• Login
  • Register
Selasa, 29 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Al-Qur’an sebagai Media Kebudayaan

Al-Qur’an selalu menciptakan sastra kreatif dan inovatif sekaligus menyentuh relung-relung nurani dan akal pikiran. Sastra adalah media manusia mengungkapkan cita-cita, ekspektasi, bahkan ekspresi keluh kesah dan kerinduan

Redaksi Redaksi
31/10/2024
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Media Al-Qur'an

Media Al-Qur'an

576
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Menarik dicermati bahwa al-Qur’an menututkan pesan-pesannya melalui media bahasa sastra, meskipun al-Qur’an sendiri lebih dari sebuah karya sastra.

Al-Qur’an adalah mukjizat abadi, sebuah karya yang tidak bisa dilawan oleh siapa pun. Di dalamnya, sarat dengan bahasa majaz (metafora), kinayah, tamtsil (perumpamaan), dan sebagainya.

Lihat saja beberapa ungkapan al-Qur’an seperti berikut: “hunna libasun lakum wa antum libasun lahunn,” (Istri-istrimu adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka). Atau “fal aana basyiru hunna” (maka kini, ber-mubasyarahlah kamu dengan istrimu).

Dalam dua ungkapan ayat di atas, libasun berarti pakaian, sedangkan al-mubasyarah yang merupakan akar kata “baasyara” secara literal bermakna bersentuhan kulit. Namun, maksud dua ungkapan tersebut adalah hubungan intim (seks).

Maksud sensualitas dalam dua ayat di atas dituturkan oleh al-Qur’an dengan bahasa metafora dan etis. Betapa indahnya bahasa yang digunakan kitab suci ini.

Di situ sama sekali tidak kita temukan kata-kata vulgar yang jorok atau merangsang hasrat seksual yang kasar. Penuturan Alguran melalui media bahasa sastra sesungguhnya sejalan dengan budaya Arab ketika itu.

Baca Juga:

Tujuan Utama Rumah Tangga Menurut Al-Qur’an

Membaca Ulang Makna Aurat dalam Al-Qur’an

Makna Hijab dan Jilbab dalam al-Qur’an

Meneladani Noble Silence dalam Kisah Bunda Maria dan Sayyida Maryam menurut Al-Kitab dan Al-Qur’an

Sastra Kreatif

Al-Qur’an selalu menciptakan sastra kreatif dan inovatif sekaligus menyentuh relung-relung nurani dan akal pikiran. Sastra adalah media manusia mengungkapkan cita-cita, ekspektasi, bahkan ekspresi keluh kesah dan kerinduan melalui simbol-simbol, isyarat, dan instrumen daya lainnya.

Al-Qur’an banyak menceritakan kisah para Nabi berikut kebudayaan umat manusia masa lalu. Kisah-kisah ini tidak sekedar menjadi cerita dan ungkapan sejarah perjalanan manusia. Melainkan mengandung tujuan, pesan, dan norma kemanusiaan universal.

Dalam beberapa ayat yang berisi kisah dan perjalanan manusia tersebut, Allah biasanya menutup ayat dengan pernyataan bahwa kisah-kisah ini merupakan bahan pemikiran dan pelajaran bagi manusia, “inna fi dzalika la’ibrah Ii uli al-albab.” Atau “Inna fi dzalika la ayaat li qawm ya ‘gilun” (Di situ ada tanda-tanda (pengetahuan) bagi orang-orang yang berpikir).

Inilah sesungguhnya poin paling utama dari seluruh kisah-kisah dalam al-Qur’an. Cara demikian menjadi salah satu paling efektif untuk mempengaruhi dan menyentuh kesadaran audiens terhadap pesan-pesan yang terkandung. []

Tags: al-quranMedia Kebudayaan
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Keheningan Batin

Keheningan Batin Menjadi Kunci Dalam Meditasi

29 Juli 2025
Rumah Tangga

Membangun Rumah Tangga Ideal: Belajar dari Keseharian Rasulullah Saw

28 Juli 2025
Relasi Suami Istri

Pola Relasi Suami dan Istri

28 Juli 2025
Fitnah yang

Benarkah Godaan Laki-laki Adalah Fitnah Perempuan?

28 Juli 2025
Perempuan Fitnah

Wacana Keagamaan Masih Menempatkan Perempuan sebagai Sumber Fitnah

27 Juli 2025
Fitnah Perempuan

Reinterpretasi Hadis Fitnah Perempuan dalam Perspektif Mubadalah

27 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Melawan Lupa terhadap Upaya Penghapusan Sejarah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ulasan Buku Concubines and Courtesans: Kisah Para Selir yang Mengubah Sejarah Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Politik Inklusif bagi Disabilitas Penting? 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Keheningan Batin Menjadi Kunci Dalam Meditasi
  • S-Line dan Pubertas Digital: Saat Tren Media Sosial Menjadi Cermin Krisis Literasi Seksual
  • Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim
  • Mengapa Politik Inklusif bagi Disabilitas Penting? 
  • ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID