Mubadalah.id – Masalah besar yang dihadapi para penafsir teks-teks keagamaan adalah bahwa ayat al-Qur’an juga mengandungi teks-teks yang merujuk masalah-masalah tertentu (spesifik). Misalnya al-Qur’an surat an-Nisa ayat 34 dan al-Baqarah ayat 282.
Pembacaan literal atau tekstual terhadap ayat ini menunjukkan bahwa laki-laki memiliki keunggulan (superioritas) di atas perempuan, dan oleh karena itu laki-laki dalam banyak hal memiliki hak-hak penuh sementara perempuan memperoleh separuh dari padanya.
Pembacaan seperti ini dengan mudah dapat memberikan arti bahwa ayat ini bias gender. Ayat-ayat seperti ini tentu membutuhkan analisis secara kontekstual.
Kalau tidak, maka hal itu bisa menghasilkan kesimpulan bahwa ayat-ayat al-Qur’an saling bertentangan (kontradiksi). Keadaan ini adalah tidak mungkin dan tidak boleh terjadi dalam teks-teks Tuhan.
Ayat-ayat spesifik (partikular) dalam al-Qur’an seperti yang ditunjukkan antara lain oleh QS. an-Nisa : 34 ini, menurut pandangan KH. Husein Muhammad, perlu dipahami sebagai teks-teks yang sedang berdialog dan memberikan respon atas suatu masalah pada orang-orang pada waktu itu.
Pada saat yang sama, juga merespon yan al-Qur’an ajukan terhadap masalah tersebut sekaligus juga sesungguhnya merupakan respon transformatif. Terutama pada kenyataan kebudayaan yang sedang berlangsung, dengan penyelesaian yang sangat relevan sekaligus mengandung nilai moral.
Dengan kata lain, ayat ini sedang memperbaiki nasib kaum perempuan dari pada keadaan mereka sebelumnya dan untuk seterusnya menuju kepada keadaan yang lebih ideal.
Dengan demikian, ia tidak boleh berlaku tetap, melainkan kondisional, atau tertakluk pada ciri-ciri tertentu.
Mengandung Moral
Khalid Abou al-Fadl, Profesos Hukum Islam di UCLA, AS, dengan sangat menarik mengatakan bahwa aturan-aturan hukum yang bersifat khusus (partikular) yang terdapat dalam sumber-sumber sahih dapat melihatnya sebagai aturan yang mengandung moral.
Akan tetapi, aturan tersebut lebih menerimanya sebagai penyelesaian yang bersifat ketuhanan terhadap masalah khusus yang wujud dalam keadaan tertentu.
Dengan berubahnya kondisi aturan-aturan hukum yang bersifat khusus tersebut boleh saja gagal memenuhi tujuan moralnya.
Dari sinilah sekali lagi kita harus mengkaji teks-teks khusus tersebut dalam konteksnya sendiri.
Penafsiran tekstual ke atasnya dengan begitu tidak boleh melakukannya secara normatif. Jika kita memahaminya menurut makna tekstualnya dan kita memerlukan secara normatif untuk menjawab konteks sosial yang sudah berubah. Maka ayat tersebut mungkin sekali tidak lagi relevan dan boleh jadi tidak memenuhi kehendak ideal syari’ah.
Kajian teks-teks keagamaan dengan pendekatan kontekstual sesungguhnya telah muncul pada zaman awal (klasik) Islam. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan untuk melihat konteks sejarah-sosial, yang dalam tradisi Islam menyebutnya sebagai Asbabul Nuzul. []