Mubadalah.id – Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Ia bukan sekedar proses memperoleh pengetahuan, tetapi juga hak asasi yang setiap individu layak untuk mendapatkannya, tanpa memandang latar belakang ras, suku, agama, bahasa, gender dan budaya.
Dalam era modern ini, penting bagi kita untuk memahami bahwa pendidikan yang mensejahterakan tidak hanya berarti memberikan akses kepada semua orang, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berdaya.
Artinya, setiap kita akan berada pada ruang yang menjunjung tinggi keadilan dan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap individu untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensinya tanpa ada hambatan yang tidak perlu.
Saya teringat kisah ikan dan monyet. Sampai kapanpun ikan tidak akan pernah bisa memanjat pohon, dan monyet tidak akan bisa bertahan lama di dalam air. Dari cerita tersebut tentu setiap kita memiliki karakter dan ciri khas masing-masing.
Pendidikan yang Mensejahterakan
Setiap kita adalah makhluk limited edition yang telah tercipta dengan segala kelebihan dan kekurangananya. Saya memimpikan setiap manusia, memiliki hak pendidikan yang merata sesuai minat dan bakatnya, tanpa ada diskriminasi.
Pendidikan memungkinkan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan, untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya, memberdayakan mereka untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan masyarakat. Ketika kita memberikan kesempatan yang sama untuk belajar kepada semua orang, kita tidak hanya memajukan individu, tetapi juga membangun fondasi yang kuat bagi kemajuan sosial dan ekonomi.
Selain itu, pendidikan yang mensejahterakan juga mencakup nilai-nilai seperti penghargaan terhadap keberagaman dan kesetaraan. Lingkungan belajar yang inklusif mendorong kita untuk menghormati perbedaan dan melatih untuk saling bekerjasama. Hal ini tidak hanya melatih kita sukses secara akademis tetapi juga membekali kita untuk hidup bermasyarakat yang multikultural.
Oleh karena itu, saat kita berbicara tentang pendidikan yang mensejahterakan, kita pasti akan berbicara tentang membangun jembatan, bukan membangun dinding. Pendidikan harus menjadi instrumen untuk mengatasi ketidaksetaraan dan diskriminasi, bukan sebagai kendala tambahan.
Pendidikan Bagi Semua Manusia
Visi pendidikan yang mensejahterakan selaras dengan sikap kita dalam memanusiakan manusia. Tentu saja tidak hanya tentang memberikan akses, tetapi juga tentang membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih baik bagi semua.
Tantangan kita hari ini bukan lagi perihal minimnya sekolah bagi masyarkat seperti masa-masa penjajahan, tetapi pendidikan yang mau menerima dengan tulus. Karena pendidikan bukan hanya tentang ruang-ruang di sekolah atau buku-buku di perpustakaan.
Saya ingin mengutip kalimat Ki Hajar Dewantara yang mengajarkan kepada kita bahwa “setiap tempat adalah sekolah. Setiap orang adalah guru” jika kita teruskan maka setiap peristiwa adalah pembelajaran.
Kita bisa belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Apalagi di era modern ini, media sosial sudah sangat canggih, banyak website yang bisa kita baca secara gratis. Disinilah, peran pendidikan inklusif sangat penting dalam mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi kompleksitas dunia modern.
Ini berarti tidak hanya memberikan keterampilan akademis, tetapi juga mempromosikan nilai-nilai seperti empati, kerjasama, dan pemahaman antarbudaya. Ketika kita mengajarkan anak-anak tentang keberagaman dan menghormati hak-hak setiap individu, kita menciptakan lingkungan yang tidak hanya mendidik, tetapi juga membentuk karakter. Kita sedang tidak hanya membangun masyarakat yang lebih cerdas, tetapi juga lebih manusiawi.
Jadi, mari kita saling menyadari. Belajar dengan lebih mindfulness. Hadir utuh dan sadar penuh untuk melihat pendidikan, bahwa pendidikan yang mensejahterakan adalah tentang memberikan setiap individu kesempatan untuk mengembangkan dirinya sepenuhnya, tanpa memandang latar belakangnya.
Ini adalah investasi dalam masa depan yang lebih adil, lebih sejahtera, dan lebih harmonis. Mari kita bersama-sama membangun dunia, di mana pendidikan adalah hak yang dijamin untuk semua dan bukan hak yang diperebutkan. []