Mubadalah.id – Malam 17 Ramadan menjadi peristiwa penting dan bersejarah bagi umat muslim. Pada malam ini umat muslim meyakini bahwa al-Qur’an telah Allah SWT turunkan. Peristiwa penting ini yang kemudian terkenal dengan Nuzulul Qur’an atau Turunnya Al-Qur’an.
Berkaitan dengan turunnya al-Qur’an para pakar tafsir mengatakan bahwa proses turunnya al-Qur’an melalui tiga fase. Fase yang pertama adalah al-Qur’an turun secara keseluruhan ke Luh Mahfudz.
Pada fase kedua al-Qur’an diturunkan secara utuh dari Lauh Mahfudz ke Baitul “Izzah pada bulan Ramadan. Pada fase yang terakhir di mana al-Qur’an yang telah berada dalam Baitul ‘Izzah kemudian turun melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur atau bertahap selama kurang lebih 23 tahun.
Turunnya al-Qur’an mempunyai makna yang begitu luar biasa bagi umat muslim khususnya perempuan. Ajaran-ajaran kemanusian yang terkandung di dalamnya dapat memberangus sistem kemasyarakatan yang tidak bermoral dan sangat merugikan perempuan.
Oleh sebab itu turunnya al-Qur’an menjadi titik awal bangkitnya spirit kemanusiaan, kesetaraan serta penghormatan untuk perempuan. Di mana nanti dapat mengubah sistem masyarakat Arab yang Jahiliyah menjadi masyarakat yang Khairu Ummah.
Perempuan Pra-Islam
Pada masa Arab pra Islam perempuan merupakan sosok yang anggapannya penuh dengan kehinaan dan kerendahan. Bahkan kelahirannya saja tidak mereka inginkan. Sehingga bagi perempuan kelahirannya di dunia merupakan awal dari kematiannya.
Mengutip dari R. Magdalena dalam artikel“Kedudukan Perempuan Dalam Perjalanan Sejarah” bangsa Arab jahiliyah merespon kehadiran perempuan dalam keluarganya dengan dua cara yang berbeda.
Pertama, mengubur anak perempuannya secara hidup-hidup sebab memiliki anak perempuan mereka anggap aib yang menimpa diri. Kedua, yaitu dengan tetap memelihara anak tersebut, tetapi kemudian mereka perlakukan secara tidak adil dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.
Pada masa Jahiliyah perempuan mereka anggap seperti sampah dan kotoran masyarakat. Bagaimana tidak selama hidupnya perempuan sama sekali tidak memiliki hak untuk diri sendiri. Ketika belum menikah, hak kuasanya dimiliki oleh ayah dan saudara laki-lakinya. Setelah menikah, ia dimiliki suaminya.
Kehidupan yang begitu memprihatinkan bagi perempuan pada masanya. Mereka dilecehkan, tidak mendapatkan warisan, dijual bahkan mereka jadikan alat untuk pemuas nafsu para laki-laki.
Al-Qur’an dan Perempuan
Penderitaan perempuan selama bertahun-tahun telah mencapai titik maksimal. Semua itu berubah ketika Islam datang dengan membawa keadilan dan kesetaraan untuk laki-laki dan perempuan serta memberikan kehormatan bagi mereka.
Islam memberikan ruang yang begitu luas bagi perempuan dengan cara memberikan hak-hak mereka secara sempurna. Membagi tugas-tugas perempuan dan laki-laki, serta mengangkat derajat perempuan baik dalam ruang keluarga ataupun sosial. Berikut ini adalah bentuk-bentuk penghormatan Islam kepada Perempuan
Pertama, Kesetaraan. Dalam kapasitas sebagai hamba, Islam tidak pernah membedakan antara laki-laki dan perempuan. Semua dianggap sama dan setara. Dalam ruang lingkup sosial seperti kepemimpinan, dan pendidikan misalnya, laki-laki dan perempuan berhak mendapatkan ruang dan kesempatan yang sama dengan laki-laki.
Hal ini terdapat dalam QS. al-Zariyah ayat 56 dan QS. al-An’am ayat 165 yang menjelaskan bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai potensi dan peluang yang sama di dunia.
Kedua, Hak waris. Pada masa jahiliyah perempuan arab sama sekali tidak memiliki hak waris dalam keluarganya, tetapi justru mereka (perempuan) yang menjadi warisan. Ketika Islam spirit kemanusiaan di dalamnya memberikan hak yang sama kepada laki-laki dan perempuan termasuk dalam hal waris ini. secara makro penetapan pembagian waris ini sudah ada dalam al-Qur’an QS. an-Nisa’ ayat 7 yang artinya;
“bagi laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan kedua orang tua dan kerabatnya, dan bagi perempuan ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan kedua orang tua dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bagian yang telah ditetapkan”
Secara garis besar ayat ini menegaskan bahwa laki-laki dan perempuan sama-sama mempunyai hak yang setara atas warisan yang orang tuanya tinggalkan. Tidak hanya itu, al-Qur’an juga telah mengatur jumlah yang laki-laki dan perempuan dapatkan. hal ini terdapat dalam QS. an-Nisa’ ayat 11.
Walaupun terdapat perbedaan antara bagian laki-laki dan perempuan tetapi point yang ingin penulis ambil di sini, adalah bahwa Islam telah mengangkat derajat perempuan dari yang tidak mendapatkan waris hingga mendapatkan waris.
Revolusi Kemanusiaan Untuk Perempuan
Selain dua hal di atas sebenarnya masih banyak lagi ajaran-ajaran Islam dalam al-Qur’an tentang mahar, ibu, batasan dan syarat-syarat poligami dan bagaimana menghormati perempuan serta memperlakukan mereka dengan baik.
Oleh sebab itu turunnya al-Qur’an menjadi titik terang bagi para perempuan karena al-Qur’an telah melakukan revolusi secara besar-besaran dalam memperlakukan perempuan menjadi lebih baik dan terhomat dari sebelumnya.
Oleh sebab itu bagi perempuan Nuzulul Qur’an mempunyai hikmah yang begitu luar biasa. Karena selain budak dan fakir miskin posisi perempuan mengalami perubahan yang luar biasa dalam sistem masyarakat Arab pada waktu itu.
Revolusi kemanusiaan yang Nabi Muhammad Saw lakukan telah berhasil membawa posisi kemanusiaan perempuan. Dari yang tertinggal dan terbelakang hingga setara, bahkan diistimewakan. Wallahua’lam. []