Mubadalah.id – Pada hakikatnya, keseluruhan ibadah mahdhah memiliki konsekuensi sosial, baik secara langsung maupun tidak langsung. Demikian pula dengan ibadah haji, sebagai rukun Islam yang kelima. Di samping menekankan nilai religiusitas dan spiritualitas juga sarat dengan pesan-pesan sosial kemanusiaan.
Serangkaian perintah Ilahi yang diejawantahkan melalui ihram, tawaf, sai, wukuf, melempar jamrah, tahalul dan qurban yang dibawa Nabi Ibrahim sekitar 3.600 tahun lalu. Kemudian Nabi Muhammad Saw. lanjutkan sejatinya mengajarkan umat untuk menegakkan nilai keadilan, perdamaian, persaudaraan sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan.
Dalam QS. al-Hajj [22]: 27, Allah berfirman,
“Serukanlah (wahai Ibrahim) kepada umat manusia untuk berhaji.”
Dari penggalan ayat ini dapat kita mengerti tentang seruan Allah menggunakan kata fi an-nas (manusia) bukan fi al-m’minin (mukminin), bahwa tujuan haji Allah maklumatkan untuk seluruh umat manusia.
Menurut Fazlurrahman ayat seruan haji tersebut memiliki makna moral. Pertama, yaitu bagaimana ibadah haji yang ditunaikan umat Islam dapat berpengaruh untuk mampu menjadi penggerak kemaslahatan positif di antara umat manusia. Kedua, meningkatkan kesadaran humanisme.
Ajaran tentang Egalitarianisme
Pada ayat lain, yakni surah al-Baqarah ayat 197 tersebutkan bahwa dalam pelaksanaan ibadah haji mengandung ajaran tentang egalitarianisme. Muhrim ataupun muhrimah dilarang keras untuk berkata kotor (rafats), berbuat fasik (fusuq), dan berseteru satu sama lain (jidal). Larangan keras ini setelah jama’ah haji menetapkan niat ihram dan bagi yang melanggarnya akan terkena sanksi dam.
Simbol ritual haji dengan mengenakan pakaian ihram, yaitu melepaskan pakaian keseharian dan menggantikannya dengan pakaian putih yang suci (ihram), menurut Ali Syariati hal ini kita maknai dengan menanggalkan segala kemewahan duniawi, kepentingan, serta identitas seorang muhrim ataupun muhrimah secara simbolis.
Selain sebagai upaya untuk ber-taqarrub terhadap Rabbnya, berihram juga dapat kita artikan sebagai upaya menumbuhkan sikap kesadaran akan eksistensi kemanusiaan. Pakaian ihram menjadi simbol pesan sosial dalam haji dengan makna kesejajaran umat manusia di hadapan Sang Khaliq. Rasa kesetaraan tersebut dapat kita jadikan modal sosial yang sangat penting untuk menciptakan solidaritas terhadap sesama.
Pesan Sosial Ibadah Haji
Hal ini secara langsung dapat kita saksikan, dengan hadirnya di tengah-tengah jutaan umat Muslim yang berbeda budaya, suku, ras, warna kulit, karakter, status sosial, dan mazhab pemikiran. Seluruhnya berkumpul menjadi satu dalam suasana keakraban dan persaudaraan. Di antara jamaah haji akan tercipta sikap saling tenggang rasa, toleran, peduli dan rela berkorban untuk saudara-saudaranya yang lebih membutuhkan.
Kesadaran serta penghayatan pesan sosial dalam ibadah haji kaitannya dengan nilai-nilai kemanusiaan ini seharusnya tidak hanya kita terapkan saat berlangsungnya ibadah haji di tanah suci saja. Melainkan, juga bisa teraktualisasikan oleh sang haji saat pulang ke kampung halamannya masing-masing.
Sebab sebagaimana sabda Nabi saw, beliau mengaatakan bahwa tanda haji yang mabrur ialah memberi makan orang miskin dan menebar salam. Memberi makan fakir miskin adalah simbol kepedulian, sedangkan menebar salam adalah simbol kedamaian. []