Mubadalah.id – Menulis menjadi upaya awal dalam bentuk pembebasan diri. Dengan menulis kita bisa memiliki keleluasaan dalam mengembangkan pola pikir, mengekspresikan diri, dan meluapkan isi hati. Karena tulisan adalah ungkapan dari pikiran dan perasaan yang menghasilkan makna tersendiri. Tulisan yang kita hasilkan juga tentu dapat mewakili ragam hal yang bermanfaat untuk kita sampaikan atau sekedar satu tafsir atau perasaan yang sama dengan dan kepada orang lain.
Refleksi menulis juga merupakan kegiatan yang paling penting dalam kehidupan, guna menyalurkan pengetahuan yang ada dalam pikiran seseorang menjadi sebuah karya. Di mana hal ini tentu dapat mengabadikan diri kita di dalam tulisan yang kita buat. Seperti kata Bapak penyair Indonesia Pramoedya Ananta Toer “Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Dan kalau kita mencoba menengok kembali sejarah peradaban umat manusia, terbukti melalui tulis menulis, kita dapat menikmati puncak peradaban sekelompok manusia. Pendeknya, menulis memegang peranan yang sangat penting dalam proses pemindahan pengetahuan juga peradaban.
Meneladani keberanian R.A Kartini lewat menulis
Menulis menjadi salah satu refleksi kita untuk meneladani keberanian pahlawan Emansipasi perempuan Indonesia, yaitu R.A Kartini. Karena ia bukan sekadar simbol dan memorial apa yang kita tahu dan sebut sebagai “Emansipasi Perempuan”. Yakni dalam menuntut hak dan porsi yang sama terhadap laki-laki, R.A Kartini juga bukan sekadar perwujudan menentang praktik-praktik patriarki yang kuat mengakar dalam tradisi bangsa kita. Lebih dari itu, dan lebih luas lagi R.A Kartini adalah penanda sebuah jaman, yang keras dan berani melawan arus untuk sebuah tujuan “Pembebasan Dari Perbudakan” yang tidak saja mewakili suara kaum perempuan, tetapi ia juga mewakili suara kaum laki-laki.
Jika kita melihat perjalanan Sejarah Kesusastraan Indonesia, dapatlah kita katakan R.A Kartini adalah inang atau (Induk) yaitu ibu dari Sastra Indonesia. Yang sama hebatnya dengan Pramoedya Ananta Toer yang menandai satu fase baru lagi dalam dunia kesusastraan Indonesia. Yakni dengan sihirnya Humanisme sebagai bentuk penyadaran untuk laki-laki maupun perempuan akan haknya yang sama sebagai makhluk universal. Cara Kartini melawan tidak lain, dengan tulisannya, itu yang membuat ia abadi dan tetap dikenang, seperti karyanya yang sampai sekarang masih terkenal dan tak lekang oleh jaman yaitu bukunya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.
Buat R.A Kartini menulis merupakan bentuk identitas diri. Seperti melalui suratnya yang ia buat, ia meluapkan semua pemikirannya yang bebas terkait kondisi perempuan Jawa pada masa itu. Terutama tentang kondisi kedudukan, hak pendidikan perempuan yang tidak terpenuhi dan bahkan tentang marginalisasi perempuan. Tulisan Kartini berisi keluhan dan gugatan khususnya budaya Jawa yang dipandang sebagai penghambat atas kemajuan perempuan. Ia ingin perempuan memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar, ia menuliskan ide-idenya di surat-suratnya itu.
Tulisan Kartini Menjadi Inspirasi
Tulisan-tulisan R.A Kartini menjadi modal utama bagi perempuan saat ini untuk berkonstribusi di bidang ekonomi, sosial, politik dan hak untuk menentukan keputusan serta berbagi peran dalam berpasangan. Tentu ini menjadi PR penting bagi kita perempuan masa kini, akankah melanjutkan perjuangan Kartini? Memang tidak semua perempuan memiliki kebebasan untuk memilih atas nasibnya sendiri, tidak mempunyai kebebasan terhadap pilihannya sendiri.
Dan R.A Kartini merupakan seorang yang beruntung lahir sebagai bangsawan dan memiliki suami seorang bupati, sehingga memungkinkan bertemu dengan perempuan-perempuan Belanda masa itu. Tetapi dari pemikiran Kartini kita bisa belajar bahwa, kesadaran diri akan keberhargaan, dan kemerdekaan terhadap diri kita di mulai dari diri sendiri bagaimana sadarnya diri kita akan semua itu, juga dari keberaniannya untuk menyuarakannya.
Dari pertemuan dengan orang Belanda itu yang kemudian membuat R.A Kartini melihat ke perempuan-perempuan Jawa di sekelilingnya, R.A Kartini mengerti bahwa pendidikan adalah hak semua orang termasuk perempuan. Dan tidak hanya akses pendidikan yang sulit untuk perempuan saat itu. Akses bekerja di luar rumah, merasa nyaman di ruang publik, tidak takut menjadi korban pelecehan, keikutsertaan dalam diskusi, dan penyampaian pendapat serta pemberian penghargaan yang sama dengan laki-laki menjadi faktor penting yang harus kita suarakan.
Jika melihat realitas saat ini, tentu perjuangan Kartini tak sia-sia. Hukum yang mengatur tentang hak warga negara mulai memberi kewajiban bagi warga negara untuk memperoleh pendidikan termasuk perempuan. Meskipun belum sepenuhnya terealisasikan tetapi berkat tulisannya yang mampu membuka sisi gelapnya akan kenyataan terhadap perempuan pada masa itu, sehingga banyak perempuan yang akhirnya sadar dan menyadari pentingnya mempunyai keberanian untuk memperjuangkan hak dan kewajiban yang setara dan adil dengan laki-laki.
Menulis dan membaca dan Islam
Tak hanya menulis, membaca adalah refleksi dari adanya tulisan, membaca dan menulis adalah satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Meskipun dengan kita membaca belum tentu menulis. Tetapi dengan menulis tentu kita akan membaca. Di dalam agama Islam menulis dan membaca mempunyai nilai ibadah, terutama menulis dan membaca hal-hal yang lebih mendekatkan diri kita kepada sang maha kuasa. Atau tulisan dan bacaan yang dapat membangun pengetahuan dalam diri, sehingga kita mampu merealisasikan Hablumminannas dengan menjadi manusia yang Khairunnas Anfauhum Linnas lewat pengetahuan kita.
Seperti dalam sejarah turunnya wahyu pertama kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yaitu Al-Qur’an. Umat Islam umumnya memahami bahwa wahyu pertama yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5, yang mana dalam surah tersebut mengandung perintah untuk membaca juga menulis.
Perintah membaca disebutkan dua kali dalam wahyu pertama ini , yang bunyi artinya; Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya (QS. Al-Alaq 1-5). Ini menunjukkan bahwa membaca dan menulis merupakan seruan dalam Al-Quran
Pandangan Cendikiawan Muslim Terhadap Membaca dan Menulis Dalam Surat Al-Alaq
Ziauddin Sardar, seorang cendekia muslim mengemukakan bahwa wahyu Surah Al-Alaq ayat 1 sampai dengan 5 adalah bukti kebudayaan pengetahuan ilmiah yang menjadi dasar dari masyarakat muslim. Menurut Sardar, wahyu pertama yang datang kepada Nabi Muhammad SAW di dalamnya membahas mengenai tindakan komunikasi yang membantu umat muslim dalam memproduksi pengetahuan, yakni membaca dan penggunaan alat komunikasi yang digambarkan dengan Qolam atau pena.
Kata ‘Iqra’ yang artinya bacalah mengimplikasikan ide dari kesadaran berkomunikasi, karena setiap membaca mengandaikan adanya pemahaman mengenai kata, juga sebagai wujud agar adanya kesalingan berinteraksi sesama manusia, seperti diskusi atau silaturahmi. Pena atau Qolam juga merepresentasikan ide komunikasi, yang mana pena adalah simbol bagi teknologi komunikasi yang digunakan untuk persebaran pengetahuan. Juga simbol instrumen untuk menjawab seruan Al-Quran yaitu membaca.
Maka dari itu semua, kita dapat menggarisbawahi beberapa poin. Pertama bahwa agama Islam yang melihat membaca dan menulis sebagai ibadah, sebagai instrumen diri untuk mendekatkan pada pengetahuan dan kemudian pada Tuhan. Kedua, meskipun keterampilan baca-tulis kala itu hanya sedikit dan dikuasai oleh segelintir orang, tetapi masyarakat Islam mampu tumbuh dan menggerakkan peradaban, meninggikan kemanusiaan.
Menulis Untuk Kepuasan Diri Sendiri
Dan mungkin sampai sekarang, membaca dan menulis belum menjadi kebisaan yang tumbuh dalam kebiasaan masyarakat kita. Terlebih membaca dan menulis terkesan membosankan dan terkadang tidak dapat menghasilkan nilai material. Tetapi, membaca dapat memelihara waktu dari kesia-siaan. Dan menulis dapat menciptakan keabadian.
Yang mana mendapatkan pengetahuan dan menciptakan karya dapat memberikan nilai yang lebih kepada diri.
Untuk itu, sebagai refleksi pembebasan diri dari segala isi hati, mulai menulislah tanpa memikirkan apakah orang-orang menyukainya ataukah tidak, menulislah tanpa memikirkan apakah tulisan kita tidak rancu pula tumpang tindih maknanya. Menulislah, ‘menulis saja’. Sebab menulis, yang harus pertama puas adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. []