Minggu, 7 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Suqūt al-Imām; Perjuangan Melawan Penindasan

Karakter-karakter perempuan dalam cerita ini menunjukkan berbagai bentuk perlawanan terhadap sistem yang menindas mereka

Moh Soleh Shofier Moh Soleh Shofier
17 Juni 2024
in Buku, Rekomendasi
0
Suqūt al-Imām

Suqūt al-Imām

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah. Id – “Suqūt al-Imām” adalah novel keren dan bagus. Salah satu karya novelis besar Mesir, Nawal el-Sa’dawi ini mampu mangaduk-ngaduk sisi emosional keyakinan, agama Islam khususnya. Tak heran buku ini masuk daftar larangan beredar oleh Ulama Al-Azhar.

Sebab, novel “Suqūt al-Imām” (jatuhnya sang Imam) tak sedikit menyinggung ajaran Islam bahkan ayat Alquran yang mengeksplorasi tema kekuasaan religius dan politikus yang menindas dari perspektif feminisme.

Dengan kemahiran Nawal El-Sa’dawi mampu meramu cerita-cerita dalam buku ini dengan konteks sosio-politik yang kompleks di negaranya Mesir dengan kemasan dua sosok yang selalu berhadap-hadapan, berlawanan, dan bertentangan satu sama lain.

Pertama, sosok perempuan yang barnama Bintullah atau anak perempuan Tuhan. Kedua, seorang lelaki berlabel sang “al-Imām”. Jika sosok pertama, Bintullah simbol yang tertindas dan keberaniannya mencari kebenaran jati dirinya.

Sebagai oposisi yang terus menyuarakan keadilan khususnya relasi laki-laki dan perempuan, baik dalam ranah politik, sosial, dan agama. Sosok yang melawan hegemoni kekuasaan yang menindas. Maka, sosok Imam adalah orang berkuasa, religius sekaligus politikus, yang penuh dengan kebusukan moral dan manipulatif.

Tokoh dan Karakter dalam Novel Suqut al-Imam

Karakter-karakter dalam novel ini tidak hanya berfungsi sebagai individu tetapi juga sebagai representasi dari kelompok-kelompok masyarakat elit dan masyarakat yang terpinggirkan.

Seperti Imam dalam cerita ini sebagai simbol dari kekuasaan yang absolut dan korup dan penuh manipulatif. Kekuasaan ini tidak hanya bersifat politis tetapi juga religius, di mana agama sebagai justifikasi untuk tindakan-tindakan represif kekuasaan.

Sementara karakter Bintullah dalam novel ini menggambarkan kondisi perempuan secara umum dalam masyarakat yang terkekang hukum-hukum patriarki dan agama yang jadi alat pengekangnya.

Konteks Politik dalam Novel Suqut al-Imam

Dalam konteks politik, novel ini mengisahkan dua aliansi Hizbullah (حزب الله) dan partai setan (حزب الشيطان) sebagai oposisinya. Partai Setan? Sebab menjadi oposisi dari Hizbullah yang diasumsikan sebagai representasi partai Tuhan, dengan sang Imam jabatan tertingginya.

Sementara orang-orang yang tidak ikut kedua aliansi di atas, walaupun berjuang demi negaranya maka perjuangannya tak dianggap dan sosoknya adalah mata musuh. Sebagaimana  saudara lelakinya Bintullah mengalaminya yang gugur di medan perjuangan.

وقال: أنا أعرفه، وله عندي صورة في الملف، وليس له اسم في حزب الله أو حزب الشيطان، وهذا دليل على أنه ليس واحدًا منا، ومن ليس منا فهو تلبيس إبليس.

“Saya kenal dia, dan saya punya fotonya di arsip, dan dia tidak punya nama di Hizbullah atau Partai. Setan, dan ini bukti bahwa dia bukan salah satu dari kita, dan siapa pun yang bukan salah satu dari kita, dialah tipu muslihat Setan”. Perkataan kepala keamanan kepada Bintullah.

Dalam dunia nyata, sosok itu barangkali cerminan Nawal sendiri yang tak ikut aliansi politik tetapi kritis pada penguasa di Mesir maka labelnya adalah tali-temali iblis.

Gambaran Persepsi Masyarakat dalam Suqut al-Imam

Sebagaimana maklum, dalam tradisi patrairki perempuan tak memiliki hak apapun hatta hak membela diri di pengadilan. Seturut dengan itu,  agama seringkali menjadi alat para politisi. Dengan agama, politikus memanipulasi rakyat yang lugu dengan keagamaannya.

Dalam konteks ini, Nawal al-Sa’dawi sangat kuat menarasikannya pada bab “Sekali dalam Sejarah, مرةٌ واحدة في التاريخ”. Dalam bab ini, penulis menggambarkan bahwa keluguan masyarakat dalam keagamaan sering menjadi momok tipu daya orang kuat yang disimbolkan dengan Imam. Adalah Bintullah, ketika ia tertembak, dan anjingnya, Marzuk setia menemaninya.

Meski terluka, perempuan itu mengingat kembali percakapan dengan sekelompok orang yang mengklaim bahwa mereka mengikuti Imam. Karena Imam mengetahui firman Tuhan melalui mimpinya.

Di saat yang sama mereka enggan menerima hal yang serupa Tuhan datang pada Bintullah karena ia perempuan. Dan Tuhan tidak mengunjungi perempuan. Tokoh ini kemudian menyebut contoh kunjungan Tuhan kepada Perawan Maria dan Nabi Muhammad, yang membuat mereka terdiam (Suqut al-Imam, hal: 25).

Dialog ini menggambarkan ketegangan antara keyakinan pribadi Bintullah dan dogma yang tertanam di tengah masyarakat bahwa Tuhan hanya hadir pada lelaki.

Politisasi Keyakinan Awal oleh Imam

Dengan kata lain, hanya lelaki yang pantas religius dan mendapat jamuan Tuhan. Dari sinilah kemudian, Imam mempolitisasi akan kekuatan iman yang tertanam dalam benak masyarakat. Oleh sebab itu, ketika Imam memerintahkan seseuatu, tidak ada kata selain melaksanakannya sebagaimana tergambar dalam cuplinkan ini.

لكن الأمر صدر، وحين يصدر الأمر فلا سؤال ولا جدال؛ فالجدل بدعةٌ أجنبية لم ترد في التراث، ومن أحدث في أمرنا ما ليس في التراث فهو فتنة، والفتنة أشد من القتل، ولا يُجادل في ذلك إلا كافرٌ بالله خائن للوطن والإمام.

“Tetapi perintah sudah turun (dari Imam) maka ketika ada perintah maka tak ada pertanyaan apa lagi interupsi. Karena interupsi adalah bid’ah yang tidak ada dalam warisan tradisi. Barangsiapa memasukkan ke dalam perkara kami sesuatu yang tidak ada dalam tradisi. Maka ia adalah pengkhianat yang lebih buruk dari pembunuhan, dan tidak seorang pun yang akan membantah hal itu kecuali orang yang kafir kepada Allah dan pengkhianat tanah air dan Imam”.

Bila kondisinya demikian, maka untuk mengendalikan kekuasaan begitu mulus. Termasuk membungkam oposisi yang muncul dari perempuan yang mencari keadilan. Karena penguasa membuat narasi negatif yang ditanam dalam benak masyarakat. Misalnya sebagai berikut.

وإذا صدرت الخيانة من الأنثى فهي تزيد عن الكفر وخيانة الوطن إلى الفاحشة وفقدان الشرف

“Jika pengkhianatan itu dari perempuan, maka hal itu lebih ketimbang parah kekafiran dan mencakup kejahatan dan pengkhianatan terhadap negara hingga amoralitas dan hilangnya kehormatan (Suqut al-Imam, hal: 115).

Bintullah menentang Persepsi Misoginis

El-Saadawi, yang dikenal sebagai seorang feminis dan kritikus sosial, menggunakan novel ini dengan Bintullah sebagai tokoh untuk menyoroti penindasan yang dialami perempuan dalam masyarakat patriarkal.

Karakter-karakter perempuan dalam cerita ini menunjukkan berbagai bentuk perlawanan terhadap sistem yang menindas mereka. Adapun persepsi tersebut di antaranya sebagai berikut.

. وذنب البنت ضعف ذنب الولد، وفي غير ذلك من الحقوق يكون للبنت نصف حقوق الولد.

“Dosa anak perempuan dua kali lipat dari dosa anak laki-laki. Hak-hak lainnya anak perempuan mempunyai separuh hak anak laki”. (Suqut al-imam hal:116)

وقبل أن تسقط وتنسى الحروف استدارت وقالت: ما هي جريمتي وأنا عذراء لم يمسسني بشر؟ قالوا: الأنثى إذا ماتت وهي عذراء تدخل الجنة، ولن نُرسلك إلى العالم الآخر إلا وأنت غير عذراء

“Bintullah berbalik dan berkata: Apa kejahatanku ketika aku masih perawan dan lelaki belum menyentuhnya? Mereka berkata: Jika seorang wanita meninggal dalam keadaan masih perawan, maka dia akan masuk surga. Dan kami tidak akan memasukkan kamu ke akhirat kecuali kamu sudah tak perawan lagi.” (116)

Selain itu, anak hasil dari perzinahan seolah halal darahnya sebagaimana Bintullah alami dari masyarakat sekitar. Terutama polisi-polisi agama yang sebagaimana pernyataan para tentara tersebut.

 يقولون: ثمرة الخطيئة، ولمن يقتلها جائزة في الدنيا والجنة في الآخرة

“Para militer itu berkata, “buah dari keburukan (anak zina). Maka barangsiapa yang bisa membunuhnya maka ia mendapat insientif baik di dunia maupun akhirat”.

“Jatuhnya Sang Imam” tetap relevan dalam konteks modern. Di mana isu-isu seperti korupsi, penyalahgunaan agama, dan penindasan terhadap perempuan masih sangat nyata di banyak bagian dunia yang tentu lebih halus. Menampakkan diri seolah membela perempuan dan kaum terpinggirkan faktanya menjerumuskannya.

Maka dengan membaca Karya ini mengajak pembaca untuk merenungkan tentang pentingnya keadilan sosial dan kesetaraan gender yang menjadi ladang perjuangan. []

Judul Asli: Suqut al-Imam

Penulis: Nawal El-Sa’dawi

Genre: Fiksi Sosio-agama Politik, Feminisme

Tanggal Terbit:  terbit pertama kali 1987

Bahasa: Bahasa Arab (asli), telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia

 

 

Tags: GenderkeadilanKesetaraanMesirNawal El ShaadawiNovelReview BukuSuqūt al-Imām
Moh Soleh Shofier

Moh Soleh Shofier

Dari Sampang Madura

Terkait Posts

Film Pangku
Film

Film Pangku: Tak Sebandingnya Hak Perempuan dengan Beban yang Ditanggung

26 November 2025
Juru Bicara Disabilitas
Publik

Pentingnya Juru Bicara Disabilitas Berperspektif Gender

25 November 2025
Jika Ibu tiada
Buku

Jika Ibu Tiada, Apa yang Terjadi? Membaca Beban Ganda Ibu dalam Novel Please Look After Mom

24 November 2025
Teruslah Bodoh Jangan Pintar
Buku

Teruslah Bodoh Jangan Pintar: Antara Cacat Moral dan Disabilitas Fisik

14 November 2025
Maskulin Toksik
Personal

Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

4 November 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen
  • Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID