Pondok Pesantren Kebon Jambu al-Islamy menjadi salah satu Ponpes yang berperan aktif dalam mengikuti program Pesantren EMAS (Ekosistem Madani Atasi Sampah). Ponpes Kebon Jambu menunjukkan komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang dihadapinya.
Mubadalah.id – Masalah sampah di Indonesia semakin menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Pertumbuhan populasi, urbanisasi, dan pola konsumsi yang meningkat telah menyebabkan peningkatan volume sampah di seluruh negeri.
Bahkan keberlanjutan lingkungan menjadi isu krusial karena sampah plastik yang tidak terurai mengancam ekosistem, kesehatan masyarakat, dan keberlanjutan sumber daya alam.
Di Indonesia, data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 menunjukkan bahwa dengan lebih dari 275 juta penduduk, negara kita menghasilkan sekitar 34.303.208,69 ton sampah setiap tahunnya.
Namun sayangnya, kebijakan penanganan sampah yang diterapkan pemerintah masih terfokus pada tahap pengangkutan dan penimbunan, yang dikenal sebagai pendekatan level hilir. Pendekatan ini telah terbukti tidak berhasil.
Terutama karena jumlah sampah akan terus bertambah dengan seiring jumlah penduduk dengan seluruh aktivitasnya. Sementara jumlah tempat pengelolaan sampah (TPS) pasti sangat terbatas. Penanganan sampah pada level hulu menjadi niscaya. Belum lagi ditambah problem budaya, kebijakan, dan ketegasan penerapan aturan dan hukum.
Data Jenis Sampah
Adapun berdasarkan data grafik komposisi sampah berdasarkan jenis sampah pada tahun 2022 sebagai berikut: Sisi makanan 40%, kayu/ranting/daun 13%, kertas/karton 11,3%, plastik, 18,1%, karet/kulit, kain, kaca, logam, lainnya 7,4%.
Dari data tersebut, komposisi sampah paling banyak dihasilkan adalah jenis sampah sisa makanan kemudian disusul oleh jenis sampah plastik. Sampah plastik termasuk dalam golongan sampah anorganik, dimana jenis sampah ini sangat sukar untuk diuraikan.
Pondok Pesantren (Ponpes), sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, juga turut terlibat dalam tantangan sampah. Dengan penambahan jumlah santri dan aktivitas sehari-hari di Ponpes, sampah organik dan non-organik menjadi beban ekstra. Kesadaran lingkungan yang kurang di kalangan santri dapat menjadi hambatan serius dalam upaya penanganan sampah di Ponpes.
Meskipun demikian, pesantren memiliki peran strategis sebagai lembaga pendidikan untuk mendidik generasi Islam yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Prinsip-prinsip Islam yang mewajibkan kepedulian terhadap alam. Termasuk dalam konsep “khalifah fil ard” (pemimpin di bumi), menjadi landasan untuk menanamkan nilai-nilai kebersihan dan keberlanjutan di kalangan santri.
Dengan demikian, pesantren bukan hanya tempat menuntut ilmu agama, tetapi juga menjadi wadah untuk membentuk generasi muslim yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Pondok Kebon Jambu al-Islamy
Pondok Pesantren Kebon Jambu al-Islamy menjadi salah satu Ponpes yang berperan aktif dalam mengikuti program Pesantren EMAS (Ekosistem Madani Atasi Sampah). Ponpes Kebon Jambu menunjukkan komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ia hadapi.
Dalam lingkungan ini, semangat untuk mengatasi tantangan pengelolaan sampah tidak hanya sebatas kebijakan. Melainkan telah menjadi bagian dari budaya dan komitmen yang melekat di Ponpes Kebon Jambu Al-Islamy.
Komitmen tinggi yang ditunjukkan oleh Ponpes Kebon Jambu Al-Islamy melalui partisipasinya dalam Pesantren EMAS mencerminkan tekad untuk menjadi bagian dari solusi nyata terhadap permasalahan lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah.
Dengan demikian, Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy tidak hanya menjalankan peran sebagai lembaga pendidikan. Tetapi juga sebagai agen perubahan dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, berkelanjutan, dan bermartabat.
Pesantren Kebon Jambu tidak sekadar mengikuti program, melainkan menunjukkan tekad kuat untuk menjadi solusi terhadap tantangan lingkungan.
Pesantren ini telah membudayakan pengelolaan sampah secara komprehensif di antaranya dengan sosialisasi ke santri, pembatasan pakaian yang dibawa, dan penggunaan tumbler dan tempat makan.
Kemudian, pemilahan sejak hilir di sumber-sumber sampah, pembentuk tim semut, penyelenggaraan ngaji sedekah sampah, dan pembentukan laboratorium pengelolaan sampah pesantren. []