Mubadalah.id – Sepanjang hidup Nabi Muhammad Saw, beliau merupakan sosok yang selalu berpihak kepada kelompok-kelompok lemah dalam menghadapi kelompok-kelompok kuat.
Kemudian, seperti kita tahu bahwa saudagar-saudagar kaya di Mekkah banyak membuat konglomerat antar suku dan memonopoli perdagangan di kawasan Kerajaan Byzantium.
Hal ini mereka lakukan demi mengeruk keuntungan tanpa mau mendistribusikannya kepada kelas mustadh’afin. Mereka menyombongkan diri dan mabuk dengan kekuasaan. Mereka melanggar norma-norma kesukuan dan tidak menghargai fakir-miskin.
Dalam kondisi yang demikian, Nabi Muhammad Saw datang membawa risalah baru dan berpihak kepada kelompok lemah. Rumusan la ilaha illa Allah yang Nabi Muhammad Saw dakwahkan, dengan sendirinya memiliki implikasi-implikasi sosial-ekonomi. Islam mencela penumpukan kekayaan, yang berputar hanya di tangan segelintir orang.
Secara kategoris, Islam memang mengakui hak perorangan untuk mengakses kekayaan, tetapi dengan tegas Islam melarang terjadinya konsentrasi dan monopoli terhadapnya. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya ketidakadilan.
Pada waktu kekayaan melebihi batas yang berakibat pada kesenjangan kelas, maka ketika itulah golongan yang memonopoli dan mengkonsentrasikannya menjadi penentang Islam.
Nabi Muhammad Saw melalui dakwahnya menyeru kepada saudagar-saudagar kaya Mekkah dengan kalimat yang tegas. Al-Qur’an menyebutkan:
ۨالَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ (2) يَحْسَبُ اَنَّ مَالَهٗٓ اَخْلَدَهٗۚ (3) لَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ (4) وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحُطَمَةُ ۗ (5) نَارُ اللّٰهِ الْمُوْقَدَةُۙ (6)
“Dialah yang mengumpulkan kekayaan dan menimbunnya. Ia mengira kekayaannya akan mengekalkannya. Sama sekali tidak! Mereka akan dilontarkan ke dalam huthamah. Apakah huthamah itu? Yaitu api yang dinyalakan Allah.” (QS. al-Humazah (104): 2-6)
Juga di dalam surat yang lain:
“Perlombaan menimbun harta menjadikan kamu lalai, sampai kamu masuk ke liang kubur. Tapi tidak, kamu akan tahu. Namun kamu akan tidak mengetahui. Tapi tidak, kalau saja kamu mengetahui dengan penuh keyakinan. Sesungguhnya kamu akan melihat neraka. Kemudian, kamu sungguh akan melihatnya dengan mata keyakinan. Kemudian pada hari itu kamu akan ditanyai tentang kenikmatan-kenikmatan duniawi. (QS. at-Takatsur (102): 1-8). []