Mubadalah.id – Islam adalah agama rahmah li al-‘alamin (QS. al-Anbiya (21): 107) dan akhlak karimah (QS. al-Qalam (68): 4) sebagaimana juga diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Karena Hadis merupakan catatan dari kehidupan Rasulullah Saw. Maka upaya pemaknaan teks-teks Hadis harus mampu memunculkan kedua visi Islam ini. Ia harus menggerakkan umat Islam agar mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Suatu teks Hadis bisa jadi bersifat parsial dan kasuistik. Sehingga kita perlukan upaya pemaknaan yang membuatnya terintegrasi dan tidak keluar dari visi kerahmatan dan akhlak mulia.
Dalam metode mubadalah, kedua visi Islam ini menempatkan laki-laki dan perempuan sebagai subjek utuh yang setara. Perempuan tidak lebih penting dari laki-laki, atau sebaliknya, dalam hal memperloleh kerahmatan atau melakukan akhlak mulia.
Keduanya adalah sama-sama penting untuk melakukan dan memperoleh kebaikan kedua visi tersebut. Menemukan makna yang integral dengan visi kerahmatan dan akhlak mulia adalah kerja utama dari metode mubadalah.
Secara umum, kerja metode mubadalah adalah mengungkap pesan utama dari suatu teks, baik yang berbentuk umum. Tetapi bias salah satu jenis kelamin atau yang khusus laki-laki (mudzakkar) di mana perempuan tidak disapa, maupun khusus perempuan (muannats) dan laki-laki belum disapa.
Sehingga pesan utama teks tersebut kemudian bisa kita aplikasikan kepada dua jenis kelamin. Laki-laki dan perempuan, dengan metode mubadalah, menyapa teks dan menjadi subjek pembicaraan yang setara di dalamnya.
Premis-premis Metode Mubadalah
Metode mubadalah ini didasarkan pada tiga premis dasar: pertama, Islam hadir untuk laki-laki dan perempuan. Sehingga teks-teksnya juga harus menyasar keduanya.
Kedua, prinsip relasi antara keduanya adalah kerja sama dan kesalingan, bukan hegemoni dan kekuasaan. Ketiga, teks-teks Islam terbuka untuk dimaknai ulang untuk memungkinkan kedua premis sebelumnya tecermin dalam setiap interpretasi.
Berpijak pada tiga premis dasar ini, kerja metode mubadalah berproses untuk menemukan gagasan utama dari setiap teks yang kita baca agar selalu selaras dengan prinsip Islam yang universal dan berlaku bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.
Kaidah Islam itu sesuai dan cocok untuk kebutuhan zaman apa pun dan di tempat mana pun (al-Islam shalih li kulli zaman wa makan). Juga berarti bahwa Islam sesuai dan memenuhi kebutuhan laki-laki dan perempuan (al-Islam shalih li talbiyat hajat al-rijal wa mutathallabat al-nisa). []