Senin, 3 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan KUPI yang

    KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

    Kemandirian Disabilitas

    Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif

    Feminisme Sufistik

    Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas

    Perempuan Kurang Akal

    Perempuan Kurang Akal, atau Tafsir Kita yang Kurang Kontekstual?

    Menghapus Kata Cacat

    Menghapus Kata Cacat dari Pikiran; Bahasa, Martabat dan Cara Pandang terhadap Disabilitas

    Kurang Akal

    Saatnya Mengakhiri Mitos Perempuan Kurang Akal

    Fahmina

    Refleksi Perjalanan Bersama Fahmina; Ketika Mubadalah Menjadi Pelabuhan Jiwaku

    Kesaksian Perempuan

    Kesaksian Perempuan Bukan Setengah Nilai Laki-Laki

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Perempuan KUPI yang

    KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

    Kemandirian Disabilitas

    Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif

    Feminisme Sufistik

    Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas

    Perempuan Kurang Akal

    Perempuan Kurang Akal, atau Tafsir Kita yang Kurang Kontekstual?

    Menghapus Kata Cacat

    Menghapus Kata Cacat dari Pikiran; Bahasa, Martabat dan Cara Pandang terhadap Disabilitas

    Kurang Akal

    Saatnya Mengakhiri Mitos Perempuan Kurang Akal

    Fahmina

    Refleksi Perjalanan Bersama Fahmina; Ketika Mubadalah Menjadi Pelabuhan Jiwaku

    Kesaksian Perempuan

    Kesaksian Perempuan Bukan Setengah Nilai Laki-Laki

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Peringati 16 HAKTP Internasional 2024, Perempuan Mau Ke Mana?

Perempuan belum berada di garis garda terdepan bersama-sama partnernya, laki-laki, dalam isu-isu yang menentukan masa depan bersama.

Hafidzoh Almawaliy Ruslan Hafidzoh Almawaliy Ruslan
7 Desember 2024
in Publik
0
16 HAKTP Internasional

16 HAKTP Internasional

1.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Meski telah mencapai banyak kemajuan, perempuan masih hadapi berbagai tantangan dan hambatan hari ini. Fakta tersebut menjadi refleksi kritis dalam peringatan 16 HAKTP Internasional di tahun 2024 ini. Perempuan belum berada di garis garda terdepan bersama-sama partnernya, laki-laki, dalam isu-isu yang menentukan masa depan bersama.

Demikian kurang lebih ulasan Kompas.id, atas terselenggaranya Konferensi Tingkat Menteri Asia-Pasifik tentang Tinjauan Beijing+30 (The Asia Pacific Ministerial Conference on BPfA+30 Review), pada 19 – 21 November 2024 lalu, di Bangkok, Thailand.

Menyitir Armida Salsilah Alisjahbana, Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik (ESCAP), Kompas misalnya menyebutkan, inovasi digital yang tengah berkembang miliki potensi baik untuk pemberdayaan perempuan dan anak perempuan.

Namun hal itu hanya akan beresiko ciptakan “kesenjangan digital” baru jika tidak tempatkan azas relasi kesetaraan (adil) jender. Demikian juga dengan transisi hijau, harus lebih dari sekadar hijau, harus adil, dan juga mengakui peran perempuan sebagai agen penting perubahan aksi iklim.

Kata Armida Salsilah Alisjahbana tegas, “Tanpa fokus pada kesataraan jender isu-isu masa depan kita bersama, aksi iklim, maupun transformasi digital, semuanya hanya akan beresiko memperdalam ketidaksetaraan”.

Perempuan masih Mendapatkan Kekerasan

Memang, alih-alih meningkatkan akses dan kontrol kaum perempuan, sebagaimana laki-laki, atas sumber-sumber daya ekonomi, politik, sosial maupun budaya; Perempuan justru masih kian mendapatkan perlakuan kekerasan yang kian beragam bentuknya. Hampir di seluruh lini kehidupan hari ini.

Dalam konteks politik Indonesia yang baru saja usai kita saksikan bersama pada kontestasi elektoral di sepanjang 2024, misalnya. Bahkan perempuan terang menghadapi isu ancaman terhadap demokrasi, dan juga gerakan ujaran-ujaran anti jender dan HAM.

Hal ini terjadi akibat masih menguatnya bias feminisme, fundalmentalisme, militerisme dan kekerasan yang merentankan perempuan terhadap berbagai kekerasan berbasis jender. Termasuk ancaman terhadap Perempuan Pembela HAM dan femisida. Isu digitalisasi yang berinterseksi dengan krisis iklim. Penguatan ekonomi perempuan dan penghapusan gender digital gap. Keamanan data pribadi, serta kekerasan berbasis jender siber lainnya.

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan dalam siaran persnya pada 29 November 2024 lalu, usai Konferensi Asia-Pasifik tersebut, bahkan juga sebutkan di negara-negara dengan agama masih melekat kuat, termasuk Indonesia, perempuan masih hadapi ancaman kekerasan berupa Pemotongan Pelukaan Genital Perempuan (P2GP). Selain itu implementasi undang-undang keluarga, seperti dispensasi kawin anak yang masih penuh sengkarut.

Sedang dalam konteks lebih global, bahkan perempuan dan anak masih saja terus menjadi korban utama atas kejahatan bersenjata akibat konflik perang yang terus berkecamuk, menuju tubir jurang ambang Perang Dunia III. Jalan terjal, lorong gelap seolah masih melingkupi partisipasi politik dan kepemimpinan perempuan. Termasuk dalam usaha mendorong kemerdekaan Palestina dan galang dukungan negara-negara dunia.

Konferensi Perempuan Internasional, Peta Penunjuk Jalan

Konferensi tingkat Menteri Asia-Pasifik yang terselenggara oleh ESCAP dan UN Women yang berlangsung di Kantor United Nations Conference Centre (UNCC) Bangkok tersebut, sesunguhnya adalah berasal dari sejarah panjang kurun hampir 30 tahun. Bahkan lebih lama lagi, tentang usaha penguatan dan pemenuhan Hak-hak Asasi Perempuan Internasional.

Sejak saat itu negara-negara anggota PBB telah menyepakati dan meratifikasi berbagai kesepakatan internasional sebagai peta penunjuk jalan dan landasan aksi menuju penguatan dan pemenuhan Hak-hak Asasi tersebut.

Antara lain Convention on the Political Rights of Women, sebagai hasil kesepakatan dari pertemuan pada tahun 1952. Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (Convention on the Elimination of All Form of Discrimination Against Women/ CEDAW).

Di mana Indonesia sendiri telah meratifikasi Konvensi ini melalui UU No. 7 Tahun 1984. usai PBB mengadopsi pada 1979 dan memberlakukannya pada 3 Desember 1981. Selain itu juga Deklarasi tentang Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan atau Declaration on the Elimination of Violence Against Women, tahun 1993.

Menyusul kemudian Konferensi dunia ke-4 tentang Perempuan yang terselenggara di Beijing, China pada 4 – 15 September 1995. Konferensi inilah yang menyematkan diri menjadi titik balik perjuangan dan keseriusan dunia dalam mencapai kesetaraan jender secara global. Pada Konferensi tersebut menyepakati deklarasi dan kerangka aksi berupa Beijing Platform for Action atau BPfA. Di mana 189 negara termasuk Indonesia bersepakat mengadopsinya.

Pentingnya Beijing Platform for Action (BPfA)

Syamsiyah Ahmad, satu-satunya tokoh Perempuan Indonesia yang pernah bekerja sebagai staf profesional pada Perserikatan Bangsa-Bangsa dan juga terlibat dalam penyusunan CEDAW. Dalam bukunya tentang Landasan Aksi dan Deklarasi Beijing: Persamaan, Pembangunan, dan Perdamaian (1995), menyebutkan bahwa BPfA sangat memiliki arti penting.

Hal itu karena BPfA memuat dokumen strategis pemberdayaan dan kemajuan perempuan, penegakan hak asasi manusia dan pembangunan yang mendorong perempuan untuk mengorganisir diri, bertindak dan mencari alternatif-alternatif.

Dengan landasan BPfA, menurut Syamsiyah gerakan perempuan menjadi lebih memahami, mengenal, memperluas perspektif dan strategi pencapaian Hak-hak Asasinya. Selain itu juga mewujudkan persamaan harkat dan martabat, serta meningkatkan akses dan kontrol kaum perempuan atas sumber daya ekonomi, politik, sosial maupun budaya. Karenanya BPfA memuat 12 bidang kritis di mana setiap negara anggota ratifikasi harus melaporkan perkembangannya setiap 5 tahun dalam Konferensi Tinjauan Beijing tersebut.

Adapun 12 bidang kritis tersebut adalah: 1) Perempuan dan Kemiskinan; 2) Perempuan dalam Pendidikan dan Pelatihan; 3) Perempuan dan Kesehatan; 4) Kekerasan terhadap Perempuan; 5) Perempuan dalam situasi konflik bersenjata; 6) Perempuan dalam ekonomi; 7) Perempuan dalam kekuasaan dan pengambilan keputusan; 8) Perempuan dalam mekanisme institusional untuk pemajuan perempuan; 9) HAM Perempuan; 10) Perempuan dan Media; 11) Perempuan dan lingkungan hidup; Serta 12) tentang Anak Perempuan.

Peran Indonesia

Indonesia sendiri selama ini telah membuat review implementasi BPfA sejak usai tahun 1995. Indonesia melaporkan perkembangan pelaksanaan BPfA di forum Asia Pasifik tersebut. Kemudian mendapatkan review secara utuh dari Commission on the Status of Women (CSW), sejak tahun 2000, 2005, 2010, 2015, 2020 hingga November 2024 lalu.

Melalui review tersebut berharap menghasilkan dokumen keluaran yang mendorong kembali komitmen global untuk pemberdayaan perempuan dan anak perempuan, serta menegaskan aksi-aksi prioritas untuk lima tahun selanjutnya.

Termasuk juga mengangkat berbagai kemajuan yang telah tercapai, tantangan yang masih terus menghadang, juga isu-isu baru yang belum tercatat dalam area of concern BPfA. Laporan yang komprehensif, jujur dan terbuka akan semakin meyakinkan akan dapat terpenuhinya kesetaraan jender, serta Hak-hak Asasi Perempuan internasional, bersama-sama.

Laporan Komnas Perempuan untuk KPPPA

Sebelumnya, Komnas Perempuan sebagai lembaga HAM nasional independen dengan mandat spesifik penghapusan kekerasan terhadap perempuan telah menyerahkan laporannya kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) selaku leading sector. Untuk selanjutnya masuk dalam pertimbangan laporan KPPPA dalam forum BPfA+30.

Dalam laporannya tersebut Komnas Perempuan menyoroti sejumlah isu prioritas yang terkait dengan pelaksanaan 12 bidang kritis BPfA. Sekaligus juga terkait dengan capaian tujuan-tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Isu-isu tersebut, antara lain:

  • Pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT);
  • Pengesahan Rancangan Undang-Undang Masyarakat Adat;
  • Kebijakan Perlindungan Perempuan Pembela HAM;
  • Percepatan pelaksanaan peraturan turunan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual;
  • Memastikan pelaksanaan hak kesehatan reproduksi termasuk pada kelompok rentan dan hak atas aborsi legal;
  • Memastikan pelaksanaan penghapusan Pelukaan dan Pemotongan Genitalia Perempuan (P2GP);
  • Pemenuhan akses layanan kesehatan termasuk kesehatan mental terjangkau dan bebas dari diskriminasi dan kekerasan bagi perempuan disabilitas mental;
  • Pemenuhan hak maternitas dan kerja layak pada perempuan pekerja;
  • Pemenuhan hak atas keadilan termasuk hak atas pemulihan perempuan korban pelanggaran HAM masa lalu;
  • Penghapusan kekerasan berbasis jender dan pemenuhan hak-hak dasar perempuan pada konteks migrasi;
  • Serta Penghapusan diskriminasi dan kekerasan berbasis jender di lingkungan media. (Bersambung)
Tags: 16 HAKTP Internasional16 Hari Anti Kekerasan terhadap PerempuanHak Asasi PerempuanKementerian Pemberdayaan Perempuan dan AnakKomnas PerempuanRefleksi
Hafidzoh Almawaliy Ruslan

Hafidzoh Almawaliy Ruslan

Ibu dua putri, menyukai isu perempuan dan anak, sosial, politik, tasawuf juga teologi agama-agama

Terkait Posts

Sumpah Pemuda
Publik

Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

31 Oktober 2025
Ensiklik Laudato Si
Publik

Bumiku Semakin Membaik: Refleksi 10 Tahun Ensiklik Laudato Si

24 September 2025
80 Tahun Indonesia Merdeka
Publik

80 Tahun Indonesia Merdeka, Tapi Tubuh Perempuan Masih Tersandera

19 Agustus 2025
Perjalanan Spiritual
Personal

Membiasakan Berefleksi Sebagai Bagian dari Perjalanan Spiritual

14 Agustus 2025
Hari Raya Iduladha
Pernak-pernik

Refleksi Hari Raya Iduladha: Setiap Kita Adalah Ibrahim, Setiap Ibrahim punya Ismail

9 Juni 2025
Perempuan Keluar Malam
Buku

Refleksi Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab: Apakah Perempuan Tak Boleh Keluar Malam?

28 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mandat KUPI

    Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berkaca pada Cermin Retak; Kisah Raisa dan Hamish Daud

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KUPI Menolak Tafsir yang Menafikan Martabat Perempuan
  • Membaca Mandat KUPI dalam Kerangka Rahmatan lil ‘Alamin
  • Kemandirian Disabilitas Lewat Pertanian Inklusif
  • Feminisme Sufistik: Menemukan Ruang Tengah antara Emansipasi dan Spiritualitas
  • Perempuan Kurang Akal, atau Tafsir Kita yang Kurang Kontekstual?

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID