Hadits tentang 70 lebih pintu keimanan sangat populer di kalangan masyarakat Islam. Dalam sabda Nabi Saw, bahwa pintu-pintu keimanan itu ada 70 lebih, yang tertinggi kesaksian “Tiada Tuhan selain Allah” dan yang terendah adalah menyisihkan segala sesuatu yang bisa menyakitkan dari jalan”. Hadits ini diriwayatkan Imam Bukhari dalam Sahihnya. Tetapi apa saja tafsir dari 70 lebih pintu keimanan ini masih sangat sedikit ulama yang membahas.
Di antara yang sedikit itu adalah Imam Abu al-Qasim Husein bin Muhammad ar-Raghib al-Isfahani (w. 502 H) dalam kitabnya “Kitab adz-Dzari’ah ilaa Makaarim asy-Syari’ah”. Biasanya, hadits ini dibiarkan terbuka dengan dimaknai untuk segala jenis kebaikan apapun, ritual maupun sosial, tanpa memastikan bisa menyentuh angka persis 70 yang disebut dalam hadits tersebut.
Nah, al-Isfahani berbeda. Penjelasan angka ini secara persis ditetapkan. Ungkapan “bidh’un wa sab’uuna” atau 70 lebih, dalam hadits itu, dibatasi langsung dengan angka 72, bukan yang lain. Artinya, ada 72 pintu keimanan, yang diungkapkan Nabi Saw tersebut, dalam penjelasan al-Isfahani.
Pertama kali, al-Isfahani membagi keimanan ke dalam 2 bagian: keyakinan (i’tiqady) dan amal perbuatan (a’maal). Lalu, keyakinan dibagi ke dalam 3 tingkatan: keyakinan penuh (yaqiniy), dugaan penuh (dzanniy), idan ikutan penuh (taqlidiy). Keimanan tingkat pertama yaqiniy adalah yang dihasilkan sendiri dan sampai pada keyakinan penuh yang sama sekali tidak ada unsur keraguan sedikitpun (QS. Al-Hujurat, 49: 15).
Keimanan tingkat kedua dzanny adalah yang diusahakan sendiri dan sampai pada dugaan yang penuh, menyisakan sedikit sekali keraguan yang tidak mengganggu (QS. Al-Baqarah, 2: 46). Keimanan tingkat ketiga taqlidiy adalah hasil ikutan pada ulama, bukan yang hasil pencariannya sendiri (QS. An-Nisa, 4: 83).
Amal perbuatan (a’maal) sendiri terbagi 3 jenis: amal sosial untuk memakmurkan seluruh penduduk bumi dan alam sekitar (‘imaarat al-ardh, QS. Hud, 11: 61); amal ibadah ritual (‘ibaadatullaah, QS. Adz-Dzariyat, 51: 56); amal kepemimpinan untuk memastikan kemuliaan-kemuliaan Islam berjalan (khilaafatullaah, QS. Al-Baqarah, 2: 30 dan al-A’raf, 7: 129).
Dengan 3 tingkat keyakinan dan 3 jenis amal perbuatah, berarti semuanya ada 6 pintu keimanan. Dari masing-masing 6 jalan keimanan ini dirambah seseorang dengan 2 cara. Ada yang menjalaninya karena dorongan ketakutan terhadap sesuatu (rahbah) atau rasa kecintaan pada sesuatu (raghbah QS. Al-Anbiya, 21: 90); dan ada yang melakukannya penuh keikhlasan (ikhlash) serta percaya diri (QS. An-Nisa, 4: 146). Berarti semuanya, berjumlah 12 pintu keimanan.
Ke-12 pintu keimanan ini, terbagi ke dalam 3 level. Ada yang masih level pemula (mubtada’), level tengah (mutawassith), dan level akhir (muntaha). Berarti semuanya menjadi 36 pintu keimanan. Lalu, masing-masing dari 36 pintu atau jalan ini, ada yang diperoleh melalui pilihan Allah Swt (ijtibaa’) ada yang diperoleh melalui petunjuk-Nya (ihtidaa’). Jalan pilihan (ijtibaa’) bagi para Nabi, wali, dan mereka yang menggunakan hati, sementara jalan petunjuk bagi para ulama, pemikir, dan mereka yang menggunakan akal pikiran (QS. Maryam, 19: 58 dan Asy-Syura, 42: 13).
Dengan demikian semuanya adalah 72 pintu atau jalan keimanan. Dan seperti terlihat nyata, dalam penjelasan di atas, semua pintu dan jalan keimanan itu terbuka bagi siapapun, laki-laki maupun perempuan. Jenis kelamin seseorang tidak menjadi jaminan keimanannya lebih baik, atau levelnya lebih tinggi. Jika kita ingin semua orang bisa merambah jalan-jalan keimanan tersebut, maka harus ada kondisi sosial yang mendukung, sehingga seseorang tidak karena jenis kelamin tertentu, terhalang dari salah satu pintu atau jalan keimanan yang berjumlah 72 tersebut. Wallahu a’lam.