Mubadalah.id – Dalam satu diskusi warung kopi, pembahasan para anak muda telah sampai pada topik pernikahan. Tentang nikah memang seakan menjadi tema yang menarik bagi para lajang.
Meski belum menikah saya paham bahwa yang amat penting dalam topik ini adalah soal kesiapan calon pengantin, baik laki-laki maupun perempuan, terutama kematangan emosional dan agama. Dalam hal ini, banyak yang memandang bahwa lebih baik si calon perempuan yang kurang matang dasar agamanya, tapi jangan si laki-laki.
Alasannya, karena laki-laki dipandang punya tanggung jawab menjadi pembimbing (guru) dalam keluarga, sementara perempuan tidak. Suara perempuan seakan tidak berarti. Dengan kata lain, relasi yang coba dibangun adalah hubungan satu arah dengan suami sebagai subjek dan istri hanya objek dalam rumah tangga. Dan, bukan hubungan dengan semangat berpasangan yang punya dua subjek (suami-istri) dan satu objek (rumah tangga).
Eksistensi keilmuan perempuan dalam rumah tangga amat berarti. Dan, tidak jarang ada kasus perempuan yang lebih paham agama ketimbang laki-laki. Contoh sederhana, istrinya penghafal al-Qur’an, sementara suami belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik. Lantas, dalam kasus demikian apa istri tidak pantas menjadi pembimbing bagi suami?
Apa hanya laki-laki yang dapat berperan sebagai guru dalam keluarga? Sehingga, lebih baik calon perempuan yang tidak mumpuni ilmu agamanya, tapi jangan laki-laki. Benarkah demikian?
Topik ini akan sangat pas dilihat dengan mafhum mubadalah atau perspektif kesalingan.
Dalam tulisan “Mainstreaming Mubadalah” dalam Kaidah Fiqh Isu-isu Keluarga, KH. Faqih Abdul Kodir memberi penjelasan bagaimana contoh penerapan metode mubadalah dalam isu-isu rumah tangga, berdasarkan kaidah fikih dari Imam Izzuddin bin Abdussalam: jalb al-mashalih wa dar’ al-mafasid (mewujudkan segala kebaikan dan menolak segala keburukan).
Untuk upaya mewujudkan kebaikan dan menolak keburukan terdapat qawa’id al-khams al-asas (lima kaidah utama). Yaitu, al-umuru bi-maqashidiha’ (bahwa segala sesuatu didasarkan pada tujuannya), al-yaqin la yuzal bi asy-syakk (sesuatu yang sudah bisa dipastikan, tidak bisa dianulir oleh perkara yang masih meragukan), al-masyaqqah tajlib at-taysir (keadaan sulit menuntut adanya kemudahan), adh-dharar yuzal (sesuatu yang darurat harus ditepikan), dan al-‘adah muhakkamah (adat masyarakat dapat dijadikan dasar hukum).
Bicara hubungan pernikahan penting untuk upaya mewujudkan relasi pasangan yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.
Firman Allah SWT: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (Q.S. ar-Rum [30]: 21).
Pernikahan menjadi jalan wujudnya relasi pasangan yang merasa tenteram (sakinah), kasih (mawaddah), dan sayang (rahmah). Kematangan agama pasangan adalah penunjang penting wujudnya relasi pernikahan yang demikian. Karena itu, idealnya kedua pihak (laki-laki maupun perempuan) punya dasar agama yang baik. Namun, jika salah satu pihak belum punya dasar agama yang baik, maka pihak lain bertugas sebagai pembimbing. Kalau istri belum baik agamanya, maka tugas suami menuntunnya.
Pun, jika kasusnya istri (perempuan) yang lebih matang agamanya, maka dia pantas menjadi pembimbing dalam rumah tangga. Dan, sang suami (laki-laki) harus lapang hati dibimbing oleh si istri (perempuan). Hal tersebut demi wujudnya kematangan agama pasangan, sehingga melahirkan relasi pernikahan yang baik. Upaya ini sejalan dengan kaidah al-umuru bi-maqashidiha’ (bahwa segala sesuatu didasarkan pada tujuannya), dan sebagaimana dalam Q.S. ar-Rum ayat 21 bahwa tujuan pernikahan adalah wujudnya pasangan yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.
Tanggung jawab mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah tidak hanya milik laki-laki, melainkan adalah peran bersama pasang suami-istri. Sebab, spirit pernikahan adalah semangat berpasangan, bukan egosentris, sehingga antara suami dan istri harus bisa saling mengisi kekosongan.
Namun pada dasarnya yang ideal adalah keduanya, perempuan maupun laki-laki, sama-sama memiliki dasar agama yang baik. Bekal ini penting disiapkan sebelum masuk ke pintu pernikahan. []
.