Mubadalah.id – Fiqh klasik dan pandangan orang kebanyakan menganggap bahwa nafkah di dalam keluarga sepenuhnya menjadi tanggung jawab suami. Suami diwajibkan memberikan nafkahnya kepada istri dan tidak berlaku sebaliknya. Sebenarnya mencari nafkah adalah tugas siapa?
Padahal kalau kita tahu, pandangan lama tersebut tidak mutlak. Prinsip kewajiban nafkah hanya oleh laki-laki dilengkapi fiqh dengan prinsip mu’aasyarah bi al-ma’ruuf, saling berbuat baik antara suami dan istri. Prinsip fiqh ini membuka kemungkinan perempuan juga mempunyai kewajiban untuk mencari nafkah. Apalagi saat sekarang di mana perempuan mampu bekerja bahkan lebih baik dibanding laki-laki.
Nafkah adalah kewajiban bersama suami dan istri. Harta yang terkumpul dari usaha mencari nafkah selama dalam ikatan keluarga adalah milik bersama yang digunakan untuk kepentingan bersama. Tidak boleh salah atu pihak memonopoli nafkah untuk kepentingannya sendiri. Kita sering menyebut harta bersama ini dengan istilah harta gono-gini.
Karena nafkah adalah kepentingan bersama, maka jalan terbaik adalah membicarakan masalah nafkah ini (musyaawarah) agar menemukan titik temu yang sama-sama baik menurut suami dan istri.
Misalkan istri mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk mencari nafkah, maka suami akan sangat baik jika melakukan kerja-kerja domestik di dalam rumah. Namun jika kedua-duanya bekerja mencari nafkah maka harus dimusyawarahkan pilihan terbaiknya apakah berbagi peran juga di ranah domestik ataukah mencari asisten rumah tangga. Semuanya dimusyawarahkan untuk tujuan agar biduk rumah tangga semakin kokoh.
Ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara mengenai nafkah seperti dalam QS. Al-Jumu’ah [62]: 10, al-Baqarah [2]: 3, al-Baqarah [2]: 267, al-Baqarah [2]: 233 harus dimaknai secara mubadalah. Teks yang hanya ditujukan untuk laki-laki tersebut juga ditujukan pada perempuan. Artinya, baik laki-laki maupun perempuan dianjurkan Islam untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.
Sesungguhnya fenomena ini sudah terjadi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Ada perempuan yang lebih mampu mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarganya sehingga suaminya yang bekerja mengurus rumah tangga dan anak.
Ada laki-laki yang bekerja tetapi tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Sehingga istrinya ikut bekerja untuk berkontribusi dalam mencukupi kebutuhan tersebut. Urusan domestik di dalam keluarga pun dikerjakan bersama-sama berdasar kadar kemampuannya, baik waktu maupun tenaga.
Ada laki-laki yang tidak bisa mencari nafkah karena didera sakit yang berat. Dan istrinyalah yang akhirnya bekerja untuk memenuhi kebutuhan suami dan anak-anaknya secara penuh. Dan sebagainya.
Ini semua terjadi dan wajar belaka. Karena memang mencari nafkah adalah tanggung jawab bersama. Masing-masing berbagi peran, saling mengerti, saling mengisi, saling menguatkan dan mengemban anamah rumah tangga bersama-sama.
Bukankah sudah biasa dalam kehidupan sehari-hari kita di Indonesia, perempuan bekerja sama baiknya dengan laki-laki bahkan menempati posisi strategis dalam jabatan publik. Perempuan bisa dan mampu menjadi bupati, gubernur, menteri bahkan presiden. Penerimaan masyarakat terhadap hal ini juga sudah sangat baik.
Hadits di Shahih Bukhori nomor. 1498 menceritakan tentang seorang perempuan bernama Zainab yang bekerja untuk menafkahi suami dan anak-anak yatim. Nabi pun ditanya apakah Zainab mendapatkan pahala karena perbuatannya itu? Nabi pun menjawab: “Ya, dia mendapatkan dua pahala, pahala nafkah kepada pada keluarga dan pahala sedekah.”
Nabi mengapresiasi perempuan yang bekerja mencari nafkah sama dengan laki-laki yang mencari nafkah. Tidak ada beda.