Mubadalah.id – Jika merujuk pandangan paling longgar tentang aborsi, maka pandangan tersebut pernah disebutkan oleh al-Haskafi, seorang ulama bermazhab Hanafi, yang menyatakan bahwa aborsi boleh dilakukan sebelum usia kandungan 120 hari, dengan atau tanpa adanya alasan.
Al-Karabisi dari Mazhab Syafi’i, seperti al-Ramli kutip dalam Nihayah al-Muhtaj, hanya membenarkan aborsi ketika masih berupa nutfah (sel sperma, zygote) atau ‘alaqah (segumpal darah).
Sepanjang yang dapat kita telusuri dari literatur fikih, para ulama telah mencapai kata sepakat terkait isu aborsi (isqath al-haml dan ijhadh, menurut bahasa fikih).
Kesepakatan itu menyangkut kebolehan melakukan aborsi tanpa batasan umur janin. Tentunya, kebolehan aborsi ini perempuan lakukan dengan pertimbangan medis untuk keselamatan sang ibu.
Jika keberadaan bayi dalam kandungan dapat membahayakan dan mengancam hidup sang ibu. Maka pilihan aborsi dapat ia lakukan. Pandangan ini memperlihatkan bahwa pertimbangan keselamatan ibu lebih kita utamakan ketimbang kematian janin.
Resiko Lebih Ringan
Menurut pandangan fikih di atas, kematian janin memiliki resiko lebih ringan daripada kematian ibu, karena ibu adalah asal dari janin atau bayi.
Eksistensinya telah nyata, dan ibu juga memiliki sejumlah kewajiban. Sementara janin atau bayi dalam kandungan, meskipun mungkin telah eksis, tetapi ia tidak mewakili kewajiban terhadap orang lain.
Sebagaimana kaidah ushul fiqh yang menyatakan, “jika terjadi sebuah dilema, maka pilihan jatuh pada yang paling ringan resikonya.”
Pandangan para ahli fikih tentang motif aborsi di atas tampaknya masih terbatas pada indikasi medis dan kesehatan belaka. Motif-motif lain seperti indikasi sosial, ekonomi, politik, dan psikologis belum mendapatkan uraian panjang lebar.
Aborsi Boleh
Tetapi, sungguh menarik ketika kita mengamati bahwa sebagian ulama mazhab Hanafi membolehkan aborsi, meskipun bukan karena suatu alasan (bi ‘udzr aw bi ghair udzr)
Akhirnya, satu hal yang perlu di garis bawahi terkait relasi-relasi kemanusiaan, termasuk relasi gender, bahwa Islam merupakan agama keadilan, agama yang menolak segala bentuk diskriminasi dan kekerasan.
Islam lahir untuk menegakkan prinsip-prinsip kemanusiaan yang luhur. Kepadanya lah seluruh konstruksi pemikiran, konsep, dan aturan kehidupan seharusnya kaum muslimin rumuskan. Untuk kemudian mereka amalkan atau aplikasikan dalam kehidupan sosial mereka.*
*Sumber: tulisan KH. Husein Muhammad dalam buku Ijtihad Kyai Husein, Upaya Membangun Keadilan Gender.