Mubadalah.id – Altruisme secara harfiah dipahami sebagai perilaku mementingkan kebahagiaan orang lain tanpa memperhatikan dirinya sendiri. Dalam Islam, altruisme lebih dikenal dengan istilah al-itsar atau kaum sufi biasanya lebih sering menyebutnya dengan nomenklatur al-futuwwah.
Syekh al-Akbar Muhyiddin Ibnu Arabi, pengarang kitab Al-Futuhat al-Makkiyyah berpendapat bahwa perilaku altruis (al-itsar) merupakan salah satu hak yang harus dipenuhi seorang ketika hendak menempuh perjalanan menuju Tuhan. Perilaku altruis ini sangat dianjurkan, bahkan ditekankan oleh Ibnu Arabi sebagai sebuah hak yang harus dipenuhi bagi seorang manusia dalam menjalani kehidupan.
Dalam Al-Futuhat al-Makkiyah, Ibnu Arabi menjelaskan bahwa ada tiga hak yang harus dipenuhi oleh manusia yaitu: hak Tuhan, hak makhluk, dan hak diri sendiri.
Hak Tuhan, berarti ia harus menyembah-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan siapapun.
Hak makhluk, berarti ia harus berbuat baik kepada semua makhluk-Nya. Tak kecuali kepada hewan dan tumbuhan.
Hak diri sendiri, berarti ia harus merawat dirinya sendiri, menjaga kesehatan fisik dan mentalnya agar bisa mencapai tujuannya dalam hidup dan memperoleh bahagia.
Ketiga hak tersebut adalah hak yang akan selalu mengikat manusia. Hak-hak tersebut harus dipenuhi jika manusia ingin terus mengembangkan dirinya dan mendapatkan makna akan keberadaannya.
Untuk hak Tuhan sendiri telah tertulis dalam al-Qur’an Surat Az-Zariyat 51: Ayat 56: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”
Manusia tak akan bisa mengingkari akan kebenaran ayat ini. Keberadaan manusia di dunia akan kehilangan makna jika ia tidak beribadah kepada-Nya. Karena, secara psikologis, manusia membutuhkan objek ketaatan untuk menunjang eksistensinya di dunia. Ia butuh objek untuk disembah agar mau menjalankan perintah. Ia butuh objek untuk dipuji agar mau bekerja keras untuk mencapai tujuannya. Ia butuh objek untuk dicintai agar selalu termotivasi untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri.
Tanpa objek ketaatan, manusia akan kehilangan harapan. Kehilangan harapan akan membuat manusia tak lagi bersemangat dalam menjalani hidupnya. Ketika harapan tiada, kehidupan seolah menelan dirinya kedalam kegelapan. Hidupnya akan terasa tidak lagi berharga dan pada akhirnya, akan berakhir pada nihilisme (anggapan bahwa kehidupan tidaklah penting).
Ketika manusia telah menemukan objek ketaatan (Tuhan), segala yang dilakukannya akan bernilai ibadah, dan ia akan mendapatkan makna dalam setiap pekerjaannya.
Akan tetapi, upaya manusia dalam beribadah kepada-Nya bisa menjadi sebuah bentuk egoisme jika ia tidak memperhatikan kehidupan di sekitarnya. Karena, bagaimana mungkin seseorang bisa mencintai-Nya jika mencintai mahluk-Nya saja tidak bisa?
Ibadah adalah buah dari cinta, dan salah satu syarat untuk mencintai suatu objek adalah dengan mencintai semua yang berkaitan dengan objek tersebut. Jika tidak begitu, seseorang tak akan berhak disebut sebagai pencinta sebab ia hanya mementingkan dirinya semata. Maka dari itu, syarat untuk mencintai Tuhan adalah mencintai semua mahluk-Nya.
Jadi, ketiga hak yang disebutkan oleh Ibnu Arabi tadi sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Manusia tak akan bisa memenuhi hak Tuhan jika dirinya tidak bisa memenuhi hak mahluk dan hak dirinya sendiri. Dengan kata lain, ibadah seseorang tidak akan sempurna jika ia tidak berbuat baik terhadap sesama, dan seseorang tak akan bisa beribadah dengan baik jika kesehatannya sedang terganggu.
Maka, cintailah dirimu karena-Nya dan berbuat baiklah terhadap sesama. Karena engkau tak akan pernah bisa mencintai Tuhan tanpa mencintai makhluk-Nya, dan engkau tak akan pernah bisa merasakan nikmatnya cinta, jika kau tak bisa mencintai diri sendiri.
Sebagaimana kata Fuzûlî, seorang penyair sufi dari Turki: “Seorang yang mencintai Kekasihnya karena dirinya sendiri, berarti ia tidak mencintai kekasihnya. Tapi, seseorang yang mencintai dirinya sendiri karena Kekasihnya, berarti ia mencintai Kekasihnya.” []