Mubadalah.id – Banyak nama perempuan hebat yang tidak seharum RA. Kartini. Perannya luas namun sejarahnya tenggelam dalam permukaan. Di antaranya adalah Nyai Djuaesi. Di mana berani menyampaikan pandangannya dengan lantang tentang kesetaraan hak perempuan di hadapan para ulama, kiai, dan tokoh laki-laki pada saat pertemuan muktamar NU di Menes, tahun 1938. Langkah progersif ini sangat patut kita apresiasi karena saat itu Indonesia belum merdeka, sehingga budaya dan perspektif pariarki masih sangat mengakar di masyarakat.
Pada bulan Juni 1901 di daerah Sukabumi, lahirlah seorang perempuan yang kelak membawa perubahan besar terhadap kaum perempuan. Bukan RA Kartini, bukan juga Dewi Sartika, melainkan Nyai Djuaesih. Sejak kecil ia hidup di tengah keluarga yang sederhana namun berilmu. Ia dididik langsung oleh orang tuanya tentang ilmu agama, budi pekerti, dan pengetahuan rumah tangga.
Nyai Djuaesih menikah dengan Danuatmadja alias H. Bustomi yang pada saat itu sebagai organisatoris di Jawa Barat. Layaknya seorang organisatoris yang militan, H. Bustomi sering mengajak istrinya dalam berbagai acara peretemuan dan konferensi dari tempat satu ke tempat yang lain. Tidak hanya itu, Nyai R Djuaesih juga memiliki bakat alamiah menjadi mubaligh untuk memberikan ceramah kepada ibu-ibu di pelosok Jawa Barat. Sejak saat itulah, perjuangan ia mulai.
Mubaligh Tersohor di Jawa Barat
Nyai Djuaesih adalah seorang mubaligh yang cukup tersohor di Jawa Barat. Keilmuannya yang mumpuni, daya juangnyanya yang besar, dan akhlakul karimah yang menghiasi langkahnya menjadi bukti bahwa perempuan dapat berperan dan bermanfaat dalam kerja-kerja sosial. Selain itu ia tetap menjaga marwah diri sebagai perempuan.
Berbekal pengalaman yang ia dapat karena kerap kali mendampingi sang suami, Nyai R Djuaesih memberanikan diri untuk berdiskusi dengan suamin. Intinya, Nyai R Djuasih menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi perempuan saat itu yang tidak seberuntung dia dalam hal pendidikan dan peran sosial. Setelah mendapat restu dari suami dan guru-gurunya, Nyai R Djuaesih memantapkan hati untuk menyuarakan pandangannya tentang kesetaraan perempuan di khalayak ramai.
Dengan lantang Nyai R Djuaesih berpidato memberikan gagasan agar perempuan terlibat, berpartisipasi, dan berkontribusi dalam kegiatan organisasi. Dengan gaya retorika yang lugas, Nyai R Djuaesih meyakinkan dan mengobarkan semangat kaum perempuan yang hadir pada saat pertemuan tersebut bahwa perempuan memiliki tanggung jawab yang sama dengan kaum laki-laki dalam lingkungan sosial.
Keberanian Nyai R Djuaesih dalam memperjuangkan hak perempuan bukanlah hal yang mudah. Terlebih dalam forum tersebut dihadiri oleh banyak ulama dan kiai dari berbagai daerah.
Pelopor Kebangkitan Perempuan NU
Saat berdiri berpidato, Nyai R Djuaesih mengungkapkan “Di dalam agama Islam, bukan saja kaum laki-laki yang harus dididik mengenai pengetahuan agama dan pengetahuan lain. Kaum wanita juga wajib mendapatkan didikan yang selaras dengan kehendak dan tuntutan agama. Untuk itu, kaum wanita yang tergabung dalam Nahdlatul Ulama mesti bangkit”.
Pernyataan tersebut menjadi embrio lahirnya suatu lembaga keperempuanan yang nantinya dapat menjadi wadah bagi perempuan dalam mengaktualisasikan potensi dan peran sosialnya. Lembaga tersebut menjadi terobosan hebat pada saat itu yang kondisi sosialnya masih sangat patriarki. Hingga akhirnya, Nyai Djuesih menjadi pelopor kebangkitan perempuan NU.
Ada yang mendukung, ada yang belum memberikan suara. Bahkan ada yang menolak dengan keras menjadi warna tersendiri atas berdirinya lembaga keperempuanan tersebut. Walaupun seiring berjalannya waktu lembaga keperempuanan tersebut disetujui dan didukung oleh kelompok laki-laki. Tentunya ini menjadi angin segar bagi langkah perempuan penggerak dalam melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan dalam misi mengentaskan segala problem sosial. Khususnya yang membelenggu kehidupan perempuan.
Langkah hebat Nyai R Djuaesih membuatnya pantas kita sandingkan dengan tokoh utama emansipasi wanita yaitu RA Kartini. Kehebatannya terlihat dalam keberaniannya menembus tradisi patriarki yang saat itu masih mengakar kuat di lingkungannya. Suara hatinya mampu ia utarakan dengan lugas di atas mimbar forum resmi organisasi. Di mana saat itu masih belum pernah ada seorang perempuan pun tampil menyuarakan pendapatnya.
Lagi-lagi pendidikan menjadi hal utama yang pendahulu kita perjuangkan. Karena memang sepenting itu perempuan harus terdidik. Jangan sempitkan arti pendidikan hanya sebatas di kelas dan bersifat formal. Sejatinya pendidikan tidak mengenal ruang dan waktu. Maka akses pendidikan untuk masyarakat, khususnya perempuan harus terbuka selebar mungkin dalam setiap sendi kehidupan masyarakat. []