Mubadalah.id – Setelah batal tayang pada 4 agustus lalu, Film Pesantren yang diproduseri oleh Lola Amaria akhirnya resmi naik layar di pertengahan November, yakni 17 November 2022. Pada hari pertama penayangannya tiket telah ludes sebanyak 1000 lebih. Sehingga di hari kedua tidak hanya tayang di CSB Mall Cirebon namun juga di beberapa studio lain.
Selain itu ada kemungkinan akan ditayangkan selama beberapa hari ke depan karena minat yang cukup besar dari masyarakat khususnya para santri dan alumni-alumni pesantren Babakan.
“Ibu itu pengen film ini laku di berbagai kalangan. Karena ibu itu mau berdakwah lewat film ini,” aku Ibunda Ny. Hj. Masriyah Amva, tokoh utama dalam Film ini.
Film pesantren ini merupakan film yang cukup menarik karena sebagai film dokumenter yang umumnya sulit tembus untuk ditayangkan di bioskop. Film ini juga mengangkat isu tentang sisi perempuan pemimpin serta kesetaraan yang diperjuangkannya. Selain itu beberapa tokoh feminis juga cukup antusias karena temanya sesuai dengan gagasan yang selama ini mereka perjuangkan. Tak ayal, film ini merupakan film dokumenter pesantren pertama yang tergarap dan tayang di bioskop.
Dalam film ini, ingin meluruskan pandangan orang yang menganggap bahwa pesantren umumnya selalu terkait dengan budaya patriarki. Atau yang paling mengerikan adalah dikaitkan dengan sumber paham radikalisme.
“Padahal cuma ngaji, ngaji, gasruk,” kelakar seorang santri yang tengah tampil dalam ajang perlombaan stand up comedy pondok.
Selain itu, sesuai temanya, memang prinsip kesetaraan cukup menonjol dalam film ini. Bahkan bisa kita bilang dalam setiap adegannya, yakni perbedaan-perbedaan antar kalangan santri putra dan putri, perbedaan agama, ras, suku, negara, juga antara santri dan masyarakatnya.
Paham Feminisme
Dalam durasi 100 menit itu, meski dalam setiap adegan lebih menonjolkan kegiatan santri, tapi film ini sesungguhnya mengintikan sebuah kesadaran bahwa, kegiatan dan aktivitas di pesantren tetap berjalan normal sekalipun diasuh oleh seorang Nyai, bukan Kiai. Serta merta memberi pemahaman tentang perempuan yang juga dapat memimpin sebuah pesantren, lembaga keagamaan yang seringnya kaum laki-laki yang memimpin.
Ibunda Ny. Hj. Masriyah Amva, selaku pemimpin merupakan tokoh pejuang kesetaraan yang dengan kegigihannya berhasil mengharumkan Kebon Jambu sehingga terpilih menjadi tuan rumah untuk acara KUPI (Kongres Ulama Perempuan Indonesia) pada tahun 2017 silam. Selain itu beliau juga tanpa segan memberi wejangan kepada santri putra dan mengarahkan mereka.
Menariknya, dari para santri putra tetap ta’dhim tanpa memandang bahwa pemimpinnya adalah seorang perempuan. Di mana pada masa lalu, merupakan kaum dengan kepribadian tertutup dan tidak menonjol terkhusus dalam ranah publik.
Dalam sambutannya, Ibunda Masriyah memberi pengertian tentang adanya KUPI bukan untuk menggeser peran, merendahkan atau membantai laki-laki, melainkan untuk bekerjasama menjadi mitra yang baik dan berjalan beriringan dalam perjuangan mensejahterakan umat. “KUPI ini merupakan gerakan yang ramah laki-laki,” ungkapnya.
Ajaran Tauhid dan Keadilan
Karena ranahnya wilayah pesantren, tentu kental dengan nuansa tauhidnya. Dalam kesehariannya para santri terus mengaji, berjamaah, ngaji dan jamaah lagi. Semata-mata ingin menguatkan nilai ketuhanan dan belajar nahwu-shorof tak lain tak bukan untuk memahami Al-Qur’an.
Namun, penanaman nilai tauhid di sini tidak hanya tentang habluminaallah tetapi juga hablumminannas, yang merujuk kepada perikemanusiaan. Tidak hanya soal keadilan Tuhan sebagai pemegang hak prerogatif. Namun juga hak manusia kepada manusia lainnya. Sebagaimana melansir dari makna Bismillah, kalimat pembuka yang sederhana namun bermakna luas sekali.
KH Husein muhammad, salah satu tokoh feminis dan dosen di Ma’had Aly Kebon Jambu juga mengajak para mahasantrinya agar menafsiri secara kontekstual sehingga tidak menimbulkan ketimpangan. Khususnya ketimpangan antara laki-laki dan perempuan yang dalam kasusnya, para kaum perempuan acapkali menjadi kaum yang termarginalkan.
“Ketika ada sebagian laki-laki yang lebih unggul, maka sebagian yang lainnya adalah perempuan yang lebih unggul,” terangnya dalam memaknai ayat Ar-rijaalu Qowwaamuunaa.
Sikap Toleransi
Pandangan Ibunda Masriyah memang memiliki pikiran yang terbuka. Wawasan beliau tentang kesetaraan telah menumbuhkan sikap toleran yang tinggi. Lalu sikap itu beliau tanamkan kepada para santri-santrinya dalam suatu ceramah yang beliau sampaikan di hadapan santri laki-laki dan perempuan.
Meski mulanya pandangan negatif dari masyarakat begitu menusuk ketika beliau menyambut dengan ramah dan menjamu dengan baik para tamunya dari berbagai agama, negara, suku dan ras. Lama kelamaan hal itu justru menjadi keindahan tersendiri karena perasaan tentram saat menghargai perbedaan dan perasaan nyaman dalam keberagaman.
Selain itu, yang mungkin menjadi ciri khas dari Pondok yang diasuhnya, Ibunda Ny. Hj. Masriyah membebaskan para santri untuk berkreasi lewat musik dan tari-tarian. Tentu saja awalnya semua itu dianggap menyalahi nilai pesantren, mengganggu pelajaran santri dan sebagainya. Namun Ibunda Masriyah tidak lantas gentar dan karena hal itulah, sikap toleransi yang begitu tinggi justru membuktikan pada banyak kalangan bahwa pesantren bukanlah lembaga yang begitu tertutup.
Terbuka pada Hal-hal yang Baru
Begitu ada persoalan dalam masyarakat, dalam wilayahnya di Pondok, para santri ikut andil dalam membantu mencari solusi berlandaskan kitab-kitab klasik karangan para ulama. Mereka melakukan musyawarah serta membahas persoalan yang tengah terjadi pada masa kini atau persoalan yang mengganggu masyarakat. Mereka menjadikan kitab klasik sebagai ibarot atau contoh. Kemudian mereka realisasikan dan sesuaikan dengan keadaan masa kini.
Hal tersebut menyatakan bahwa pesantren bersikap terbuka terhadap hal-hal baru dan tidak serta merta menghukuminya secara ketat. Melainkan berdiskusi untuk membantu memecahkannya. Apalagi, umumnya hal baru itu karena dampak dari kemajuan tekonologi dan pesatnya laju peradaban. Sehingga, para santri juga tidak lantas menutup diri atau menolak semua penemuan serta hasil kerja keras manusia itu.
Mematahkan Dugaan Negatif
Saat masih marak kasus terosisme, dan pesantren menjadi objek pertama yang mendapat tudingan lantaran paham yang dianggap radikal. Karena merujuk pada pembelajaran pesantren yang menekuni kitab-kitab klasik. Di mana umumnya berisi tentang aturan-aturan tradisional pada masa lampau. Selain itu beberapa aturan yang terbilang menuntut, bahkan sampai pada persoalan ketimpangan gender sekalipun.
Beberapa di antaranya bahkan terbilang cukup eksetrem karena memahami teks keagamaan secara tekstual. Sehingga, tak ayal membuat masyarakat cukup berprasangka negatif dengan sejumlah kajian di pesantren.
Namun dalam film ini, Shalahuddin Siregar selaku sutradara ingin menampilkan sisi pesantren apa adanya. Karena pada kenyataannya, berisi kehidupan santri yang juga sarat akan nilai kebersamaan, keragaman, serta kesetaraan.
Pelajaran penting yang kita ambil tentang perjuangan serta kegigihan seorang Nyai yang membimbing dan mengayomi para santrinya. Baik laki-laki dan perempuan agar tidak menjadi santri yang berpikiran jumud atau stagnan. Melainkan menjadi santri yang toleran yang menerima setiap perbedaan dan berwawasan luas tentang kesetaraan. []