Jumat, 17 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    Pembangunan Pesantren

    Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    Eko-Psikologi

    Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

    Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    Budaya Pondok Pesantren

    Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    Pembangunan Pesantren

    Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    Eko-Psikologi

    Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

    Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    Budaya Pondok Pesantren

    Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Suqūt al-Imām; Perjuangan Melawan Penindasan

Karakter-karakter perempuan dalam cerita ini menunjukkan berbagai bentuk perlawanan terhadap sistem yang menindas mereka

Moh Soleh Shofier Moh Soleh Shofier
17 Juni 2024
in Buku, Rekomendasi
0
Suqūt al-Imām

Suqūt al-Imām

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah. Id – “Suqūt al-Imām” adalah novel keren dan bagus. Salah satu karya novelis besar Mesir, Nawal el-Sa’dawi ini mampu mangaduk-ngaduk sisi emosional keyakinan, agama Islam khususnya. Tak heran buku ini masuk daftar larangan beredar oleh Ulama Al-Azhar.

Sebab, novel “Suqūt al-Imām” (jatuhnya sang Imam) tak sedikit menyinggung ajaran Islam bahkan ayat Alquran yang mengeksplorasi tema kekuasaan religius dan politikus yang menindas dari perspektif feminisme.

Dengan kemahiran Nawal El-Sa’dawi mampu meramu cerita-cerita dalam buku ini dengan konteks sosio-politik yang kompleks di negaranya Mesir dengan kemasan dua sosok yang selalu berhadap-hadapan, berlawanan, dan bertentangan satu sama lain.

Pertama, sosok perempuan yang barnama Bintullah atau anak perempuan Tuhan. Kedua, seorang lelaki berlabel sang “al-Imām”. Jika sosok pertama, Bintullah simbol yang tertindas dan keberaniannya mencari kebenaran jati dirinya.

Sebagai oposisi yang terus menyuarakan keadilan khususnya relasi laki-laki dan perempuan, baik dalam ranah politik, sosial, dan agama. Sosok yang melawan hegemoni kekuasaan yang menindas. Maka, sosok Imam adalah orang berkuasa, religius sekaligus politikus, yang penuh dengan kebusukan moral dan manipulatif.

Tokoh dan Karakter dalam Novel Suqut al-Imam

Karakter-karakter dalam novel ini tidak hanya berfungsi sebagai individu tetapi juga sebagai representasi dari kelompok-kelompok masyarakat elit dan masyarakat yang terpinggirkan.

Seperti Imam dalam cerita ini sebagai simbol dari kekuasaan yang absolut dan korup dan penuh manipulatif. Kekuasaan ini tidak hanya bersifat politis tetapi juga religius, di mana agama sebagai justifikasi untuk tindakan-tindakan represif kekuasaan.

Sementara karakter Bintullah dalam novel ini menggambarkan kondisi perempuan secara umum dalam masyarakat yang terkekang hukum-hukum patriarki dan agama yang jadi alat pengekangnya.

Konteks Politik dalam Novel Suqut al-Imam

Dalam konteks politik, novel ini mengisahkan dua aliansi Hizbullah (حزب الله) dan partai setan (حزب الشيطان) sebagai oposisinya. Partai Setan? Sebab menjadi oposisi dari Hizbullah yang diasumsikan sebagai representasi partai Tuhan, dengan sang Imam jabatan tertingginya.

Sementara orang-orang yang tidak ikut kedua aliansi di atas, walaupun berjuang demi negaranya maka perjuangannya tak dianggap dan sosoknya adalah mata musuh. Sebagaimana  saudara lelakinya Bintullah mengalaminya yang gugur di medan perjuangan.

وقال: أنا أعرفه، وله عندي صورة في الملف، وليس له اسم في حزب الله أو حزب الشيطان، وهذا دليل على أنه ليس واحدًا منا، ومن ليس منا فهو تلبيس إبليس.

“Saya kenal dia, dan saya punya fotonya di arsip, dan dia tidak punya nama di Hizbullah atau Partai. Setan, dan ini bukti bahwa dia bukan salah satu dari kita, dan siapa pun yang bukan salah satu dari kita, dialah tipu muslihat Setan”. Perkataan kepala keamanan kepada Bintullah.

Dalam dunia nyata, sosok itu barangkali cerminan Nawal sendiri yang tak ikut aliansi politik tetapi kritis pada penguasa di Mesir maka labelnya adalah tali-temali iblis.

Gambaran Persepsi Masyarakat dalam Suqut al-Imam

Sebagaimana maklum, dalam tradisi patrairki perempuan tak memiliki hak apapun hatta hak membela diri di pengadilan. Seturut dengan itu,  agama seringkali menjadi alat para politisi. Dengan agama, politikus memanipulasi rakyat yang lugu dengan keagamaannya.

Dalam konteks ini, Nawal al-Sa’dawi sangat kuat menarasikannya pada bab “Sekali dalam Sejarah, مرةٌ واحدة في التاريخ”. Dalam bab ini, penulis menggambarkan bahwa keluguan masyarakat dalam keagamaan sering menjadi momok tipu daya orang kuat yang disimbolkan dengan Imam. Adalah Bintullah, ketika ia tertembak, dan anjingnya, Marzuk setia menemaninya.

Meski terluka, perempuan itu mengingat kembali percakapan dengan sekelompok orang yang mengklaim bahwa mereka mengikuti Imam. Karena Imam mengetahui firman Tuhan melalui mimpinya.

Di saat yang sama mereka enggan menerima hal yang serupa Tuhan datang pada Bintullah karena ia perempuan. Dan Tuhan tidak mengunjungi perempuan. Tokoh ini kemudian menyebut contoh kunjungan Tuhan kepada Perawan Maria dan Nabi Muhammad, yang membuat mereka terdiam (Suqut al-Imam, hal: 25).

Dialog ini menggambarkan ketegangan antara keyakinan pribadi Bintullah dan dogma yang tertanam di tengah masyarakat bahwa Tuhan hanya hadir pada lelaki.

Politisasi Keyakinan Awal oleh Imam

Dengan kata lain, hanya lelaki yang pantas religius dan mendapat jamuan Tuhan. Dari sinilah kemudian, Imam mempolitisasi akan kekuatan iman yang tertanam dalam benak masyarakat. Oleh sebab itu, ketika Imam memerintahkan seseuatu, tidak ada kata selain melaksanakannya sebagaimana tergambar dalam cuplinkan ini.

لكن الأمر صدر، وحين يصدر الأمر فلا سؤال ولا جدال؛ فالجدل بدعةٌ أجنبية لم ترد في التراث، ومن أحدث في أمرنا ما ليس في التراث فهو فتنة، والفتنة أشد من القتل، ولا يُجادل في ذلك إلا كافرٌ بالله خائن للوطن والإمام.

“Tetapi perintah sudah turun (dari Imam) maka ketika ada perintah maka tak ada pertanyaan apa lagi interupsi. Karena interupsi adalah bid’ah yang tidak ada dalam warisan tradisi. Barangsiapa memasukkan ke dalam perkara kami sesuatu yang tidak ada dalam tradisi. Maka ia adalah pengkhianat yang lebih buruk dari pembunuhan, dan tidak seorang pun yang akan membantah hal itu kecuali orang yang kafir kepada Allah dan pengkhianat tanah air dan Imam”.

Bila kondisinya demikian, maka untuk mengendalikan kekuasaan begitu mulus. Termasuk membungkam oposisi yang muncul dari perempuan yang mencari keadilan. Karena penguasa membuat narasi negatif yang ditanam dalam benak masyarakat. Misalnya sebagai berikut.

وإذا صدرت الخيانة من الأنثى فهي تزيد عن الكفر وخيانة الوطن إلى الفاحشة وفقدان الشرف

“Jika pengkhianatan itu dari perempuan, maka hal itu lebih ketimbang parah kekafiran dan mencakup kejahatan dan pengkhianatan terhadap negara hingga amoralitas dan hilangnya kehormatan (Suqut al-Imam, hal: 115).

Bintullah menentang Persepsi Misoginis

El-Saadawi, yang dikenal sebagai seorang feminis dan kritikus sosial, menggunakan novel ini dengan Bintullah sebagai tokoh untuk menyoroti penindasan yang dialami perempuan dalam masyarakat patriarkal.

Karakter-karakter perempuan dalam cerita ini menunjukkan berbagai bentuk perlawanan terhadap sistem yang menindas mereka. Adapun persepsi tersebut di antaranya sebagai berikut.

. وذنب البنت ضعف ذنب الولد، وفي غير ذلك من الحقوق يكون للبنت نصف حقوق الولد.

“Dosa anak perempuan dua kali lipat dari dosa anak laki-laki. Hak-hak lainnya anak perempuan mempunyai separuh hak anak laki”. (Suqut al-imam hal:116)

وقبل أن تسقط وتنسى الحروف استدارت وقالت: ما هي جريمتي وأنا عذراء لم يمسسني بشر؟ قالوا: الأنثى إذا ماتت وهي عذراء تدخل الجنة، ولن نُرسلك إلى العالم الآخر إلا وأنت غير عذراء

“Bintullah berbalik dan berkata: Apa kejahatanku ketika aku masih perawan dan lelaki belum menyentuhnya? Mereka berkata: Jika seorang wanita meninggal dalam keadaan masih perawan, maka dia akan masuk surga. Dan kami tidak akan memasukkan kamu ke akhirat kecuali kamu sudah tak perawan lagi.” (116)

Selain itu, anak hasil dari perzinahan seolah halal darahnya sebagaimana Bintullah alami dari masyarakat sekitar. Terutama polisi-polisi agama yang sebagaimana pernyataan para tentara tersebut.

 يقولون: ثمرة الخطيئة، ولمن يقتلها جائزة في الدنيا والجنة في الآخرة

“Para militer itu berkata, “buah dari keburukan (anak zina). Maka barangsiapa yang bisa membunuhnya maka ia mendapat insientif baik di dunia maupun akhirat”.

“Jatuhnya Sang Imam” tetap relevan dalam konteks modern. Di mana isu-isu seperti korupsi, penyalahgunaan agama, dan penindasan terhadap perempuan masih sangat nyata di banyak bagian dunia yang tentu lebih halus. Menampakkan diri seolah membela perempuan dan kaum terpinggirkan faktanya menjerumuskannya.

Maka dengan membaca Karya ini mengajak pembaca untuk merenungkan tentang pentingnya keadilan sosial dan kesetaraan gender yang menjadi ladang perjuangan. []

Judul Asli: Suqut al-Imam

Penulis: Nawal El-Sa’dawi

Genre: Fiksi Sosio-agama Politik, Feminisme

Tanggal Terbit:  terbit pertama kali 1987

Bahasa: Bahasa Arab (asli), telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia

 

 

Tags: GenderkeadilanKesetaraanMesirNawal El ShaadawiNovelReview BukuSuqūt al-Imām
Moh Soleh Shofier

Moh Soleh Shofier

Dari Sampang Madura

Terkait Posts

Korban Kekerasan Seksual
Publik

Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

14 Oktober 2025
Keadilan sebagai
Hikmah

Keluarga sebagai Ruang Pendidikan Keadilan dan Kasih Sayang

11 Oktober 2025
Emmeline Pankhurst
Figur

Emmeline Pankhurst, Suffragist, dan Tuduhan “Blackmail Politik”

8 Oktober 2025
Perempuan Baik untuk Lelaki yang Baik
Hikmah

Perempuan Baik untuk Lelaki yang Baik dalam Perspektif Al-Qur’an

7 Oktober 2025
Feminis Sejati
Personal

Ibuku Tak Belajar Feminisme, Tapi Ia Seorang Feminis Sejati

6 Oktober 2025
Kesetaraan yang
Hikmah

Prinsip Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan dalam Al-Qur’an

22 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Fitrah Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?
  • Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi
  • Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren
  • Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan
  • Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID