Mubadalah.id – Gus Dur dikenal sebagai Bapak Pluralisme—terserah jika ada orang yang tidak suka atau berbeda pendapat dengan sebutan ini.
Konon, Djohan Effendi, sahabat setianya, pernah diminta oleh Gus Dur agar jika ia kelak wafat, nisannya ditulis: Di Sini Dikubur Sang Pluralis.
Banyak orang sepakat atas predikat ini. Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, menyebut Gus Dur sebagai Bapak Pluralisme Indonesia atas gagasan-gagasan universal mengenai pentingnya menghormati perbedaan.
Ya, Gus Dur memang sosok yang selalu ingin memandang manusia, siapa pun mereka dan di manapun mereka berada, sebagai manusia ciptaan Tuhan.
Sebagaimana Tuhan menghormatinya, ia pun ingin menghormatinya. Sebagaimana Tuhan mengasihinya, ja juga ingin mengasihinya. “Takhallaqu bi akhlaq Allah (Berakhlaklah dengan akhlak Allah),” kata pepatah sufi.
Dalil Teologis
Sejauh yang saya tahu, Gus Dur tak banyak bicara soal wacana pluralisme berikut dalil-dalil teologisnya sebagaimana kebanyakan sarjana dan aktivis HAM.
Tetapi, ia mengamalkannya, mempraktikkannya, dan memberi contoh atasnya. Pluralisme jauh lebih banyak Gus Dur praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kalaupun ia meminta dalil agama soal pluralisme, ia menyampaikan ayat suci al-Qur’an berikut ini:
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya, orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. al-Hujuraat, (49:13).
Dalam ayat tersebut, makna li ta’aarafu (saling mengenal) tidak sekadar mengetahui nama, alamat rumah, nomor telepon, atau wajah dan bagian-bagian tubuh yang lain.
Saling mengenal, dalam hal ini, memahami kebiasaan, tradisi, adat istiadat, pikiran, hasrat-hasrat yang lain, yang berbeda, yang tak sama.
Lebih dari segalanya, li ta’aarafu berarti agar manusia saling menjadi arif, bijaksana, dan rendah hati satu sama lain.
Konteks Sufisme
Dalam konteks sufisme, terma ini dimaknai lebih menukik ke dalam. Kaum sufi memaknainya sebagai orang yang menyerap pengetahuan ketuhanan melalui intuisi dan perjuangan batin.
Ayat tersebut menyebutkan bahwa yang paling mulia di hadapan Tuhan adalah yang paling takwa—bukan karena suku tertentu, bukan karena tertentu, dan bukan karena identitas tertentu.
Juga, bukan pula yang paling gagah atau yang paling cantik, bukan yang paling kaya atau rumahnya yang paling megah.
Takwa bukan sekadar dan hanya berarti sering datang ke masjid atau menghadiri secara rutin majelis taklim, membaca kitab suci, memutar-mutar tasbih, bangun malam, atau puasa sunnah.
Tetapi, lebih dari itu, takwa adalah mengendalikan amarah, hasrat-hasrat rendah, menjaga hati, dan tidak melukai. Serta tidak mengancam, ramah, sabar, rendah hati, dan sejuta makna kebaikan kepada yang lain, manusia dan kepada alam semesta. []