• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Nabi Muhammad SAW adalah Sang Pembela Perempuan

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang begitu mencintai seluruh ciptaan Allah terkhusus manusia yang di dalamnya, tidak hanya menunjuk kepada manusia laki-laki, tetapi juga kepada manusia perempuan

Ainun Jamilah Ainun Jamilah
09/09/2021
in Personal, Rekomendasi
0
Perempuan

Perempuan

302
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam launching buku “Perempuan (Bukan) Sumber Fitnah” karya KH. Faqihuddin Abdul Kodir yang digelar secara virtual atas kerjasama tim mubadalah.id dan afkaruna.id, ada satu kalimat yang terus terngiang-ngiang dari salah satu pembicara yang memberikan sambutan apresiasi atas buku ini, yaitu Ibu Lies Marcoes. Ia hadir sebagai salah satu tokoh senior yang terus konsisten membela hak dan kesetaraan perempuan di Indonesia sudah sangat dikenal oleh khalayak ramai, terkhusus bagi para aktivis maupun penikmat dari pikiran-pikiran beliau.

Saya pribadi begitu tersentuh dengan kata sambutan yang dibawakan oleh beliau. Lies Marcoes mengawali sambutannya dengan mengajak jama’ah zoomiyah untuk sejenak mengingat satu lagu populer yang setiap kali ramadan menjadi salah satu lagu yang banyak didengar yaitu lagu berjudul “Rindu Rasul” karya Bimbo. Dengan syahdu Lies Marcoes melantunkan lagu tersebut “Cinta ikhlasmu pada manusia, bagaikan cahaya suarga.. Dapatkah kami membalas cintamu, secara bersahaja.”

Lagu ini mengingatkan kita bahwa betapa Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang begitu mencintai seluruh ciptaan Allah terkhusus manusia yang di dalamnya, tidak hanya menunjuk kepada manusia laki-laki, tetapi juga kepada manusia perempuan. Bahwa sangat tidak tepat ketika hadis-hadis yang berkembang dan semakin populer akhir-akhir ini begitu terang mencitrakan Nabi seolah-olah sebagai sosok yang memarginalkan kaum perempuan.

Tentunya sebagai salah satu manusia yang mengimani kenabian Muhammad SAW, terlebih khusus sifat kasih sayang beliau yang diperjelas dengan tujuan pengutusan beliau sebagai rahmat bagi seluruh alam, tentunya menegaskan bahwa sangat tidak mungkin sosok seperti Nabi Muhammad SAW memiliki niatan untuk memarginalisasi kaum perempuan yang telah ia bela mati-matian.

Hal ini dapat dibuktikan dengan riwayat-riwayat yang menggambarkan bagaimana Nabi Muhammad SAW hadir sebagai sosok yang menentang keras terjadinya penguburan hidup-hidup bagi setiap bayi perempuan yang dilahirkan di Makkah ketika itu. Contoh besar ketika ia kemudian ditakdirkan oleh Allah Swt untuk memiliki anak yang kebanyakan adalah perempuan.

Baca Juga:

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Qiyas Sering Dijadikan Dasar Pelarangan Perempuan Menjadi Pemimpin

Membantah Ijma’ yang Melarang Perempuan Jadi Pemimpin

Tafsir Hadits Perempuan Tidak Boleh Jadi Pemimpin Negara

Bisa dibayangkan bagaimana beliau menentang budaya jahiliyah itu dengan mencontohkan ataupun mempraktikkan langsung hal sebaliknya di mana ia begitu menyayangi putri-putrinya dan memenuhi hak dan tanggung jawabnya sebagai orang tua untuk membesarkan mereka dengan baik sebagaimana orang tua – orang tua di masa itu, yang membesarkan putra-putranya dengan baik.

Hal yang tidak kalah menarik, yaitu ketika turun ayat tentang pembatasan kepemilikan maupun objektifikasi perempuan yang bisa diperistri sekian banyak (dikoleksi) layaknya sebuah benda. Sehingga dengan adanya ayat tersebut, maka Nabi Muhammad SAW, kemudian mendakwahkan ayat ini sebagai bentuk pembatasan terhadap kepemilikan istri sekaligus menegaskan derajat perempuan sebagai manusia yang setara layaknya laki-laki. Di mana, ketika itu seorang lelaki diperbolehkan memperistri lebih dari 5 bahkan sampai puluhan juga ratusan istri.

Melalui ayat ini, kebiasaan beristri banyak itu akhirnya dibatasi bahkan secara tidak langsung melarang atau menentang praktik tersebut dengan membatasi hanya sampai 4 orang istri saja bagi seorang suami, tentu dengan berbagai persyaratan yang bisa dibilang sangat tidak mudah untuk dilakukan bahkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri.

Persyaratan itu antara lain: seorang perempuan yang diperistri adalah seorang yatim piatu, janda-janda tua yang papa, yang sudah tidak mampu menghidupi dirinya karena usia renta atau tidak memiliki keluarga sebagai pelindungnya sehingga rawan untuk menjadi korban kekerasan. Dan satu syarat yang semakin memberatkan seorang laki-laki muslim untuk berpoligami, yaitu harus berlaku adil terhadap semua perempuan yang diperistrinya.

Dan dilanjutkan di ayat yang lain bahwa sekali-kali manusia tidak akan mampu berbuat adil sekalipun ia sangat menginginkannya. Hal ini ditegaskan bukan oleh Nabi Muhammad SAW, melainkan oleh Allah Swt sendiri dalam firman-Nya. Kemudian dipertegas kembali oleh Nabi Muhammad SAW ketika ia mengatakan kepada Aisyah bahwa hatinya tetaplah milik Khadijah seorang. Bahkan ketika Khadijah telah wafat. Karena sungguh kecondongan hati memang hanya kepada satu orang saja. Sedang kepada yang lainnya Nabi berusaha untuk terus berlaku adil kepada mereka.

Berangkat dari berbagai fakta sejarah ini yang pada akhirnya membuat saya menyadari betapa tidak mungkinnya sosok mulia yang penuh kasih kepada semua manusia sanggup untuk melontarkan hadis-hadis yang memang bertujuan untuk memarginalkan kaum perempuan. Saya percaya bahwa dalam hadis-hadis yang terkesan pada teksnya (parsial) seolah meminggirkan kaum perempuan, tetapi ketika didekati dari segi konteks dan pendekatan historis dari hadis tersebut maka bisa dilihat secara menyeluruh (universal), bahwa Nabi Muhammad SAW sama sekali tidak bermaksud, dan tidak memiliki niatan sedikitpun untuk merendahkan kaum perempuan melalui larangan-larangan maupun pernyataan-pernyataan yang terkesan misoginis.

Boleh jadi pendekatan kita terhadap hadis-hadis Nabi lah yang cenderung parsial yang akhirnya banyak dari sabda Nabi yang disalah pahami, terlebih ketika yang meneliti hadis tersebut memang memiliki kecenderungan yang misoginis dan patriarkis. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak dari ulama yang memang hidup di zaman yang sangat patriarkal sehingga hal tersebut mempengaruhi cara pandangnya terhadap satu persoalan, yang kemudian dengan perspektif itu ia mendekati hadis-hadis Nabi, yang akhirnya ditafsirkan sesuai dengan latar belakang dan pengaruh keadaan sosial yang melatarbelakanginya.

Kembali kepada bait lagu yang sempat disinggung di atas. Saya kemudian berandai-andai dengan lagu tersebut. Bagaimana jika Nabi Muhammad SAW melihat realita perempuan hari ini, apakah beliau akan tersenyum bahagia atau malah menangis pilu menyaksikan banyak di antara perempuan yang menjadi korban dari kekeliruan pemahaman sebagian manusia terhadap apa yang ia sabdakan.

Banyak di antara perempuan yang kemudian harus mengubur dalam-dalam mimpinya sebagai seorang dokterkah, gurukah, pemimpin perusahaankah, atau berbagai jenis pekerjaan yang membutuhkan dirinya berada di depan publik. Dan itu semua disebabkan hanya karena satu hadis yang disalah pahami bahwa dari ujung rambut sampai ujung kaki perempuan itu adalah fitnah (godaan), sehingga ia harus di tempatkan di dalam rumah. Bahkan di satu tempat yang paling rahasia dari rumah tersebut, saking tidak diperbolehkannya perempuan berada di ruang publik yang ditakutkan akan melemahkan iman laki-laki yang melihatnya. Apakah kita salah satu perempuan itu? []

Tags: Bukan Sumber FitnahFaqihuddin Abdul KodirHadisLaunching Buku Perempuan Bukan Sumber Fitnahlies marcoesmisoginisperempuan
Ainun Jamilah

Ainun Jamilah

Co Founder Cadar Garis Lucu Makassar

Terkait Posts

Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

    KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version