Mubadalah.id – Momen lebaran adalah momen yang kita tunggu sebagai perayaan hari kemenangan. Usai melewati momen satu bulan berpuasa, maka lebaran Idulfitri dimaksudkan sebagai waktu sukacita sebagai perayaan hari kemenangan. Momen ini penuh berkah sebagai momen tepat untuk membagikan harta kekayaan seseorang kepada mereka yang tidak mampu agar turut berbahagia di hari raya
Idulfitri kita maknai sebagai bentuk refleksi rasa syukur dan kegembiraan. Setiap muslim wajib berpuasa selama satu bulan pada Ramadan, kemudian harus introspeksi diri dapat kembali suci, disempurnakan dengan mengeluarkan zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kepada sesama. Lalu saling bermaafan pada keluarga, teman dan kerabat.
Idulfitri berasal dari dua kata, yaitu ‘id’ dan ‘al-fitri’. Id secara bahasa berasal dari kata ada – ya’uudu, yang artinya kembali. Sedangkan, kata al-fitri memiliki dua makna, yaitu suci dan berbuka. Suci artinya bersih dari segala dosa, kesalahan, dan keburukan. Sementara itu, makna fitri yang berarti berbuka berdasarkan hadis Rasulullah SAW, yaitu:
“Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW pergi (untuk salat) pada Hari Raya Idulfitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya.”
Tradisi Lebaran Idulfitri di Indonesia
Terkait asal usul istilah lebaran ini ternyata ada berbagai versi yang sudah ada sejak zaman dahulu. M.A. Salamun, seorang sastrawan di era 1960-an menganggap istilah lebaran berasal dari tradisi Hindu, yang artinya selesai, usai, atau habis.
Dalam hal ini menandakan bahwa habisnya masa berpuasa di bulan Ramadan. Ada pula anggapan lebaran yang berasal dari kata ‘lebar’, yang artinya luas atau lapang. Istilah ini merupakan metafora bagi umat muslim untuk saling berlapang dada dan ikhlas sehingga dianjurkan untuk saling memaafkan terhadap sesama.
Berikut ini beberapa tradisi lebaran yang identik sebagian besar umat muslim lakukan di Indonesia:
Pertama, mudik
Atau kita sebut pulang kampung menjadi tradisi lebaran orang Indonesia yang cukup fenomenal. Tradisi ini menjadi momen untuk saling bersilaturahmi antara keluarga yang sudah merantau ke berbagai daerah lalu pulang menjelas lebaran untuk berkumpul bersama keluarga.
Kedua, ketupat
Perayaan Hari Raya Idulfitri rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran ketupat dan lauk pauk lainnya. Ketupat menjadi salah satu makanan khas orang Indonesia saat lebaran tiba. Biasanya ketupat kita sajikan dengan opor, rendang, gulai, sambal goreng kentang, dan masakan khas lainnya.
Ketupat adalah beras yang kita masukkan pada janur yang sudah dianyam berbentuk ketupat, janur ini bermakna ja’a annur, sedangkan ketupat artinya lepat atau mohon maaf. Di pelosok desa ada tradisi berkirim masakan pada tetangga berupa ketupat lengkap dengan lauk pauknya.
Ketiga, malam takbiran
Tradisi lebaran selanjutnya yang identik dengan umat muslim di Indonesia yaitu malam takbiran. Biasanya takbiran kita lakukan pada malam hari menjelang Idulfitri. Di mana orang-orang akan berkeliling mengumandangkan takbir sambil menabuh bedug dengan meriah.
Keempat, ziarah ke makam
Tradisi selanjutnya yaitu ziarah atau ‘nyekar’ ke makam keluarga dan leluhur. Biasanya tradisi ini kita lakukan sehari sebelum Idul Fitri atau setelah shalat Eid. Tak jarang pula orang membawa bunga saat berziarah ke makam.
Kelima, parcel atau hampers lebaran
Berkirim hadiah sebagai salah satu tradisi Idul Fitri dengan mengirimkan parcel atau hampers, baik untuk keluarga, sahabat, atau rekan kerja yang merayakan Idul Fitri. Biasanya berisi makanan ringan atau jajan untuk disajikan di hidangan lebaran, terkadang berisi alat salat, atau pernak-pernik lebaran seperti toples, kue lebaran, pakaian, dst.
Keenam, THR
Tradisi lebaran lainnya yang identik di Indonesia yaitu salam tempel pada tamu atau anggota keluarga. Membagikan amplop berisi sejumlah uang kepada saudara yang masih kecil. THR menjadi tradisi yang ditunggu oleh anak-anak saat Idulfiitri tiba.
Ketujuh, Halal bi halal dan reuni keluarga
Yaitu silaturahmi dari satu rumah ke rumah lainnya. Biasanya kegiatan silaturahmi atau halal bi halal dilakukan di hari pertama dan kedua di bulan Syawal.
Adapun reuni adalah berkumpulnya keluarga besar supaya memudahkan silaturahmi, efisiensi waktu karena jika berkunjung antar keluarga cukup memakan waktu. Keduanya merupakan momen bertemu keluarga, sahabat, atau tetangga untuk saling memaafkan dan merayakan hari raya.
Perintah Menjaga Lisan
Tradisi bertemu kerabat memang menyenangkan, namun ada hal ini rentan akan bergunjing di tiap pertemuan. Berawal dari menanyakan kabar, saling sapa untuk mengakrabkan diri bersama sanak saudara, rentan muncul kalimat menggunjingkan orang lain. Di sisi lain, kalimat basa-basi bisa menjadi persoalan sakit hati bagi sebagian orang dalam melakukan percakapan.
Beberapa tayangan di Tik Tok menyebutkan para orang dewasa yang tak kunjung menikah karena belum bertemu calon pasangan yang pas, lebaran bagi merek amenjadi momok menakutkan. Mereka lebih memiliki untuk menyibukkan diri masuk kerja, menjaga SPBU atau pelayanan kasir minimarket. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua orang bisa menerima pertanyaan basa-basi yang memunculkan rasa tersinggung.
Pertanyaan, “kapan menikah?” pada orang yang sudah usia kepala tiga, “kapan punya anak?” pada pejuang garis dua, adalah contoh kalimat yang bisa memancing rasa tidak nyaman bagi sebagian orang. Kalimat basa-basi yang sejatinya untuk memulai percakapan dan tidak ada niatan memancing keributan.
Al-Qur’an
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَقُولُواْ قَوۡلٗا سَدِيدٗا يُصۡلِحۡ لَكُمۡ أَعۡمَٰلَكُمۡ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۗ وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدۡ فَازَ فَوۡزًا عَظِيمًا [ الأحزاب:70-71]
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenengan yang besar” [Al-Ahzab : 70-71].
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ
أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka itu adalah dosa. Janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah kamu sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati ? Tentu kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” [Al-Hujurat : 12].
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk disebelah kanan dan yang lain duduk disebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” [Qaf : 16-18] .
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا
Artinya: “Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesunguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata” [Al-Ahzab : 58].
Kenyamanan di Hari Lebaran
Kita harus paham, bahwa tidak semua pertanyaan itu mendatangkan kenyamanan pada lawan bicara. Kita tidak bisa menuntut orang lain tidak mudah baper atau jangan mudah tersinggung. Namun sebaiknya, kita mengontrol apa yang keluar dari lisan kita. Supaya momen lebaran benar-benar mendatangkan kenyamanan bagi siapa saja.
Sebuah hadist mengatakan, “Salamatul insan fi hifdzil lisan. Selamatnya manusia jika dia pandai menjaga lisannya.” Untuk itu, hendaknya kita senantiasa menjaga lisan dan jangan sampai merugikan orang lain melalui sebuah ucapan.
Nabi Muhammad SAW bersabda, “Fal yaqul khairan au liyasmut, Hendaklah berkata yang baik atau sebaiknya diam.” []