum laki-laki (yang memenuhi syarat) untuk mengulanginya lagi. Sedangkan untuk iqamah tidak disunnahkan kita ulangi.
Ulama Malikiyyah berpendapat bahwa syarat azan haruslah laki-laki, jadi tidak ada tuntutan bagi perempuan untuk mengumandangkan azan dan iqamah.
Madzhab Hambali juga sepakat dengan Madzhab Maliki, yaitu tidak ada tuntutan bagi perempuan untuk mengumandangkan azan maupun iqamah. Beliau juga berpendapat bahwa laki-laki merupakan salah satu syarat azan dan iqamah.
Dari pendapat 4 Madzhab tersebut dapat kita simpulkan bahwa perempuan boleh azan dan iqamah untuk dir dia sendiri. Dalam jamaah perempuan jika tidak ada laki-laki, maka di sunahkan untuk azan dan iqamah. Sebagaimana Sayyidah Aisyah lakukan, ketika tidak ada seorangpun laki-laki dewasa di dalam jamaah. Beliau melakukan iqamah dan menjadi imam salat dari jamaah tersebut.
Analisis Gender Terhadap Muazin Perempuan Perspektif Fikih Klasik
Pendapat fikih klasik tentang muazin perempuan tidak diperbolehkan dengan alasan bahwa citra suara perempuan yang dianggap mengundang hawa nafsu. Anggapan yang demikian, jika ditelusuri merupakan pengaruh dari budaya Pra-Islam yang menganggap bahwa diri perempuan pada dasarnya diciptakan sabagai penggoda. Perempuan harus membaca bacaan salat dengan pelan jika didekatnya ada laki-laki. Konsep aurat dalam Islam tidak hanya sebatas bentuk jasmani perempuan, tetapi termasuk suara.
Mayoritas ulama menggunakan dalil dengan redaksi yang jelas (dhahirnya) dalam ushul fiqh. Sebenarnya, hadis-hadis tersebut bisa kita takhsis dengan nalar logis dan adat kebiasaan. Dengan demikian jika nalar kita menerima dan adat kebiasaan yang kita miliki membolehkan perempuan tampil di ruang publik, maka tidak ada halangan bagi perempuan untuk azan dan iqamah.
Namun, perempuan bisa mengambil jalan tengah tentang perbedaan pendapat, sembari mencari dasar legitimasi untuk mengaktualkan hukum tersebut, dengan mengumandangkan azan dan iqamah di dalam jamaah perempuan. Seperti yang riwayat dari Sayyidah Aisyah, bahwa beliau pernah berazan beriqamah dan menjadi Imam salat, walaupun sebatas di antara jamaah perempuan. []