Mubadalah.id – Dalam pandangan masyarakat umum, perempuan dianggap sebagai second people, manusia kedua. Perempuan hanya sebatas sumur, kasur dan dapur. Padahal di dalam Al-Qur’an laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama menjadi hamba Allah sebagaimana termaktub dalam QS. Al-Zariyat [51]: 56.
Sedangkan menurut Nasaruddin Umar dalam buku Argumen Kesetaraan Gender bahwa kapasitas kita sebagai hamba dihadapan Tuhannya sama, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Sebab, lanjut Nasar, dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa hamba yang ideal adalah ia yang memiliki derajat taqwa, indallahi atqakum.
Islam begitu menghargai perempuan, ini dibuktikan dengan banyaknya para pahlawan dari kalangan perempuan. Salah satunya adalah Ummu Umarah. Dalam Siyar A’lam an-Nubala disebutkan bahwa ia memiliki nama asli Nusaibah binti Ka’ab bin Amr. Ia seorang perempuan mujahidah yang berasal dari kalangan Anshar, keturunan Khazraj, Al-Maziniyyah Al-Madaniyyah. (Siyar A’lam, vol. 1, hlm. 405)
Nusaibah ikut berbai’at pada malam Aqabah. Ia juga ikut dalam beberapa peperangan seperti perang Uhud, Hudaibiyyah, Hunaian dan Yamamah. Ia Juga ikut dalam beberapa medan jihad lainnya dan melakukan banyak tugas hingga tangannya cacat. Sampai di sini, kita tidak boleh memandang perempuan secara rendah. Bukankah yang paling baik di sisi Allah adalah orang yang betaqwa (QS. Al-Hujurat [49]: 13)? Lalu, apa yang dapat kita pelajari dari seorang sahabat perempuan Nusaibah ini?
Mencari Karunia dan Ridla dari Alllah
Masih dalam Siyar A’lam an-Nubala disebutkan Dhamrah bin Sa’id al-Mazini pernah berbicara tentang neneknya bahwa ketika dia ikut perang Uhud, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Kedudukan Nusaibah binti Ka’ab ini lebih baik daripada kedudukan fulan dan fulan”. Ini menandakan bahwa hijrah yang dilakukan oleh Nusabaibah tidak semata-mata untuk mencari dunia. Melainkan mencari karunia dari Allah.
Semangat ini patut kita contoh bahwa, popularitas, pangkat, jabatan, serta harta cukup disimpan di tangan jangan sampai menempatkannya di hati. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Nusaibah. Juga, ketika perang di medan peperangan yang mempertaruhkan nyawanya untuk Allah. Semangat mencari karunia Allah ini tidak pandang bulu, entah laki-laki ataupun perempuan, semua memiliki posisi yang sama. Siapa yang mencari maka ia akan mendapatkannya.
Membela Tuhan dan Nabinya
Dalam kapasitas sebagai hamba, sebagaimana disebutkan di atas, bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama. Begitu pula dalam membela Allah dan Nabinya. Dalam sebuah riwayat diceritakan, ketika perang Uhud Rasulullah dalam kepungan musuh lalu Ummu Umarah melihat seorang penunggang kuda yang ingin menyerang Nabi seketika itu Ummu Umarah bergegas dan memukul kudanya dan mengenai punggungnya. Lalu Nabi bersabda dan berteriak, ”Wahai Ibnu Umi Umarah, lihatlah ibumu, lihatlah ibumu!
Lihatlah bagaimana Nabi mengapresiasi perjuangan seorang perempuan dalam sebuah pertempuran. Perempuan yang mampu memainkan pedangnya dengan piawai tanpa sedikitpun gentar dengan musuhnya. Perempuan yang tidak sedikitpun bertekad untuk menyerah terhadap lawannya. Bukannya mundur, ia justru merangkak melewati pasukan untuk menolong Nabinya. Sebuah apresiasi luar biasa dari Nabi untuk Ummu Umarah.
Bukankah perempuan adalah tiang negara (al-Mar’atu ‘imadu al-Bilad)? Nusaibah membuktikan bahwa ia adalah salah satu bagian dari perempuan yang menjadi berdirinya “negara” Yastrib.
Menanti Kehadiran “Nusaibah” Masa Kini
Siapakah “Nusaibah” masa kini? “Nusaibah” masa kini adalah mereka yang mampu memperjuangkan hak-hak perempuan sebagaimana Nusaibah yang ikut memperjuangkan kehadiran “negara” Yastrib pada masa Nabi. “Nusaibah” masa kini tentu tidak perlu berperang angkat senjata seperti di zaman Nabi. “Nusaibah” masa kini adalah mereka yang mampu membebaskan para perempuan dari cengkraman budaya patriarki, subordinasi, serta diskriminasi yang terstruktur dan sistematis di sekitarnya.
Dalam konteks Indonesia, kita punya Ibu Kartini yang memohon kepada Kiai Soleh Darat untuk menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam bahasa Jawa. Ibu Nyai Nur Rofi’ah yang dengan Ngaji KGI (Keadilan Gender Islam) memberikan perspektif tafsir yang ramah akan gender. Mari kita teladani spirit hijrah Nusaibah binti Ka’ab dalam menyongsong tahun baru Hijriah 1443. Selamat tahun baru Hijriah 1443. Wallahu’alam bish-showab. []