Mubadalah.id – Pekan kemarin, saya mendampingi anak sulung daftar ke salah satu madrasah tsanawiyah negeri di Kabupaten Cirebon. Kami memenuhi serangkaian administrasi, dan menerima jadwal test ujian masuk. Begitu selesai kami segera pulang, dan menyepakati di jadwal yang tertera akan kembali datang ke sekolah untuk mengikuti test ujian masuk. Seperti biasa, perdebatan kecil tak terelakkan di antara kami. Emosinya kadang meledak-ledak tak terkendali. Sebagai seorang ibu, mau tak mau saya harus belajar beradaptasi bagaimana menghadapi problematika remaja dalam keluarga.
Berapa hari kemudian, jadwal yang telah kami sepakati mundur dari rencana, karena menstruasi yang lebih dulu menyapanya. Anakku mengaku gugup, takut tak lulus, dan tidak diterima masuk sekolah impiannya itu. Saya hanya berusaha menenangkan dan meyakinkan, tak apa masih ada sisa jadwal test yang masih bisa diikuti. Ya, lagi-lagi sebagai seorang ibu ternyata tak cukup waktu sekian tahun menemani tumbuh kembang anak, dari kehamilan dan kelahiran, saya tetap saja gagap ketika menghadapi problematika remaja dalam keluarga.
Perubahan-perubahan itu, sebagaimana yang saya lihat, hampir selalu menjadi problem internal kaum remaja yang tidak banyak diketahui orang. Ada ketakutan, kecemasan, keresahan, dan lain sebagainya yang menghinggapi mereka. Dalam banyak kasus, problem internal ini menyebabkan mereka menjadi ingin tidur saja, atau malas-malasan saja. Sangat disayangkan bahwa perilaku mereka justru sering disalahpahami oleh orang-orang disekitarnya, terutama orangtuanya.
Label remaja malas, manja, tidak menurut, jelas sangat memengaruhi emosi dan mental mereka. Tidak banyak orang tua yang memahami bahwa pada saat seperti itu, remaja tengah membutuhkan perhatian, membutuhkan orang yang bisa menjadi ruang bagi keluh kesah mereka. Karena mereka butuh dipahami, terutama oleh orangtuanya, bukan dimarahi dan disalahkan.
Tetapi, berapa banyak orang tua yang mempunyai pengetahuan bagaimana menghadapi problematika remaja dalam keluarga. Bahkan yang terjadi dalam realitas kita menunjukkan bahwa mereka juga tidak memahami apa yang ada dalam organ dan fungsi reproduksinya sendiri. Inilah problem relasi remaja dan orang tua yang masih terus berlangsung selama ini.
Maka, ketika orang tua tidak memahami problem tersebut, dan ketika orang tua tidak bisa menjadi tempat mengadu, menumpahkan keresahan, dan kesulitan anak-anaknya, mereka lalu mencari pelarian ke ruang dan waktu yang lain. Itulah sebabnya mengapa kita sering menemukan remaja lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-temannya daripada bersama orang tua atau keluarganya di rumah.
Bagaimana cara menghadapi problematika remaja dalam keluarga?
Untuk menjawab persoalan tersebut, ada lima cara untuk menghadapi problematika remaja dalam keluarga. Pertama, memberikan informasi yang benar kepada mereka sehubungan dengan proses-proses perubahan yang sedang terjadi pada tubuh dan emosi mereka. Untuk hal ini, maka diperlukan pengetahuan yang cukup bagi orang tua untuk dapat memahami fungsi-fungsi reproduksi dan hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas mereka, serta ada keterbukaan untuk membicarakannya.
Kedua, memberikan penghargaan, karena mereka merasa sudah bukan anak-anak lagi. Karena mereka mampu berpikir dan mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Hal yang diperlukan oleh orang tua adalah memberikan arah bagi kecenderungan-kecenderungan positif mereka dengan argumen-argumen yang dapat dipahami.
Ketiga, memberikan perhatian yang sungguh-sungguh bukan memanjakannya, karena mereka tengah mengalami perubahan-perubahan transisional pada aspek emosi yang telah mereka sadari. Pada sisi lain, mereka juga tengah mencari kepribadian atas diri mereka sendiri. Hal yang diperlukan dalam hal ini adalah komunikasi yang baik dan terbuka dengan mereka, tidak melayaninya dengan cara-cara emosional.
Keempat, memberikan pendampingan dan contoh yang mampu memberikan keteladanan kepada mereka. Keteladanan merupakan cara paling efektif dari orang tua terhadap anaknya. Kelima, menciptakan ruang-ruang keluarga yang familiar (dekat dan akrab, tidak jauh dan menjauhi), ramah (tidak keras, tidak menyudutkan), dan ruang religius. Religiusitas tidak hanya dibatasi pada aktivitas-aktivitas keagamaan personal atau ritual semata. Tetapi juga relasi-relasi antar personal di bawah kerangka kemanusiaan secara etika, sosial dan akhlakul karimah.
Demikian lima cara menghadapi problematika remaja dalam keluarga yang saya baca dari buku “Islam: Agama Ramah Perempuan” yang ditulis secara lugas dan jelas oleh KH Husein Muhammad. Akhirnya berkat saling pengertian yang baik, dan kerjasama yang apik antara saya dan anakku, hari ini kami berhasil menyelesaikan ujian test masuk sekolah dengan lancar tanpa kendala. Sebab keberhasilan seorang anak, adalah buah ketekunan dan kesabaran orang tua ketika mendampingi setiap proses kehidupan anak-anaknya. []