Mubadalah.id – Problem pekerja migran tentu saja tidak boleh dibiarkan berlangsung terus menerus. Sistem sosial yang diskriminatif dan eksploitatif terhadap mereka harus segera dihentikan. Membiarkan keadaan ini sama artinya dengan membiarkan berlangsungnya pelanggaran terhadap hak-hak dasar manusia.
Maka setiap kita dituntut untuk mengambil bagian bagi upaya-upaya melindungi dan menanggulangi realitas yang diskriminatif tersebut.
Dalam teks keagamaan Islam praktik dehumanisasi dinyatakan sebagai kezaliman (penindasan) dan kemunkaran yang wajib diperangi.
Agama dihadirkan Tuhan, tidak lain hanyalah untuk membebaskan manusia dari sistem kehidupan yang zalim di satu sisi dan menegakkan keadilan di sisi yang lain. “Yukhrijuhum min al-Zhulimatila an-Nur”. (QS. al-Maidah ayat 16). Ini adalah misi utama dan paling sentral agama-agama.
Dalam sebuah hadis Nabi dari Tuhan (hadis Qudsi) mengatakan dengan tegas: “Wahai hamba-hamba-Ku, Aku haramkan kezaliman terhadap AKu, dan Aku jadikan kezaliman itu juga haram di antara kamu. Maka janganlah kami saling menzalimi satu atas yang lain”
Setiap upaya dan cara dari manapun datangnya untuk menghapuskan kezaliman dan menegakkan keadilan adalah misi utama agama.
Nabi Muhammad Saw dalam pidatonya yang menyampaikan di hadapan umatnya di Arafah pada haji perpisahan antara lain menyatakan :
“Ingatlah, bahwa jiwamu, hartamu dan kehormatanmu adalah suci seperti sucinya hari ini”.
Dalam sebuah hadis Qudsi menyebutkan :
“Ada tiga orang yang kelak menjadi musuhku di hari akhirat. Mereka yang bersumpah untuk setia kepada-Ku, tetapi mereka melanggarnya, mereka yang memperjualbelikan manusia merdeka lalu memakan hasilnya, dan mereka yang mempekerjakan buruh, menerima keuntungan darinya, tetapi dia tidak memberinya upah yang Semestinya”. (HR. Imam Muslim).
Pengingkaran Hak Dasar Manusia
Praktik-praktik perendahan martabat manusia, kekerasan dan kezaliman wajib dihapuskan. Semuanya merupakan bentuk pengingkaran terhadap hak-hak dasar manusia (munkar).
Nabi Muhammad telah memerintahkan kepada siapa saja yang melihat kemunkaran ini untuk melakukan tindakan dengan segala cara. Katanya:
“Siapa saja di antara kalian yang melihat praktik kemunkaran, dia wajib bertindak mengubahnya dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka dengan lidah. Jika tidak mampu, maka dengan hatinya. Yang terakhir ini cara yang paling lemah”. (HR. Ahmad dan Muslim).
Tindakan dengan “tangan” adalah tindakan dengan otoritas negara yang dalam konteks modern berdasarkan pada hukum dan perundang-undangan. Ini adalah kewajiban pemerintah dan para pengambil kebijakan publik struktural.
Tindakan dengan “lidah” adalah tindakan melalui cara-cara dakwah (penyebaran informasi), pendidikan, penguatan sumber daya sosial dan kerja-kerja sosio-kultural yang lain. Ini adalah kewajiban para tokoh masyarakat, para tokoh agama dan institusi-institusi sosial-kultural lainnya.
Sementara tindakan dengan “hati”, adalah tindakan pengingkaran dan penolakan terhadap praktik-praktik kemunkaran tersebut. Ini menjadi cara setiap individu dalam masyarakat.
Pernyataan Nabi Islam di atas memperlihatkan kepada kita bahwa penghapusan segala bentuk kemunkaran dan kezaliman di satu sisi dan penegakan keadilan di sisi yang lain merupakan tanggungjawab kolektif manusia dengan fungsi sosialnya masing-masing.
Sistem sosial yang mendehumanisasi manusia harus kita tanggulangi secara sinergis dan bersama-sama serta dengan langkah-langkah strategis. []