• Login
  • Register
Selasa, 3 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Percaya dengan Fatwa KUPI: Jangan Mengkhitan Anak Perempuanmu

KUPI menegaskan bahwa tidak ada korelasi antara khitan dan pengendalian nafsu. Sebaliknya, praktik ini hanya merampas hak perempuan atas tubuhnya sendiri

Fachrul Misbahudin Fachrul Misbahudin
07/02/2025
in Publik
0
Tidak Mengkhitan Anak Perempuan

Tidak Mengkhitan Anak Perempuan

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Di tengah tekanan sosial dan budaya, keputusan untuk tidak mengkhitan anak perempuan bukanlah hal mudah. Karena sebagian dari masyarakat masih beranggapan bahwa khitan anak perempuan menjadi kewajiban yang harus dilakukan.

Sebab, kalau anak perempuan tidak dikhitan, ia akan tumbuh menjadi perempuan yang liar, nakal dan sulit untuk mengontrol seksualitasnya (hypersex).

Namun, sebagai orang tua baru, saya bersama istri tetap memilih jalan berbeda untuk tidak mengkhitan anak perempuan kami. Keputusan yang kami pilih bukan tanpa alasan, melainkan banyak hal yang kami pertimbangkan untuk tidak mengkhitannya.

Salah satunya adalah kami meng-amini dan percaya dengan Fatwa Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II, yang secara tegas menyatakan khitan perempuan tanpa alasan medis hukumnya haram.

Fatwa inilah yang membuat kami menjadi yakin bahwa dengan tidak mengkhitan putri kami, kami bisa menyelamatkan dia dari beberapa dampak buruk yang akan terjadi. Misalnya disfungsi seksual, komplikasi pada kehamilan dan terutama persalinan, dispareni, nyeri panggul kronis hingga kematian.

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi dasar, mengapa KUPI mengharamkan khitan perempuan, di antaranya:

Baca Juga:

Perempuan Bekerja, Mengapa Tidak?

Lingkup Kesaksian Perempuan Tidak Terbatas

Korban KS Difabel dan Hak Akses Kesehatan: Perspektif KUPI

Mubadalah sebagai Pendekatan dalam Perumusan Fatwa KUPI

Pertama, KUPI menegaskan bahwa khitan perempuan tidak memiliki dasar agama yang kuat. Hadis-hadis yang digunakan untuk melegitimasi praktik ini berstatus dha’if (lemah) atau bahkan tidak valid secara sanad.

Misalnya, hadis tentang Ummu Athiyah yang sering dijadikan rujukan merupakan hadis lemah. Karena dalam praktiknya Nabi Muhammad Saw sendiri tidak pernah mengkhitan putri-putrinya.

Berujung pada Kematiaan

Kedua, dari segi medis, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa khitan perempuan tidak memiliki manfaat kesehatan, justru berisiko menyebabkan infeksi, pendarahan, disfungsi seksual, hingga kematian.

Penelitian Komnas Perempuan dan PSKK UGM (2017) mengungkap bahwa 4 dari 5 metode khitan perempuan di Indonesia melibatkan pelukaan genital, seperti pemotongan klitoris atau pengikisan uretra. Dampak jangka panjangnya termasuk trauma psikis, nyeri kronis saat berhubungan intim, dan komplikasi persalinan.

Ketiga, bagi sebagian masyarakat khitan perempuan diyakini dapat mencegah anak perempuan menjadi hypersex atau liar. Bahkan mitos serupa ditemukan di Makassar, di mana perempuan yang tidak dikhitan dianggap genit dan tidak sopan. Padahal, klaim ini tidak berdasar ilmiah dan justru mencerminkan pandangan patriarki yang menempatkan perempuan sebagai objek kontrol seksual.

Oleh sebab itu, KUPI mengkritik keras hal ini. KUPI menegaskan bahwa tidak ada korelasi antara khitan dan pengendalian nafsu. Sebaliknya, praktik ini merampas hak perempuan atas tubuhnya sendiri dan melanggengkan kekerasan kepada mereka.

Keempat, menurut KUPI, khitan perempuan sangat bertentangan dengan prinsip maqashid asy-syari’ah. Salah satunya adalah hifzh an-nafs (menjaga jiwa). Sehingga, dari pada mendatangkan kemadharatan (bahaya), lebih baik menghadirkan kemaslahatan bagi anak perempuan dengan menjaga jiwa mereka dari berbagai kekerasan.

Oleh sebab itu, dari empat poin di atas, sebetulnya KUPI lebih menekankan untuk “berbuat baik pada perempuan”, bukan menyakiti mereka. Sehingga Fatwa KUPI di atas dapat menjadi landasan moral dalam melindungi anak perempuan dari berbagai kekerasan.

Bahkan, dengan tidak mengkhitan anak perempuan, saya yakin bahwa saya dan istri telah memilih jalan yang selaras dengan nilai kemaslahatan dan kemanusiaan. []

Tags: Anak PerempuanFatwa KUPIMengkhitanpercayaTidak
Fachrul Misbahudin

Fachrul Misbahudin

Lebih banyak mendengar, menulis dan membaca.

Terkait Posts

Trans Jogja

Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!

3 Juni 2025
Perbedaan Feminisme

Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

2 Juni 2025
Teknologi Asistif

Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

2 Juni 2025
Ketuhanan

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

1 Juni 2025
Perempuan Penguasa

Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

31 Mei 2025
Ruang Aman bagi Anak

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

30 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Perbedaan Feminisme

    Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa dan Untuk Apa Perempuan Memakai Jilbab?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyoal Jilbab dan Hijab: Antara Etika Sosial dan Simbol Kesalehan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!
  • Membaca Ulang Makna Aurat dalam Al-Qur’an
  • Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan
  • Menyoal Jilbab dan Hijab: Antara Etika Sosial dan Simbol Kesalehan
  • Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID