Mubadalah.id – Selamat hari Kartini! “aku adalah menjadi kartini masa kini”, begitu caption postingan perayaan hari Kartini yang bertebaran di media sosial. Dari mulai kelompok muda sampai tua bahkan kelompok feminis dan anti feminis sakalipun, semuanya sepakat bahwa perjuangan Kartini untuk perempuan Indonesia patut diapresiasi dan dirayakan setidaknya setahun sekali.
Siapa yang tidak mengenal sosok Kartini? Ia adalah seorang aktivis Indonesia terkemuka yang mengadvokasi hak-hak perempuan dan pendidikan perempuan. Walaupun demikian, perjuangan Kartini belum usai, sehingga gerakan Kartini saat ini menjelma sebagai organisasi-organisasi perjuangan perempuan melawan adat.
Kita tahu betul hampir semua orang sepakat bahwa apa yang diperjuangkan Kartini adalah sebuah kebenaran, namun dalam praktiknya tidak semua orang berperilaku adil terhadap perempuan seperti apa yang dicontohkan Kartini. Artinya banyak dari kita mengenal sosok Kartini hanya sebatas pejuang perempuan tanpa memaknai bagaimana perjuangan Kartini dan melanjutkan perjuangannya.
Banyak dari orang yang saya temui, lalu mengaku dirinya sebagai pengagum sekaligus sepakat dengan perjuangan Kartini, tapi di sisi lain masih mendiskriminasi serta merenggut kebebasan perempuan. Situ sehat?
Sejak Orde Baru (dan sepertinya sampai sekarang), sosok Kartini dan pemikirannya mengerucut menjadi apa yang dikenakannya. Pada hari perayaan Kartini, kebaya dan adat istiadat yang membelenggu dilekatkan pada perempuan, selain itu sanggul rambut ikut menyertainya. Tulisannya dilupakan, dan pakaiannya dibanggakan! Begitu kira-kira gambarannya.
Padahal, perayaan hari Kartini bukan hanya tentang kebaya bahkan lebih jauh dari itu! Kartini adalah sosok yang memperkenalkan perempuan bahwa perjalanannya “tidak pendek”, tetapi “sangat luas” perempuan harus memiliki cita-cita tinggi, tidak hanya sekedar menjadi Raden Ayu.
Selain itu, Kartini juga mendambakan sebuah relasi perkawinan dimana posisi perempuan dan laki-laki setara tanpa ada relasi kuasa, perempuan tidak usah menghormati laki-laki secara berlebihan. Kartini juga mengajarkan perempuan di kampung-kampung untuk bisa baca-tulis, melawan poligami yang menyengsarakan perempuan dan memberikan upah layak dan cuti bagi pekerja perempuan.
Soal poligami, banyak dari kita yang mempertanyakan “Katanya Kartini menentang poligami, kok akhirnya mau dipoligami sih?” Ester Lianawati dalam bukunya yang berjudul “Ada Serigala Betina dalam Diri Setiap Perempuan” menyebutkan bahwa dia mengenal Kartini bukan hanya sosok pejuang pendidikan atau feminisme saja, dalam dunia psikologi Kartini adalah sosok nyata individu yang mampu mencapai kesejahteraan psikologis.
Mengapa demikian? Kartini kecil menderita dalam penderitaan ibunya. Namun dia tidak menjadi seorang anak yang menangisi penderitaannya. Melainkan ia menggunakan kesempatan yang ada sebaik mungkin. Ia belajar dengan tekun dalam pendidikan rendah Belanda yang dapat dinikmatinya sebagai keturunan bangsawan.
Saat berusia 12 tahun, Kartini mulai dipingit dan tidak bisa melanjutkan pendidikan tingginya dan di gadang-gadang akan segera dinikahkan. Dalam kondisi terpukul karena kebebasannya direnggut secara tiba-tiba, ia tidak tinggal diam, justru perjuangan dimulai dalam keterpukulan itu.
Hal tersebut menunjukan bahwa Kartini adalah prototipe individu sejahtera. Ia berhasil memaknai pengalamannya yang tidak menyenangkan menjadi sesuatu yang positif. Ia telah menunjukan sikap eudaimonik, yang mendorongnya untuk melakukan tindakan yang bermakna.
Sampai pada akhirnya ia terpaksa menerima untuk dinikahkan dengan Bupati Rembang yang telah beristri. Banyak yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah wujud takluknya Kartini pada kekuasaan, padahal tidak demikian. Ia menerimanya demi sebuah pencapaian suatu tujuan yang sudah dipikirkan secara matang, menurutnya akan banyak hal yang bisa dia usahakan untuk bangsa ini jika ia berada di samping laki-laki yang berpengaruh dibandingkan berdiri sendiri.
Alasan ini menunjukan bahwa Kartini adalah pribadi yang memiliki tujuan hidup, bahkan ketika kondisinya sedang tidak menyenangkan saat dipingit dan akan dinikahkan, dia tahu akan dibawa kemana hidupnya.
Jika membicarakan perjuangan Kartini, sebenarnya tidak akan ada habisnya, saking banyaknya! Kita yang mengaku sebagai “Kartini masa kini” sudahkah kita benar-benar menjadi Kartini masa kini? Atau hanya sebatas “kalimat” agar terasa keren?.
Menjadi Kartini masa kini, bisa dimulai dengan mengenal sosok Kartini itu sendiri, lalu meneladani personaliti Kartini serta melanjutkan perjuangannya. Perjuangan Kartini belum usai, mari kita lanjutkan gaes.. []