Mubadalah.id – Pada beberapa kesempatan saat menjadi narasumber diskusi bersama mahasiswa, saya bertanya kepada peserta siapa saja ulama atau wali di Nusantara yang mereka ketahui. Umumnya mereka menjawab Wali Songo, KH. Hasyim Asy’ari, dan ulama laki-laki lainnya. Sangat jarang ada yang menyebutkan nama perempuan ulama.
Hal yang sama juga terjadi ketika saya bertanya seputar sejarah bangsa Indonesia secara umum. Kebanyakan dari mereka lebih akrab dengan tokoh pejuang laki-laki ketimbang perempuan. Misalnya, ketika mendengar kata dewantara, umumnya mereka hanya tahu Ki Hajar Dewantara (Suwardi Suryaningrat), dan masih sangat asing dengan sosok Nyi Hajar Dewantara (R.A. Sutartinah).
Jika membahas Perang Jawa (yang meletus pada 1825 M), mereka lebih akrab dengan sosok Pangeran Diponegoro, Kiai Mojo, Sentot, daripada Nyi Ageng Serang. Padahal, Nyi Ageng Serang juga termasuk tokoh sentral dalam perang tersebut.
Kebanyakan wawasan sejarah para peserta diskusi yang saya temui masih sering berputar dalam lingkup sosok laki-laki. Sementara, hanya sedikit sosok perempuan yang mereka ketahui.
“Kamu” bisa mengira kalau, “Itu sebab kurangnya sosok perempuan yang ‘pantas’ ditulis dalam sejarah, sehingga wajar jika yang lebih banyak diketahui orang adalah tokoh laki-laki.”
Namun saya juga dapat mengatakan kalau itu bias dari pandangan yang mengidentikkan sifat keulamaan dan kepahlawanan kepada laki-laki, dan perempuan ya cukup di dapur saja. Sehingga, tanpa sadar otak kita terprogram untuk tabu memikirkan perempuan-perempuan hebat dalam sejarah. Alhasil, kita kurang mencari dan menggali kiprah dari sosok perempuan.
Nyatanya, banyak sosok perempuan yang pantas ditulis dalam sejarah, sayangnya kita yang masih agak malas untuk mengenang (mempelajari maupun menuliskan sosok) mereka. Harus diakui kalau perempuan masih kurang diperhatikan dalam diskursus sejarah Islam Nusantara, ya termasuk juga dalam sejarah Nusantara secara umum.
Selain itu, fokus sentral kebanyakan orang dalam mengkaji sejarah masih berat sebelah pada sosok laki-laki. Misalnya, jika membahas awal mula masuknya Islam di Nusantara kebanyakan kajian menyoroti Wali Songo. Hal ini wajar saja, sebab Wali Songo memang nyata punya kiprah besar dalam Islamisasi Nusantara.
Namun yang disayangkan ketika mengkaji sosok perempuan, seperti Siti Fatimah binti Maimun, masih kurang menelusuri dan mengangkat kiprahnya dalam sejarah Islamisasi. Selama ini kajian terkait Siti Fatimah binti Maimun sebatas sebagai bukti tertua masuknya Islam di Nusantara, sebab tahun di nisannya menunjukkan 495 H atau 1082 M. Sehingga, ketika mendengar nama Siti Fatimah binti Maimun (perempuan) yang terpikir hanya batu nisan, bukan sosok penyebar Islam.
Ketika membahas wali Allah di Nusantara, wawasan kita kebanyakan berputar pada sosok keramat laki-laki, dan masih kurang akrab dengan sosok keramat perempuan sebagai wali. Kita akan mudah menerima Kiai Kholil Bangkalan sebagai wali, sebab beliau adalah sosok ulama yang keramat. Lantas, bagaimana jika Nyai Muthmainnah–keturunan Kiai Kholil Bangkalan yang saat ini termasuk pemimpin Pesantren Syaikhona Kholil–yang oleh masyarakat diyakini sebagai “nyai keramat” juga disebut wali?
Jika berat menerima, maka tanpa sadar kamu masih terjebak dalam lingkar pemikiran kalau wali Allah itu mesti laki-laki.
Beberapa historiografi Islam Nusantara yang bernuansa agak romantis Islami juga cenderung menempatkan perempuan sebagai pihak kedua. Misalnya, dalam sejarah Islam di Bolaang Mongondow, terdapat cerita pernikahan Kilingo dengan Raja Jakobus Manuel Manoppo (1833-1858). Kilingo adalah putri Imam Tueko yang merupakan pemimpin salah satu jaringan ulama dari Gorontalo yang menyebarkan Islam di Bolaang Mongondow.
Dalam hal ini, sosok Kilingo banyak dibahas saat menceritakan sejarah keislaman raja tersebut, sementara kiprahnya dalam dakwah Islam kurang mendapat sorotan. Padahal, dia juga merupakan salah satu ulama yang turut memainkan peran dalam kesuksesan dakwah jaringan ulama Gorontalo.
Statement ini bukan berarti saya mengabaikan urgensi keislaman raja (penguasa) dalam dakwah Islam di Nusantara, hanya saja perlu disadari bahwa kiprah perempuan dalam Islamisasi Nusantara tidak hanya sebatas menikah dengan raja atau elite, kan? Perempuan juga memainkan peran besar dalam Islamisasi. Sebagian sosok bahkan mengisi peran keulamaan, seperti Kilingo yang termasuk dalam anggota jaringan ulama Gorontalo.
Penulisan sejarah dan pengkajian seputar kiprah perempuan dalam sejarah Nusantara harus terus digiatkan. Hal ini bukan berarti ingin membandingkan sosok laki-laki dengan perempuan, melainkan berangkat dari kesadaran bahwa ada banyak perempuan Nusantara yang sosoknya pantas untuk dikenang dalam sejarah.
Sejarah Nusantara tidak hanya mengandung his-story (kisah laki-laki), namun juga kaya her-story (kisah perempuan). []