• Login
  • Register
Selasa, 3 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

6 Aksi Menjaga Lingkungan Hidup

Bumi hanya bagian kecil dari alam semesta, namun untuk menjaganya dari kerusakan ternyata demikian susahnya. Namun apakah kita akan pasrah dan menyerah?

Hilyatul Auliya Hilyatul Auliya
21/11/2022
in Featured, Publik
0
Menjaga Lingkungan

Menjaga Lingkungan

795
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Berita bencana alam; banjir, angin kencang, longsor dan lain sebagainya memenuhi beranda pemberitaan di berbagai media. Dengan beragam kabar bencana itu, hendaknya kita memetik hikmah dengan membangun kesadaran untuk terus menjaga lingkungan tempat kita tinggal dan bernanung.

Bumi hanya bagian kecil dari alam semesta, namun untuk menjaganya dari kerusakan ternyata demikian susahnya. Namun apakah kita akan pasrah dan menyerah? Tentu tidak! Mari kita ulik sedikit-demi sedikit perihal lingkungan hidup yang sering luput dari perhatian.

Manusia Makhluk Paradoksal dalam Segala Hal

Dalam Alquran surah ar-Rum ayat 41 disebutkan artinya “Telah tampak kerusakan di darat dan laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Ayat di atas menjelaskan bahwa manusia merupakan pelaku kerusakan bumi ini. Padahal sebagai khalifah-Nya di Bumi hendaknya manusia menjaga alam bukan sebaliknya. Makanya manusia adalah makhluk paradoksal. Dengan beban berat kekhalifaan yang memiliki prinsip prinsipil bahwa kelak manusia akan dimintai pertanggungjawabannya. Untuk itu manusia hendaknya meningkatkan kualitas_kuantitas, melakukan kebaikan dan menjauhi kerusakan/kejahatan.

Dalam al Qur’an surat Al-Baqarah ayat 205, “Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan”. Allah juga berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 85, “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya, yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman.”

Masih banyak ayat al-Qur’an yang menunjukan posisi penting tentang lingkungan. Hal ini sesuai pandangan tentang Fikih Lingkungan (fiqh al-Biah) yang menjadi seperangkat aturan perilaku ekologis manusia.

Baca Juga:

Mengenal Jejak Aeshnina Azzahra Aqila Seorang Aktivis Lingkungan

Konservasi Lingkungan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ekosistem Masa Depan

Tamasya “Wisata” Kota Sampah dan Pandangan Kritis Seyyed Hossein Nasr

Membaca Ensiklik Katolik Laudato Si’ Menggunakan Perspektif Mubadalah

Jika menilik paradigma antroposentrisme Aristoteles, yang merendahkan setiap makhluk ciptaan Tuhan selain manusia. Ini menjadi berlawanan dengan ekosentrisme yang merupakan bagian dari keseluruhan ekosistem di alam sehingga manusia tidak berhak untuk merusak lingkungan.

Mari Bangun Kesadaran untuk Menjaga Lingkungan

Lingkungan hidup merupakan hal yang berada di sekitar manusia, makanya menjadi kesatuan ruang antara makhluk hidup dan komponen lainnya yang membentuk sistem ekologi/ekosistem tentunya berfungsi sebagai ruang makhluk hidup di bumi ini. Sehingga komponen di dalamnya seperti unsur biotik dan abiotik saling bertautan_berkesalingan yang membentuk keseimbangan.

Keseimbangan bisa terganggu jika manusia tidak memiliki kesadaran dengan melakukan perusakan atas nama komoditas dan komersialitas. Untuk itu perlu dilakukan beberapa aksi untuk menjaga keseimbangan alam demi penerapan dalil menjaga lingkungan.

Sebagaimana pernyataan UNESCO dalam Deklarasi Tbilisi, 1977 bahwa Pendidikan lingkungan hidup adalah suatu proses untuk membangun populasi manusia di dunia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan total (keseluruhan) dan segala masalah yang berkaitan dengannya, dan masyarakat yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan tingkah laku, motivasi serta komitmen untuk bekerja sama, baik secara individu maupun secara kolektif, untuk dapat memecahkan berbagai masalah lingkungan saat ini, dan mencegah timbulnya masalah baru.

Maka fokusnya pada pertama, kepedulian dan sensitifitas. Kedua, pengetahuan dan pemahaman. Ketiga, perubahan perilaku dan mengembangkan peningkatan kualitas. Keempat, keahlian untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan. Kelima, partisipasi untuk menerapkan pengetahuan dan keahlian yang terkait lingkungan hidup. Keenam, sosialisai dan eksternalisasikan segala hal yang mengusung lingkungan.

Pada dasarnya pendidikan lingkungan hidup hanya sebagai salah satu upaya untuk mencegah kerusakan alam. Yakni dengan menerapkan lingkungan sebagai suatu bagian dari totalitas ruang kehidupan.

Sepanjang hidup dengan berbagai pendekatan interdisipliner berbasis data riset berperspektif lingkungan dan multi-paradigma menjadikan penerapan kebijakan tidak menafikan perspektif historisnya. Hal ini bisa menjadi ajang untuk menggelorakan nilai dan mengkampanyekan pentingnya kerja sama untuk menjaga lingkungan kehidupan.

Setelah semua tertanam maka dalam menerapkan rencana pembangunan jelas secara eksplisit memperhitungkan aspek lingkungan. Manusia memiliki ruang untuk berperan dalam segala hal.  Seperti proses input-output kepentingan serta menerima konsekuensi logis dari kebijakan yang kita terapkan. Ini memerlukan jaringan untuk menyatukan kepekaan, pengetahuan dan ketrampilan yang kita miliki terhadap lingkungan.

Melakukan hal kecil untuk hal yang besar semoga hal tersebut membuat kita bersinar. Menjaga lingkungan sama juga pentingnnya merawat kemanusian. []

 

 

 

Tags: Air BersihDKUPIsu LingkunganKUPI IIMenjaga lingkunganMerawat AlamPerubahan IklimUdara Bersih
Hilyatul Auliya

Hilyatul Auliya

Hilyatul Auliya Dosen, ibun dari 3 putri, penikmat teh tubruk dan kopi 🤠

Terkait Posts

Trans Jogja

Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!

3 Juni 2025
Perbedaan Feminisme

Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

2 Juni 2025
Teknologi Asistif

Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

2 Juni 2025
Ketuhanan

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

1 Juni 2025
Perempuan Penguasa

Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

31 Mei 2025
Ruang Aman bagi Anak

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

30 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Perbedaan Feminisme

    Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penyandang Disabilitas: Teknologi Asistif Lebih Penting daripada Mantan Pacar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa dan Untuk Apa Perempuan Memakai Jilbab?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bagaimana Akhlak Karimah dalam Memilih dan Melamar Pasangan Pernikahan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyoal Jilbab dan Hijab: Antara Etika Sosial dan Simbol Kesalehan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!
  • Membaca Ulang Makna Aurat dalam Al-Qur’an
  • Luka Cinta di Dinding Rumah: Tafsir Feminis-Spiritual atas Tubuh yang Terlupakan
  • Menyoal Jilbab dan Hijab: Antara Etika Sosial dan Simbol Kesalehan
  • Perbedaan Feminisme Liberal dan Feminisme Marxis

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID