Mubadalah.id – Setiap daerah memiliki potensi budaya dan tradisinya masing-masing. Dalam tradisi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, misalnya, terdapat budaya Pacu Jalur. Yakni perlombaan dayung tradisional yang sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu dan masih berkembang hingga saat ini. Tak hanya laki-laki, dalam tradisi ini perempuan juga turut berpartisipasi dalam proses pembuatan hingga pelaksanaannya.
Perempuan dan Budaya Tradisional
Perempuan dalam budaya tradisional seringkali memiliki peran kunci dalam menjaga, mempertahankan, dan meneruskan nilai-nilai budaya kepada generasi mendatang. Melalui perannya sebagai ibu, nenek, atau kakak, perempuan mengajarkan nilai-nilai, norma, bahasa, pengetahuan tradisional dan praktik budaya. Yakni melalui penyampaian lisan atau praktik langsung.
Namun, Mitamimah mengatakan meskipun peran perempuan dalam budaya tradisional sangat penting, seringkali mereka berhadapan dengan hambatan-hambatan dalam proses pemberdayaannya. Di antara lain ada diskriminasi gender, stereotip sosial, keterbatasan akses terhadap pendidikan dan sumber daya, serta norma-norma budaya yang patriarkal. Sehingga menghambat perempuan dalam memainkan peran yang lebih luas dan berpengaruh dalam budaya tradisional.
Sejalan dengan hal itu, budaya Pacu Jalur yang merupakan hasil karya masyarakat Kuantan Singingi, Riau juga tidak terlepas dari andil perempuan didalamnya. Meskipun seringkali dalam Pacu Jalur perempuan dianggap memiliki peran yang lebih terbatas, mereka tetap memainkan peran kunci dalam menjaga keseimbangan dan relevansi budaya pacu jalur di era modern.
Perempuan dalam Menjaga dan Melestarikan Tradisi Pacu Jalur
Dalam tradisi Pacu Jalur, terdapat peran penting perempuan selama proses berlangsung. Saat upacara Rapek Nagori atau musyawarah desa, para tokoh masyarakat, tokoh adat atau ninik mamak serta pemuda melakukan perbincangan. Di antaranya mengenai waktu pencarian kayu, daerah atau hutan untuk mencari kayu tersebut, serta hal lainnya, namun para perempuan tidak ikut berunding. Mereka bertugas untuk menyiapkan hidangan kepada tamu undangan.
Hal itu karena dalam masyarakat budaya Melayu Riau, Suwardi MS menjelaskan mengenai kedudukan dan peranan perempuan dalam Kesukuan (Masyarakat Adat Melayu Riau) bahwa secara umum budaya Melayu masih mengutamakan peranan laki-laki, terkhusus pada tapuk kepemimpinan. Sehingga, ketika adanya musyawarah adat dalam pengambilan keputusan perempuan tidak mereka ikutsertakan.
Di sisi lain, perempuan dalam Adat Melayu Riau juga dulunya sangat erat dengan kegiatan melayani. Melayani yang dimaksud dalam hal ini ialah pelayan bagi kaum bangsawan. Misal dalam hal penyajian makanan bagi para bangsawan. Sehingga sampai hari ini praktik tersebut masih ada. Ini menjadi salah satu praktik subordinasi gender yang sudah seharusnya tidak kita lestarikan.
Ironisnya ialah meski perempuan sudah berada di ranah publik, namun secara pembagian tugasnya tidak lebih dari sekedar aktivitas domestik. Walaupun pendapat perempuan tidak diutarakan melalui forum musyawarah resmi tersebut. Tapi, dalam keseharian selama proses berjalannya Pacu Jalur, baik ketika latihan, pembuatan jalur, atau saat Maelo Jalur, biasanya perempuan turut aktif berinteraksi dan memberi pendapat kepada pengurus jalur maupun tokoh yang terlibat dengan jalur.
Bergotong Royong
Selanjutnya, dalam proses mencari dan menebang kayu, dulunya perempuan masih ikut ke hutan untuk mencari kayu. Namun, seiring perkembangan zaman, kayu jalur semakin langka, proses pencariannya jauh dari perkampungan karena perlu masuk lebih dalam lagi ke hutan belantara. Sehingga, perempuan tidak ikut serta dalam pencarian kayu jalur lagi.
Kemudian, baru saat proses Maelo Jalur atau menghela(Menarik Jalur), para perempuan muda maupun tua ikut bergotong royong menarik jalur yang sudah mereka dapatkan dari hutan untuk dibawa ke kandang jalur.
Ketika perlombaan pacu jalur berlangsung, sebanyak 40-an orang pendayung laki-laki atau biasa kita sebut anak pacu akan bersiap melaksanakan perhelatan Pacu Jalur. Meski keseluruhan anak pacu adalah laki-laki, namun perempuan khususnya induak-induak, panggilan untuk para ibu-ibu, akan bersorak-sorai untuk memberikan semangat kepada jalurnya dan tak lupa pula untuk menyiapkan suguhan.
Perempuan bertanggungjawab dalam menyiapkan makanan bagi anak pacu. Biasanya melalui pengurus jalur, para ibu-ibu secara bergantian akan menyediakan makanan yang dibutuhkan. Tentu dana untuk persediaan makanan secara sukarela diberikan oleh ibu-ibu untuk menyukseskan tradisi Pacu Jalur. Tak hanya saat hari pelaksanaan Pacu Jalur, tetapi juga selama proses latihan sebelumnya.
Memang dalam tradisi Pacu Jalur pembagian peran terhadap perempuan masih dominan di tataran domestik. Namun, peran aktif perempuan dalam setiap tahapan proses pembuatan hingga pelaksanaan Pacu Jalur menjadi hal yang sangat penting.
Sumber Energi
Melalui perannya perempuan menjadi sumber energi bagi anak pacu, melalui dukungan, tidak jarang pula dari mereka saat perlombaan berlangsung, mereka rela nyebur ke sungai sampai berjoget di pohon untuk memberikan semangat dan motivasi bagi yang sedang berpacu di gelanggang. Tidak bisa kita pungkiri bahwa hal itu juga jadi elemen penting dalam kemeriahan dan kesuksesan Pacu Jalur.
Meski terlihat jelas bahwa perempuan masih mengalami keterbatasan untuk berpartisipasi penuh di Pacu Jalur. Karena faktor-faktor seperti peran gender yang kaku, ketidaksetaraan sosial, dan pembatasan akses.
Namun, seiring berjalannya waktu, peran perempuan secara aktif dalam setiap prosesnya menjadi hal yang sangat krusial agar dapat melawan stereotip, meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai budaya, menjaga stabilitas dan semakin memperkuat budaya Pacu Jalur hingga masa mendatang. []