Maulla ya shollu wasallim daiman Abadan
A’lan Habibi Kakhoiril Kholqi kullihimii
Bunyi salah satu bait dalam karya fenomenal Al Kawakib ad Dhuriyyah fi Madh Khair al Bariyyah atau lebih terkenal dengan Qosidah Burdah karya Imam Bushiry juga masih banyak dilantunkan di era sekarang. Seorang ulama dan juga sastrawan terkenal asal Maroko memiliki sebuah karya sastra yang berisi tentang ungkapan cinta kepada kekasihnya yaitu Allah SWT dan Baginda Nabi Muhammad SAW.
Tulisan ini lahir dari Ngaji Qosidah Burdah yang diadakan oleh Kiai Hilmy Hasbullah Pengasuh Pondok pesantren Krapyak Yogyakarta. Ngaji tersebut dilaksanakan secara online dalam rangka ngaji posoan (puasa) di tengah pandemi.
Syair-syair indah dalam Qosidah Burdah ini ternyata memiliki banyak muatan-muatan luar biasa untuk para pembacanya. Imam Bushiri tidak hanya menyampaikan pesan kecintaan terhadap Allah dan rasul-Nya, tetapi juga pesan tentang menjaga persaudaraan, menjaga hawa nafsu, kesalingan, serta pesan-pesan mulia yang lainnya.
Pesan-pesan seperti menjaga persaudaraan dan kesalingan memang tidak dibahas secara spesifik atau tidak banyak bait yang membahas dalam Qoisdah Burdah. Tetapi, ada bait yang berpesan mengenai hal-hal tersebut seperti penyebutan suku Udzroh dalam bait ke 9.
Imam Bushiriy dalam bait ke 9 menyebutkan suku Udzroh untuk menjelaskan mengenai cara mencintai. Imam Bushiry memiliki cara mencintai yang mirip dengan bani Udzroh. Suku Udzroh seringkali mencintai hingga mengalami kematian. Hal tersebut merupakan pertanda mencintai yang begitu mendalam.
Lalu sebenarnya siapa sih suku Udzroh? Suku Udzroh adalah suku di Yaman yang terkenal romantismenya, mereka suka bercinta dan kerap sekali cintanya membawa kematian. Selain itu, banyak orang yang bertanya-tanya mengenai, apa sebenarnya kunci romantisme dari suku Udzroh?
Dalam penjelasannya Kiai Hilmy menceritakan romatisme suku Udzroh melalui kalimat “ana fi kullu bina khiffah, wa fi nisaaiha khiffah”.
Bahwasannya rahasia romantis suku Udzroh adalah karena kemurahan hati, ringan tangan atau dalam bahasa jawa “entengan” yang dimiliki oleh kaum laki-lakinya. Sehingga gambaran sederhana kehidupan kaum udzroh begitu tentram dan bahagia dengan saling melengkapi satu sama lain. Tidak lain jika konsep tersebut adalah sesuai dengan konsep mubadalah.
Hubungan suami istri adalah relasi kemitraan. Suami-istri adalah partner kerja, baik ruang domestik maupun publik. Mereka saling membatu dalam urusan rumah seperti memasak, mengurus anak serta mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Kunci tersebut yang dijelasakan serta disampaikan dalam ngaji Qosidah Burdah. Selain laki-laki dari suku Udzroh yang entengan, perempuan dari suku Udzroh juga pintar menjaga diri sehingga dua hal tersebut menjadi bentuk kerjasama yang baik dalam rahasia sekaligus kunci romantisme dari suku Udzroh. Laki-laki yang entengan dan perempuan yang bisa menjaga diri adalah hal yang perlu diperhatikan dalam keluarga, demi terciptanya keharmonisan keluarga.
Penulis kembali menegaskan bahwa kunci dari romatisme suku Udzroh adalah kesalingan. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam bukunya yang berjudul Qiraah Mubadalah, bahwasannya kesalingan antara perempuan dan laki-laki dalam ranah domestic dan publik adalah sebuah keadilan serta kemaslahatan bagi keduanya.
Sehingga, ada hikmah yang perlu kita petik guna mewujudkan keluarga yang penuh keharmonisan dan kebahagiaan. Marilah kita semua berlomba-lomba menciptakan keluarga seperti suku Udzroh seperti yang disebutkan dalam bait Qosidah Burdah. Semoga senantiasa dapat memetik berbagai hikmah ilmu untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan penuh kebahagiaan. []